Pertarungan melawan Mysterio benar-benar menguras seluruh sumber daya milik Peter Parker. Saat pertarungan melawan Mysterio, Spidey harus kehilangan kostum orisinalnya dan bahkan dia kehilangan kostum Stealth Suit yang diberikan oleh Nick Fury. Lalu, bagaimana Spidey menghadapi Mysterio? Akhirnya Peter (dengan bantuan dari Happy Hogan) membuat kostumnya sendiri.

Hal tersebut dia lakukan di dalam lab mini yang ada di dalam pesawat jet pribadi milik Tony Stark. Happy meyakinkan kepada Peter bahwa dirinya bisa melakukan apapun, seperti yang dilakukan oleh Tony. Ada hal yang menarik saat Peter membuat kostum, yaitu ada beberapa kostum Spider-Man yang cukup familiar yang ditampilkan dalam komputer lab Stark tersebut. Lalu, kostum apa saja yang ada di pesawat tersebut?

Kostum klasik Iron Spider

Kostum pertama yang ada di lab pesawat milik Stark adalah Iron Spider. Mungkin Geeks sudah tidak aneh dengan konsep desain Iron Spider, karena kostumnya sudah pernah digunakan dalam film Avengers: Infinity War dan Endgame. Di film Spider-Man: Far From Home pun Peter sempat memakai kostum ini meskipun hanya sebentar.

Dalam cerita komiknya, kostum Iron Spider merupakan perpaduan skema warna kostum tradisional Spider-Man, yang dipadukan dengan warna Iron Man untuk event Civil War (Spider-Man berada di pihak Iron Man). Meskipun bagian lengan mekaniknya sangat keren dan menarik, pada desain orisinalnya hanya terdapat tiga lengan mekanik. Artinya, Spider-Man hanya memiliki tujuh lengan dibandingkan dengan delapan.

Tapi, versi MCU sendiri berbeda dengan versi komik. Meskipun seluruh lengan mekaniknya lengkap, hanya saja skema warnanya tetap menggunakan warna dari kostum tradisional Spider-Man. Hal ini dirasa wajar, karena Spidey bisa dibilang merupakan karakter yang relatif baru di MCU. Jadi, rasanya terlalu cepat jika harus memberikan perubahan kostum. Tapi, hal yang menariknya adalah dalam konsep awal kostumnya, Marvel memang menyiapkan warna yang sama dengan versi komiknya dan juga versi hologram di lab pesawat Tony.

Yang menariknya, web glide (jaring laba-laba pada bagian ketiak kostumnya) yang berasal dari versi komik ditampilkan dalam film Far From Home. Dalam cerita komiknya, Tony awalnya menawarkan Peter beberapa pilihan untuk kostumnya; Peter menolak sepatu roket, tapi dia menerima konsep web glide tersebut. Dirinya beralasan jika beberapa laba-laba memang bisa terbang.

Superior Spider-Man

Selain kostum Iron Spider, kostum selanjutnya yang muncul di lab Tony Stark adalah Superior Spider-Man. kostum tersebut awalnya diciptakan oleh Alex Ross di awal 2000an, ketika dia mengerjakan concept art untuk film pertama Spider-Man yang digarap oleh Sam Raimi. Desain awalnya sendiri terlihat sangat menarik dan menjanjikan, namun sayangnya Sony tidak menyetujui konsep tersebut.

Pada tahun 2013, Ryan Stegman dan Humberto Ramos yang mengerjakan desain ulang kostum Spiderman untuk komik Superior Spider-Man karya Dan Slott. Akhirnya mereka pun mengadaptasi desain milik ross, namun dengan tone warna yang lebih gelap. Hal tersebut dilakukan untuk menunjukan hal terbaru dan sisi edgy dari Spidey; pada saat itu, tubuh Peter Parker dikendalukan oleh Doctor Octopus.

Marvel Studios sepertinya menyukai penampilan kostumnya, bahkan, Ryan Meinerding sempat bereksperimen dengan konsep kostum ini di film Homecoming. Beberapa detail kecil kostumnya semapt juga diperlihatkan dalam kostum akhir di film Far From Home.

Advanced Suit versi PlayStation 4

Game terbaru Spider-Man yang eksklusif untuk konsol PlayStation 4 menghadirkan kostum yang baru, Advanced Suit, yang didesain oleh Peter Parker di lab milik Otto Octavius setelah kostum lamanya rusak setelah pertarungan melawan Kingpin. Meskipun beberapa perubahan pada tampilannya, seperti logo laba-laba putih, sempat menjadi kontroversi pada akhirnya kostum tersebut menjadi salah satu favorit para fans.

Hal tersebut dikarenakan bukan hanya sudah ditampilkan dalam gamenya (yang memiliki kualitas mumpuni), kostum ini juga pernah ditampilkan dalam versi buku komik juga. Meskipun skema warna kostumnya tidak muncul di hologram, aspek-aspek dari kostum ini justru yang muncul, khususnya pada bagian tangannya.

Spider-Armor Mark 3

Tony Stark terkenal karena kepiawaiannya untuk membangun sebuah armor, jadi rasanya masuk akal jika ada beberapa desain kostum Spider-Man yang dia buat memiliki dasar atau unsur armor di dalamnya. Salah satu kostum yang mencolok adalah kostum yang dipakai Spidey saat event To The Ends of the Earth. Dalam cerita tersebut, Peter Parker menciptakan kostum tersebut ketika dia masih bekerja di perusahaan Horizon Labs.

Dalam kostum tersebut terdapat berbagai teknologi yang sangat luar biasa canggih yang bahkan mampu menetralkan seluruh kekuatan dari Sinister Six. Sayangnya, teknologi yang digunakan dalam kostum ini memang menggunakan teknologi milik Doc Oc, yang artinya dia paham betul tentang seluk beluk teknologinya. Dia pun mampu mengambil alih kendali dan mematikan fungsi kostum tersebut.

Classic Spider-Armor

Selain versi “Hulkbuster” untuk Spider-Man, dalam hologram di lab tersebut juga terdapat konsep desain klasik dari Spider-Armor. Kostum ini diciptakan ketika Spidey harus menghadapi sebuah kelompok penjahat yang salah satu anggotanya berbentuk seperti naga raksasa dan juga mutan dengan kekuatan spora tanaman yang mematikan.

Kostum ini sengaja didesain untuk sebuah pertarungan “kelas berat” yang bisa melindungi Peter dari impak apapun saat pertarungan berlangung. Selain kostumnya, jaring laba-labanya juga dilapis oleh bahan khusus sehingga lebih kuat dari jaring biasanya. Kostum ini hanya muncul beberapa kali saja dlaam cerita komiknya, namun tetap kostum ini menjadi salah satu favorit para fans. Jadi, sama seperti Mark 3 wajar jika klasik Spider-Armor muncul di hologram tersebut.

Kostum Secret War

Selain Advance Suit, kostum Spider-Man lain yang diadaptasi dari gamenya adalah Secret War suit atau kostum Secret War. Sebenarnya, kostum ini juga muncul dalam cerita komik. Dalam cerita komik, kostum ini diberikan kepada Spidey oleh Nick Fury demi melancarkan misi ke Latveria. Spidey merupakan salah satu yang ditugaskan Fury untuk menggulingkan pemerintah kejam disana. Kekuatan dari Secret War suit ini belum pernah benar-benar dieksplor, karena Spidey hanya menggunakan kostum ini satu kali.