Bumilangit Studios bersama dengan Screenplay Pictures kini tengah menggarap sebuah cinematic universe yang diangkat dari cerita-cerita komik di Bumilangit atau yang kini lebih dikenal dengan Jagat Sinema Bumilangit/Bumilangit Cinematic Universe (BCU). Sebelumnya, Gundala yang akan di rilis akhir Agustus ini dipastikan menjadi pembuka deretan film yang akan menjadi bagian dari phase atau jilid 1. Hanya saja sebelumnya memang belum ada informasi resmi mengenai timeline dan slot film dari BCU ini.

Namun dalam gelaran konferensi pers yang dilakukan di Atrium Plaza Senayan, Minggu (18/08/2019), akhirnya terungkap berbagai hal dari BCU yang tampaknya sudah direncanakan dengan sangat matang. Termasuk logo dari berbagai deretan film yang akan menghiasi jilid 1 BCU, seperti yang bisa kalian simak dibawah ini:

 

Film-film ini dimulai dari Gundala, dilanjutkan dengan film Sri Asih, Godam & Tira, Si Buta Dari Gua Hantu, Patriot Taruna, Gundala Putra Putra Petir, Mandala Golok Setan, dan diakhirir dengan film Patriot. Menariknya, jika dilihat jilid satu ini akan memiliki dua film “assemble”, yaitu Patriot Taruna dan Patriot.

Belum diketahui konsep seperti apa yang akan diterapkan dalam film-film ini, namun timeline lintas waktu sepertinya menjadi hal utama yang membedakan BCU dengan cinematic universe lainnya. Karena seperti yang kita lihat di atas, film Si Buta Dari Gua Hantu, Sri Asih dan Mandala Golok Setan tampaknya akan berada dari latar belakang waktu yang berbeda dari superhero lainnya, yang disebut dengan timeline jawara. Sedangkan superhero lainnya seperti Gundala, Godam, Tira, dkk, akan berada di timeline Patriot.

Berdasarkan hal tersebut, premis menarik dan matang sepertinya telah disiapkan Bumilangit Studios dan Screenplay Pictures. Sekarang, kita hanya bisa menunggu seperti apa eksekusi dari megaproyek perfilman lokal ini.