Setelah 11 tahun berjalan, Marvel Cinematic Universe sudah menghasilkan lebih dari 22 film dalam 3 Phase mereka. Dalam acara SDCC kemarin, akhirnya kita tahu apa yang akan dibuat oleh Marvel di Phase 4 mendatang. Ada hal unik di Phase 4 ini. Pertama, Kevin Feige sendiri mengkonfirmasi jika Phase 4 ini hanya berdurasi 2 tahun.

Kedua adalah ada beberapa film, yang rumornya akan diperkenalkan di Phase 4 justru tidak ada dalam daftar. Tapi, ada beberapa informasi yang berkembang jika Marvel kemungkinan akan memperkenalkan film yang tidak muncul di Phase 4 di Phase 5 mendatang. Lalu, apa saja kemungkinan film yang akan diperkenalkan di Phase 5 mendatang?

Black Panther 2

Dengan total pemasukan yang kurang lebih mencapai USD 1,32 miliar dollar, rasanya Marvel Studios akan kerugian jika tidak membuat sekuel dari film Black Panther. Para fans MCU pun banyak yang menginginkan Marvel untuk membuat film sekuelnya. Karakter yang diperankan oleh Chadwick Boseman ini pertama kali muncul dalam film Captain Marvel: Civil War, dan diharapkan akan menjadi “bintang baru” bagi MCU di masa yang datang.

Tentunya Marvel tidak mau menahan terlalu lama dari perkembangan film ini. Ryan Coogler dikabarkan akan kembali menulis dan menutradarai film Black Panther 2. Sebagian fans banyak yang menganggap jika sekuel Black Panther kemungkinan akan dirilis pada 2021 mendatang, bergabung dengan film Phase 4 lainnya. Dengan Phase 4 yang sudah dipenuhi oleh proyek baru Marvel, kemungkinan Black Panther 2 baru akan dirilis pada Phase 5 mendatang.

Guardians of the Galaxy Vol. 3

Selain Black Panther 2, kabar menyebutkan jika Marvel sudha menyiapkan film ketiga untuk karya James Gunn tersebut. Tapi, ada hal yang menarik dari film ini. Meskipun tidak pernah dikonfirmasi langsung oleh Marvel, film GOTG Vol. 3 inilah yang kabarnya akan menjadi “pionir” di Phase 4 mendatang pada 2020 mendatang.

Tapi, karena permasalahan internal antara Gunn dan Disney, proyek tersebut sempat terbengkalai. Akhirnya posisi tersebut digantikan oleh film solo Black Widow, dan GOTG Vol. 3 keluar dari daftar Phase 4. Proses produksinya sendiri diundur sampai 2021 mendatang, karena Gunn harus menyelesaikan proyek film Suicide Squad milik DC sebelum kembali menggarap film ini.

Captain Marvel 2

Sudah sejak lama, Kevin Feige mengatakan bahwa karakter Carol Danvers akan menjadi pemimpin bagi karakter Marvel lainnya di MCU. Carol akan menggantikan peran Captain America atau Iron Man di Phase selanjutnya. Untuk saat ini, Carol Danvers bisa dibilang merupakan superhero paling kuat di MCU. Jadi, rasanya pantas dia menggantikan Tony atau Steve.

Selain itu, kemunculan Skrulls yang menyamar menjadi Nick Fury dan Maria Hill di film Spider-Man: Far From Home mengindikasikan bahwa Carol dan petualangannya akan menjadi sebuah bagian besar dalam cerita MCU selanjutnya. Sehingga dengan pertimbangan tersebut, Marvel sepertinya akan memberikan sekuel kepada Captain Marvel.

Spider-Man 3

Film lainnya yang juga tidak ada dalam daftar Phase 4 adalah sekuel untuk Far From Home, yang sekaligus film solo ketiga Spider-Man. Berbeda dengan Black Panther 2 dan Captain Marvel 2 yang kemungkinan besar “disimpan” untuk Phase selanjutnya, film Spider-Man sedikit berbeda dengan dua film tersebut. Karena, hak layar lebar dan pendistribusian karakter tersebut berada di tangan Sony Pictures.

Intinya, Marvel Studios bukanlah pihak yang pas untuk mengumumkan apakah akan ada kelanjutan filmnya atau tidak. Artinya bisa saja di 2021 nanti, Sony kembali merilis film baru Spider-Man. Hal ini sesuai dengan jarak film Homecoming dan Far From Home, yaitu dua tahun. Semua keputusan ada di tangan Sony. Bila tidak hadir di 2021 mendatang, mungkin filmnya akan bergabung dengan Phase 5 MCU.

Blade

Pengumuman bahwa Marvel Studios akan kembali merilis film Blade merupakan salah satu pengumuman paling mengejutkan yang dilakukan oleh Marvel, saat acara SDCC kemarin. Tapi, dalam versi “reboot” ini bukan Wesley Snipes yang berperan sebagai Blade melainkan aktor Mahershala Ali. Fans sendiri sudah sering menyatakan keinginannya untuk memasukan Blade ke MCU, akhirnya keinginan tersebut menjadi nyata.

Meskipun proyek filmnya diumumkan saat pengumuman Phase 4, filmnya sendiri tidak akan muncul di Phase 4 nanti. Dengan asumsi Phase 4 hanya berdurasi 2-3 tahun, kemungkinan Blade baru akan muncul di MCU pada Phase 5 mendatang atau setelah 2022. Tapi, bisa saja sebelum muncul di film solonya Blade akan muncul sebagai cameo di film yang muncul di Phase 4, seperti Spider-Man dalam Civil War.

Film Marvel Studios lainnya

  • The Fantastic Four/X-Men

Di acara SDCC kemarin, Kevin Feige juga sempat menyebutkan beberapa nama film lainnya yang akan dibuat oleh Marvel, salah satunya adalah The Fantastic Four dan juga X-Men. Setelah sekian lama hak layar lebarnya dipegang oleh 20th Century Fox, akhirnya film tentang Reed Richard dan tim Fantastic Four kembali ke Marvel. Tapi, kemudian pertanyaannya adalah kapan filmnya akan tayang?

Dengan proses akusisi yang sudah selesai, bisa saja dalam waktu dekat ini filmnya akan segera diproduksi dengan perkiraan pada Phase 5. Tapi, dengan seluruh proyek film yang sudah tersusun (mungkin sebelum kesepakatan Fox dan Disney selesai) kemungkinan film Fantastic Four baru akan dirilis pada Phase 6 atau pada 2024-2025.

  • Ant-Man 3

Tanpa Scott Lang mungkin tidak akan ada cerita di Avengers: Endgame. Sejak pertama kali muncul, sosok Scott Lang memang sedikit berbeda dari para Avengers lainnya yang lebih serius. Meskipun dia merupakan Avengers yang santai dan kocak, perannya amat penting di MCU. Sudah ada dua film yang dirilis di MCU yang berkaitan dengan Ant-Man.

Apakah akan ada film ketiganya? Dalam sebuah wawancara, Paul Rudd sempat menjawab pertanyaan tersebut. Dirinya tidak tahu apakah akan ada film ketiga, oleh karena itu dia meminta para fans untuk “berkampanye” kepada Marvel demi Ant-Man 3. Film Ant-Man sendiri pertama kali muncul setelah sebuah event besar berlangsung. Bisa jadi Ant-Man 3 akan dirilis di akhir Phase 5 mendatang.

  • Nova

Meskipun karakter kosmik Marvel ini tidak terlalu populer, tapi Nova merupakan salah satu yang sering disebut-sebut oleh para fans agar bisa bergabung ke MCU. Sudah banyak juga rumor yang menyebutkan jika Nova akan bergabung ke MCU, meskipun selalu “mentah”. Namun, James Gunn pernah menyebutkan tentang kemunculan Nova sebagai hal yang bisa saja terjadi.

Dengan cerita kosmik yang akan dibangun Marvel, Nova bisa jadi merupakan big player yang pas untuk cerita ini. Nova bisa saja muncul di film Thor 4 atau Guardians 3. Jika Phase 5 nanti akan menghadirkan kembali ancaman kosmik, film solo Nova yang menceritakan polisi luar angkasa dari pasukan Nova tentunya bisa membangun cerita dari ancaman tersebut.

  • Avengers 5/ New Avengers/ Young Avengers

Kevin Feige sudah mengatakan bahwa akan ada sebuah tim Avengers yang berbeda dan baru di masa depan, dan harus ada film yang bisa mengangkat kisah mereka. Bukan tidak mungkin jika Phase 4 dan 5 akan kembali membangun hal yang sama seperti Phase sebelumnya, dan jika memang benar begitu film tentang tim Avengers baru bisa jadi sebuah pilihan yang jelas.

Dengan para anggota lama Avengers yang sudah menghilang, tim New Avengers ini bisa berisi karakter seperti Captain Marvel, Doctor Strange, Spider-Man, dan Black Panther. Kemungkinan lainnya adalah Young Avengers. Series Hawkeye di Disney Plus, dikabarkan akan memperkenalkan sosok Kate Bishop, penerus titel Hawkeye dan anggota dari New Avengers dalam komiknya. Kita juga sudah melihat Cassie Lang versi dewasa di Endgame.

  • Secret Wars

Cerita Infinity Saga sudah berakhir di film Endgame, dan Marvel sedang membangun sesuatu yang baru sekarang. Shang-Chi, Black Widow, dan The Eternals, mungkin tidak terlalu memiliki banyak kesamaan atau sebuah narasi yang bersinggungan satu sama lain. Tapi, pastinya Marvel sudah mempersiapkan sesuatu yang besar yang dimulai dari film-film tersebut.

Sama seperti film Infinity War dan Endgame yang mengadaptasi cerita The Infinity Gauntlet, Marvel bisa saja akan mengadaptasi cerita seperti Secret Wars. Dalam cerita crossover tersebut, hampir seluruh karakter muncul dalam cerita. Ketika Fantastic Four atau X-Men sudah diperkenalkan, cerita ini bisa jadi cerita yang pas untuk “menampung” karakter tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.