Ted Kord

Salah satu hero DC yang sudah lama dirumorkan akan muncul di Arrowverse adalah Ted Kord, yang merupakan orang kedua yang menggunakan titel Blue Beetle. Dia tidak menggunakan kostum Blue Beetle yang dipakai sebelumnya, melainkan dia membuat sendiri kostum Blue Beetlenya. Dia juga menggunakan perusahaannya sebagai “sumber kekuatan” dari segala aktivitas pahlawannya.

Perusahaan milik Ted Kord, Kord Industries, juga sudah sering muncul di cerita Arrowverse. Sempat ada rencana untuk menghadirkan Blue Beetle versi Ted Kord di musim ketiga dari Arrow, namun DC mengatakan kepada The CW mereka punya rencana lain untuk hero ini. Dengan event Crisis, ini merupakan waktu yang pas untuk memperkenalkan Ted Kord.

Spectre

Rasanya para fans DC tidak akan menolak jika Spectre muncul dalam event crossover ini. Identitas Spectre sendiri sudah digunakan oleh beberapa karakter dalam beberapa tahun belakangan, namun karakter yang populer menggunakan identitas Spectre adalah Jim Corrigan. Dia merupakan seorang detektif yang tewas setelah diserang oleh kriminal. Namun, dia berhasil kembali hidup dan menghukum siapa saja yang berbuat kejahatan dengan kekuatan supranaturalnya.

Meskipun Spectre atau Jim Corrigan merupakan anggota dari Justice Society of America, dia bisa menjadi pahlawan yang membantu Kara Danvers dan karakter lainnya untuk mengalahkan Anti-Monitor. JSA sendiri sudah muncul dalam series Legends of Tomorrow, bahkan John Constantine sekarang bekerja sama dengan mereka.

Metamorpho

Berbicara mengenai pertarungan dari berbagai universe DC untuk menghancurkan Anti-Monitor, Metamorpho alias Rex Mason bisa menjadi pilihan yang tepat. Rex merupakan seorang petualang yang disewa jasanya oleh Stagg Enterprises untuk menemukan sebuah artefak kuno di Mesir. Namun, pemimpin Stagg Enterprises, Simon Stagg, mengetahui jika Rex berpacaran dengan putrinya.

Dia tidak setuju dengan hubungan tersebut dan berencana untuk membunuhnya. Ketika di Mesir, Rex kemudian terkena paparan artefak yang ternyata terbuat dari meteorit dan hal itu membuatnya menjadi seorang superhero. Dia memiliki kemampuan untuk berubah atau bertransformasi menjadi elemen apapun atau menggabungkan berbagai elemen. Dia juga merupakan salah satu bagian dari The Outsiders.

Dr. Light

Salah satu karakter DC yang terhubung secara langsung dengan cerita Crisis of Infinite Earths adalah Dr. Light. Nama tersebut memang mirip dengan nama seorang villain, tapi Dr.Light ini bernama asli Kimiyo Tazu Hoshi. Dia merupakan seorang ilmuwan di Jepang yang terkena paparan sebuah cahaya energi saat event Crisis berlangsung. Hal itu memberikannya kemampuan untuk mengendalikan berbagai bentuk cahaya.

Karakter Dr. Light pernah sekali muncul dalam Arrowverse, terlepas dari kemunculannya sebagai kembaran dari Linda Park, yang dikirim untuk menghabisi The Flash oleh Zoom di Earth-2. Debutnya sebagai pahlawan bisa dimulai dari cerita Crisis ini.

Captain Atom

Karakter Captain Atom merupakan seorang karakter yang unik, namun bisa menjadi pilihan yang pas untuk bisa ditampilkan dalam event ini. Captain Atom sebenarnya pada awalnya bukan merupakan bagian dari komik-komik canon DC. Dia merupakan bagian dari Charlton Comics, dan baru setelah kejadian Crisis dia bergabung dengan DC Universe dan berada di Earth-4.

Sebelum event Crisis terjadi, Captain Atom dulunya adalah seorang perwira militer, yang dijebak untuk sebuah perbuatan kriminal yang tidak dia lakukan. Dia kemudian mengajukan diri untuk menjadi sebuah objek penelitian demi menebus kesalahannya. Namun, eksperimen tersebut gagal dan dia pun diduga tewas setelah insiden tersebut. Delapan belas tahun kemudian dia kembali muncul dengan perubahan yang luar biasa.

Superboy-Prime

Sesuai dengan namanya, Superboy-Prime merupakan versi alternatif dari Superman yang berasal dari Earth-Prime dimana seluruh karakter superhero dari multiverse lainnya adalah “fiksi”. Superboy-Prime mendapatkan kekuatannya ketika dia berusia lima belas tahun, setelah komet Halley yang jatuh ke bumi membangkitkan kekuatan Krypton yang ada di dalam tubuhnya.

Setelah Anti-Monitor menghancurkan Earth-Prime, dia kemudian membentuk tim bersama dengan Kal-L dari Earth-2, Alexander Luthor Jr., dan seluruh pahlawan lainnya untuk mengentikan Anti-Monitor. Dia kemudian pergi ke sebuah dimensi “surga,” sebuah tempat dimana moral Clark berubah drastis dan membuatnya menjadi sosok villain mengerikan.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.