Bila Hollywood memiliki Justice League atau Avengers, maka jagat Bumilangit memiliki Patriot. Seperti halnya Avengers dan Justice League, Patriot adalah kelompok pahlawan yang berasal dari Indonesia yang memiliki tujuan untuk melindungi bumi ini dari berbagai ancaman. Harus diakui memang jika kepopuleran Patriot atau karakter pahlawan lain tidak terlalu mencuat di kalangan fans.

Karakternya kalah saing dari para karakter yang diproduksi DC atau Marvel. Meskipun begitu, hal ini tidak menghentikan semangat dari Bumilangit untuk tetap menghadirkan cerita epik dan menarik dari para karakter asli Indonesia. Sebagian besar Geeks mungkin memang masih belum mengetahui siapa anggota Patriot. Lalu, siapa saja anggota Patriot di jagat Bumilangit?

Gundala

Rasanya Geeks semua sudah sangat engenal sosok satu ini. Gundala sendiri merupakan karakter yang diciptakan oleh Harya Suraminata alias Hasmi pada tahun 1969. Gundala memiliki komiknya sendiri yang berjudul Gundala Putra Petiryang mana alur ceritanya benar-benar menghadirkan khas ala Indonesia. Dalam cerita originnya, Gundala merupakan seorang ilmuwan bernama Sancaka.

Dialah yang pertama menemukan sebuah serum anti petir. Suatu hari, kejadian buruk menimpa Sancaka di mana sebuah petir besar menyambar dirinya. Tapi, Sancaka berhasil selamat berkat pertolongan dari Kerajaan Petir dan Sancaka pun diangkat menjadi anak sang raja dengan gelar Kaisar Kronz. Sang raja memberikannya sebuah kekuatan untuk dapat mengeluarkan petir dari tangannya.

Selain itu, Sancaka juga memiliki kekuatan lain, yaitu dapat berlari secepat angin. Gundala adalah film pembuka dari jagat sinematik Bumilangit yang saat ini sedang dibangun. Dan alur ceritanya sendiri tidak terlalu jauh berbeda, meskipun tetap ada beberapa detail yang berbeda. Abimana Aryasatya adalah pemeran Sancaka dalam versi live-action, dan diharapkan akan kembali pada film sekuelnya.

Godam

Karakter Patriot Bumilangit lainnya yang akan dibuat filmnya adalah Godam. Karakter yang merupakan hasil karya Widodo Noor Slamet ini pertama kali muncul dalam komik Memburu Doktor Setan yang dirilis pada 1969. Godam adalah karakter pahlawan super Indonesia lain yang terinspirasi dari pahlawan super Amerika. Hal ini bisa kita lihat dari tampilan fisik Godam, yang nampak seperti Superman.

Diceritakan di sebuah dimensi lain terdapat sebuah negara bernama Godam. Disaat Godam masih kecil, dia menjadi buruan Ratu Candalani karena kedua orang tua Godam yang merupakan komandan perang di negara tersebut. Mereka terlibat dalam aksi perlawanan terhadap tirani Candalani. Namun, Godam berhasil selamat setelah ayah Godam menghanyutkannya di sebuah sungai dan kemudian dia ditemukan oleh Gedibalbanda yang kemudian menjadi ayah angkatnya.

Ketika Godam telah beranjak dewasa, dia menemukan berbagai macam benda sakti seperti, baju sakti yang bisa membuatnya kebal dan kuat, serta kain yang bisa membuatnya terbang. Sayangnya, suatu saat Godam melanggar sumpahnya kepada Dewi Pengasuh Sukma sehingga dia harus dikurung di dalam sebuah cincin sakti. Cincin tersebut kemudian dia berikan kepada Bapa Kebenaran di dimensi manusia.

Awang, yang merupakan seorang sopir mendapat kepercayaan untuk menjadi media perwujudan Godam dalam menumpas kejahatan. Kabarnya, Chicco Jericcho yang akan memerankan karakter Godam dalam versi live-action.

Tira

Karakter ini merupakan alter ego dari seorang wanita bernama Susie. Dia adalah seorang mahasiswi yang memiliki kemampuan bela diri yang hebat. Saat menggunakan kostumnya yang berteknologi tinggi, Susie akan berubah menjadi Tira yang bersumpah untuk melawan kejahatan dan ketidakadilan. Selain itu, dalam komiknya setelah story arc Sembilan Pintu Naga, Tira selalu didampingi sembilan siluman naga. Jika Tira bermeditasi, para siluman tersebut akan keluar dari tubuh Tira dalam wujud sembilan macam raksasa. Aktris Chelsea Islan akan menjadi pemeran dari karakter Tira ini pada masa yang akan datang.

Aquanus

Selain Godam, Aquanus juga merupakan salah satu karakter lainnya yang jadi ciptaan Widodo Noor Slamet dan merupakan bagian dari Patriot Bumilangit. Dia muncul pertama kali pada tahun 1968 dalam komik Aquanus di Planet Vibhy. Aquanus sendiri berasal dari planet Zyba. Dalam cerita originnya, dikisahkan terjadi peperangan bangsa Burbur ke planet Zyba.

Untuk menghindari peperangan, putra angkat raja Sving yang masih bayi ini dilarikan dengan sebuah roket ke luar angkasa. Roket tersebut kemudian jatuh ke lautan di bumi. Anak yang ada di dalam roket tersebut diselamatkan oleh keluarga pemburu paus dan bayi yang mereka temui itu diberi nama Dhanus. Karena bangsa Zyba adalah bangsa yang bisa hidup di darat dan laut, dia memiliki kemampuan untuk hidup di darat maupun di laut.

Sehingga dia bisa dengan mudah main ke dasar laut. Dia memiliki sebuah senjata andalan yang disebut sabuk pelangi. Aktor kawakan Nicholas Saputra kabarnya akan menjadi pemeran Aquanus dalam versi live-actionnnya.

Virgo

Karakter pahlawan super remaja wanita bernama Rini alias Virgo ini pertama kali diciptakan oleh Mintaraga. Virgo pertama kali muncul dalam seri komik Kapten Halilintar Ghorghonyang dirilis pada tahun 1973. Dalam komik tersebut, Virgo diceritakan membantu superhero lain bernama Regy alias Kapten Halilintar. Yang menarik adalah sebenarnya Rini dan Regy adalah sepasang kekasih.

Tetapi, pada awalnya, mereka tidak saling mengetahui identitas pahlawan super mereka masing-masing ketika sedang beraksi. Meskipun begitu, pada akhirnya, mereka pun sadar siapa partner mereka. Sosok Virgo sendiri lebih sering muncul sebagai sidekick bagi karakter pahlawan lain, seperti Godam atau Gundala. Namun, baru pada 2017 karakter Virgo diadaptasi ulang oleh komikus Annisa Nisfihani dan Ellie Goh dalam komik Webtoon berjudul Virgo and the Sparklings.

Dan asal-usulnya pun mengalami sedikit perubahan, di mana dalam versi terbarunya Virgo adalah seorang penyanyi. Tanpa sepengetahuan orang lain, Rini diceritakan menggunakan tubuhnya sendiri untuk melakukan ekperiman dari percobaan ilmiah ayahnya. Hal ini yang kemudian membuatnya mendapatkan kekuatan super. Salah satu kekuatan supernya adalah menghilang. Adhysty Zara sudah ditunjuk untuk memerankan karakter ikonik dan girly ini.

Maza

Selain Gundala, karakter Ciptaan Hasmi lainnya adalah Maza. Karakter Maza pertama kali muncul pada tahun 1968 dalam komik Maza di Negeri Jin. Sosok Maza terkenal memiliki kekuatan fisik yang sangat luar biasa. Dalam cerita origin Maza diketahui bahwa sosok bernama Kanigara menganggap dirinya adalah seorang pahlawan super bernama Maza.

Dia dimintai tolong oleh seekor ular bernama Schobin untuk menemukan sebuah mutiara biru dan putrinya yang bernama Vatienc. Pelakunya adalah penyihir jahat bernama Rahczor. Saat bertemu di Pulau Tengkorak Hitam, Rahczor meminta tebusan berupa tengkorak harimau putih bertanduk tiga. Saat mengetahui Maza berhasil menemukan benda tersebut, Rahczor kemudian mengeluarkan monster-monster ciptaannya. Saat itu pula Maza ditolong oleh Jin Kartubi dan berhasil membunuh Rahczor.

Sri Asih

Sri Asih merupakan karakter karangan Raden Ahmad Kosasih. Dia muncul pertama kali pada tahun 1954. Karakter Sri Asih ini juga pada awalnya memiliki pengaruh yang sangat kuat dari pahlawan super Amerika. Namun, karena pada awal zaman komik Indonesia muncul menganggap bahwa komik tentang pahlawan super tidak mendidik akhirnya, karakter Sri Asih diubah gaya komiknya menjadi cerita pewayangan.

Bernama asli Nani Wijaya, dia merupakan seorang gadis lugu yang apabila menyebut nama “Dewi Asih” maka ia akan langsung berubah menjadi sosok pahlawan super wanita, yang memiliki kemampuan luar biasa. Dia bisa terbang, menggandakan diri, memperbesar tubuhnya, kebal dan memiliki kekuatan super. Yang menarik, kisah Sri Asih tidak Cuma berlokasi di Indonesia saja tetapi juga sampai ke Singapura dan Hongkong.

Karakter Sri Asih juga pernah diangkat ke layar lebar pada 1954. Dan pada 17 November 2022 mendatang, Bumilangit akan merilis film layar lebar Sri Asih yang akan diperankan oleh Pevita Pearce. Film ini akan menjadi sekuel dari film sebelumnya, yaitu Gundala. Menarik tentunya untuk melihat aksi menegangkan dari Pevita Pearce, yang mana bisa kita lihat dalam trailer resminya.

Karakter Lain

Selain beberapa karakter di atas, sebenarnya ada beberapa karakter lainnya yang mungkin akan bergabung dengan Patriot Bumilangit. Misalnya, sosok Merpati yang juga menjadi salah satu list yang akan muncul di jagat sinematik Bumilangit. Menurut rencananya, Tara Basro akan menjadi aktris yang memerankan karakter tersebut. Selain itu, karakter lainnya yang juga akan bergabung adalah Mandala.

Mandala merupakan karakter utama dalam serial cerita silat seperti Golok Setan, Siluman Sungai Ular, Selendang Biru, dan berbagai komik lainnya. Mandala merupakan karakter ciptaan Mansyur Daman dan muncul pertama kali pada tahun 1970an. Aktor laga Joe Taslim kabarnya akan memerankan karakternya. Untuk saat ini, jagat sinematik Bumilangit baru meluncurkan dua film.

Meskipun begitu, seperti yang pernah mereka ungkapkan pada 2019 lalu, jagat sinematik Bumilangit sudah memiliki rencana panjang sampai beberapa tahun kedepan. Artinya, berbagai karakter asli Indonesia lainnya bisa muncul dan bergabung dengan kelompok Patriot Bumilangit. Kita nantikan saja ya Geeks kemunculan mereka pada masa yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.