Tahukah kalian siapa Tira? Dia adalah salah satu adisatria wanita dari Jagat Semesta Bumilangit (JSB). Didirikan pada tahun 2003, Bumilangit sendiri adalah perusahaan hiburan berbasis adisatria alias pahlawan super dari komik-komik klasik Indonesia. Nama Bumilangit mulai populer sejak film live action Gundala tayang perdana tahun 2019. Di mana bersamaan dengan itu terbentuk juga JSB dengan banyak adisatria lain di dalamnya. Termasuk Tira dari aktris Chelsea Islan, yang akan debut dengan serial solonya.

Serial Tira sendiri pertama kali diumumkan oleh sutradara sekaligus produser Joko Anwar dalam acara daring Disney+ Hotstar pada akhir tahun 2021 lalu. Joko mengungkapkan bahwa Tira akan menjadi serial pertama JSB yang tayang di saluran streaming Disney+. Menariknya, dalam waktu dekat ini Bumilangit juga akan mengadakan acara untuk mengungkap first look Tira. Itulah mengapa kali ini kita akan membahas karakternya. Sebelum melihatnya penampilan live action-nya nanti alangkah baiknya kita kenali terlebih dahulu siapa sebenarnya Tira di komik Bumilangit!

Tira, Adisatria Jago Beladiri

Tira merupakan adisatria wanita asli Indonesia yang mempunyai nama asli Susie. Penciptanya adalah seorang komikus asal Yogyakarta, yaitu almarhum Gun Mardiono alias Nono GM. Yang pernah menulis sekaligus menggambar sejumlah komik Tira dengan tangan kiri karena menderita stroke. Komik pertamanya berjudul Tira: Robot Kungfu yang rilis pada tahun 1973. Di mana sang adisatria cantik nan seksi ini melakukan petualangan pertamanya untuk melawan robot yang juga jago bela diri sepertinya.

Awalnya Susie alias Tira hanyalah seorang mahasiswi yang mempunyai kemampuan bela diri sangat hebat. Karena melihat banyaknya ketidakadilan di muka Bumi, suatu hari dia bersumpah untuk melawan kejahatan sebagai adisatria bernama Tira. Semuanya bermula saat dia menemukan dan berhasil membuka sebuah brankas rahasia di rumahnya. Pada brankas tersebut terdapat logo Thetatech, perusahaan teknologi milik ayahnya. Saat Tira membukanya, ternyata isinya adalah sebuah kostum berteknologi tinggi yang anehnya sangat pas saat dia mengenakannya.

Kostum spandeks berwarna merah marun milik Tra tersebut dilengkapi dengan sejumlah senjata canggih lainnya. Selanjutnya Tira menggunakan semua perlengkapannya tersebut untuk menghadapi para penjahat. Mulai dari penjahat kelas teri seperti perampok dan pengedar narkoba. Sampai penjahat super seperti Dracula dan musuh bebuyutan Tira, Citroen. Sejak saat itu dia akhirnya mulai menjalani kehidupan barunya sebagai adisatria dan juga bekerja sama dengan adisatria lain. Seperti Gundala, Boga, dan bahkan Godam, yang sering terlihat sebagai love interest-nya.

Kekuatannya Terus Berkembang

Pada dasarnya Tira adalah sosok yang sangat ahli dalam ilmu bela diri, bahkan jauh sebelum dia menjadi adisatria. Kekuatannya bertambah hebat setelah dia mengenakan kostum canggih Thetatech, di mana refleks dan gerakannya menjadi lebih lincah. Ditambah lagi dia juga mempunyai berbagai macam senjata yang dapat mempermudah setiap petualangannya. Termasuk tongkat andalannya yang terkoneksi langsung dengan sidik jari Tira melalui smart lock, jika tombol tersebut ditekan maka tongkatnya akan mengeluarkan energi listrik. Selain itu ada juga sarung tangan anti panas yang bisa mengeluarkan listrik.

Seakan masih belum cukup, di komik Tira: Sembilan Pintu Naga (1984), dia juga mendapatkan kekuatan hebat lainnyaDi mana Tira bisa memanggil sembilan raksasa berbeda yang merupakan perwujudan dari sembilan siluman naga yang selalu mendampinginya. Dengan kekuatan barunya ini, Tira akhirnya menjadi salah satu adisatria yang terkenal mampu mengombinasikan kekuatan gaib dan teknologi sekaligus. Yang lebih menariknya lagi, sampai detik ini ternyata Tira sama sekali tidak mempunyai kelemahan. Hal inilah yang pada akhirnya membuat dia tidak kalah tangguh dari adisatria lainnya.

Masa Depan Tira di JSB

Seperti yang sudah kita singgung di atas, Tira adalah adisatria JSB yang ke depannya akan debut melalui serial solonya sendiri. Sejauh ini masih belum terungkap akan seperti apa plot dari serial solo Tira. Yang jelas karakter live action-nya di JSB akan diperankan oleh aktris cantik Chelsea Islan. Kabarnya, Chelsea sendiri sampai harus menurunkan berat badannya sebanyak 10 kg untuk memerankan karakter Tira. Karena JSB sendiri adalah semesta yang saling terhubung, ke depannya Tira juga rencananya akan hadir di film Godam dan Tira, serta film klimaks JSB Jilid I yang berjudul Patriot.

Berdasarkan hal tersebut, cukup jelas bahwa petualangan Tira di JSB masih sangat panjang. Namun, sebelum itu sepertinya JSB ingin memperlihatkan asal usul Tira terlebih dahulu melalui serial solonya. Yang kemungkinan akan tayang pada akhir tahun ini atau awal tahun depan di saluran streaming Disney+. Selain Chelsea, serial Tira juga akan melibatkan aktris berbakat lainnya, termasuk Bhisma Mulia dan Asri Welas. Jangan lupa juga, JSB akan segera mengungkapkan first look Tira dari Chelsea Islan dalam acara Indonesia Comic Con 2022, pada tanggal 1 Oktober besok. Kita nantikan saja ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.