Kabar mengejutkan datang pagi tadi, dimana The Holywood Reporter mengabarkan jika aktor asal Indonesia, Joe Taslim, dipilih untuk berperan sebagai Sub-Zero dalam reboot film Mortal Kombat yang rencananya akan tayang pada 2021 mendatang. Joe Taslim menjadi aktor pertama yang bergabung dalam proyek film yang diproduseri oleh James Wan ini.

Sub-Zero sendiri bukan karakter baru dalam franchise Mortal Kombat. Dia merupakan karakter klasik yang muncul dalam gamenya bersama dengan karakter lainnya, seperti Raiden, Jax, Sonya Blade, Johnny Cage, Kung Lao, dan Liu Kang. Lalu, siapa sebenarnya Sub-Zero?

History of Sub-Zero

Sebenarnya nama Sub-Zero sendiri dimiliki oleh dua karakter yang berbeda dalam dunia Mortal Kombat. Mereka adalah Bi Han dan Kuai Liang, keduanya merupakan petarung untuk klan yang dipimpin oleh Lin Kuei. Bi Han merupakan karakter pertama yang menggunakan nama Sub-Zero. Bi Han merupakan seorang petarung yang tidak kenal ampun, dan dia juga merupakan orang yang membunuh Scorpion dalam turnamen Mortal Kombat pertama.

Namun, Scorpion kemudian berhasil kembali hidup dan undead Scorpion pun akhrinya membalas dendam kepada Sub Zero Bi Han. Scorpion berhasil membunuh Bi Han dan memenuhi dendamnya. Sub-Zero yang sudah tewas pun kemudian “diusir” menuju Netherrealm dan kemudian berubah menjadi Noob Saibot. Adiknya, Kuai Liang, kemudian menjadi orang yang menggunakan nama Sub- Zero selanjutnya.

Kuai Liang mengikuti turnamen Mortal Kombat yang kedua dengan menggunakan nama Sub-Zero, demi menghormati kakaknya. Beda dengan kakaknya, Kuai Liang merupakan karakter yang baik dan banyak mengampuni nyawa musuh-musuhnya. Dia juga bertarung dengan adil dan tenang, berbeda dengan kakaknya yang bertarung dengan diliputi oleh rasa amarah dan kekejaman.

Scorpion kemudian melihat Sub-Zero dalam turnamen tersebut dan meyakini jika dia merupakan orang yang membunuhnya dahulu. Tapi, setelah dia melihat Sub-Zero yang mengampuni musuh-musuhnya dia pun kemudian berpikir jika Sub-Zero ini berbeda dengan yang dulu pernah dia hadapi. Sub-Zero kemudian tumbuh menjadi pribadi yang lebih kuat dan lebih bijak. Dia juga keluar dari bayang-bayang kakaknya dan menjadi pemimpin atas namanya sendiri.

Kuai Liang kemudian dikirimkan kembali oleh klannya untuk mengikuti kembali turnamen Mortal Kombat setelah kakaknya, Bi Han, gagal untuk membunuh Shang Tsung. Kuai Liang kali ini mengetahui jika Sorpion membunuh kakaknya dalam turnamen ini dan juga gagal untuk membunuh Shang Tsung. Sub-Zero kemudian masuk ke turnamen Outworld dan akhirnya membunuh Shang Tsung. Kuai Liang kemudian dijelaskan oleh Scorpion mengapa dia membalaskan dendam kepada kakaknya. Tapi, dia tidak paham kenapa Scorpion tidak membunuhnya dalam turnamen tersebut.

Sub-Zero Kabur Dari Klannya

Lin Kuei berhasil mendapatkan sebuah teknologi yang bisa meningkatkan efektivitas para petarungnya. Lin Kuei akhirnya memilih Kuai Liang menjadi salah satu dari empat orang yang akan menjadi bahan uji coba untuk dirubah menjadi cyborg atau robot. Selain Sub-Zero, ada juga Smoke, Cyrax, dan Sektor yang akan dirubah menjadi cyborg.

Sub Zero, Cyrax, dan Smoke menolak proses tersebut dan memilih kabur dari klannya. Sub-Zero berhasil kabur dari klannya, namun tidak bagi Cyrax dan Smoke. Akhirnya mereka pun dirubah menjadi cyborg. Di sisi lain, Lin Kuei mengeluarkan keputusan bahwa Sub-Zero menjadi buronan untuk Lin Kuei. Bahkan, dia pun mengirimkan ketiga cyborg pembunuh terbarunya untuk mengejar Sub-Zero.

Dia pun kembali mengikuti turnamen untuk yang ketiga kalinya. Dalam turnamen ini, Sub-Zero yang tidak menggunakan topeng khasnya, harus menghadapi ketiga cyborg tersebut. Namun, saat Kuai Liang bertemu dengan Smoke, Kuai Liang mencoba meyakinkannya jika dia masih memiliki jiwa. Akhirnya Smoke pun mampu melawan dari program cyborg yang ditanamkan Lin Kuei kepadanya.

Dengan bantuan Smoke, Sub-Zero berhasil mengalahkan Sektor dan Cyrax. Dengan seluruh tenaga dan bantuan yang ada, Sub-Zero juga berhasil mengalahkan Shao Kahn. Setelah berhasil dikalahkan, Shao Kahn pun kembali menghilang. Namun, dengan ancaman dari Quan-Chi yang masih ada Kuai Liang kembali menggunakan kostum biru milik kakaknya dan kembali bertarung.

Kuai Liang juga memegang rahasia dan mengetahui cara untuk mengalahkan Shinnok yang dia dapatkan dari kakaknya. Sub-Zero kemudian mengalahkan Scorpion tapi, dia mengampuni nyawanya dan mengatakan bukan dia atau kakaknya yang bertanggung jawab atas musnahnya klan Scorpion. Tiba-tiba, Sub-Zero diserang oleh Quan Chi yang ternyata sudah membuat kesepakatan dengan Scorpion sebagai balasan sudah menyelamatkannya dari NetherRealm. Tapi, Scorpion kemudian membunuh Quan Chi dan bersekutu dengan Sub-Zero.

Sub-Zero Berubah Mendapatkan Tubuh Baru

Dalam sebuah pertarungan final di Edenia dan bergabung dengan Forces of Light atau pasukan cahaya, dia kembali bertemu dengan Scorpion dan berhasil membunuhnya. Sub-Zero kemudian tewas di tangan Baraka, dengan pedang yang menancap di punggungnya. Namun, Kuai Liang berhasil kembali dalam sebuah timeline alternatif lain. Dalam cerita ini, Kuai Liang hampir saja membunuh Scorpion jika tidak dicegah oleh Lin Kuei.

Kuai Liang pun berhasil diculik oleh cyborg milik Lin Kuei dan tubuh Kuai Liang pun kemudian dirubah menjadi robot dan menjadi budak bagi Lin Kuei. Namun, para petarung dari bumi kemudian berhasil menculik Sub-Zero dan mengembalikan pikiran dan jiwanya. Seiring berjalannya waktu, Sub-Zero kemudian menjadi kakek dan juga mentpr bagi para petarung bumi yang akan bertarung di turnamen Mortal Kombat. Dia juga kemudian menjadi teman baik dari Johnny Cage.

Kemampuan Sub-Zero

Ada beberapa kemampuan atau jurus yang dimiliki oleh Sub-Zero. Pertama adalah Ice Blast, dimana Sub-Zero mampu mengeluarkan es dan menyemburkannya ke arah musuh. Bila terkena serangan tersebut, musuh otomatis akan langsung membeku. Kemudian Ground Ice, dimana serangan es diarahkan ke arah lantai atau bawah dan menciptakan sebuah lantai es besar. Jika musuh terkena es tersebut, dia akan terpleset dan bergerak tidak beraturan.

Ice Clone adalah kemampuan Sub-Zero yang mampu membuat kloning atau tiruan dirinya yang terbuat dari es. Jika musuh menyentuh kloning tersebut, kloningnya akan menyerang musuh tersebut. Ice Shower adalah jurus lain dari Sub-Zero. Konsepnya sama seperti Ice Blast, hanya saja serangan esnya berasal dari atas.

Berbagai Gerakan Fatalities Sub-Zero

Pertama Deep Freeze Uppercut. Sub-Zero membekukan sang musuh, dan melakukan uppercut sampai tubuh musuhnya hancur berkeping-keping. Kedua adalah Spine Rip. Sub-Zero menggenggam leher musuhnya dan menarik kepalanya sampai ke tulang beserta tulang rusuknya. Fataliti lainnya adalah Freeze Kick, dimana Sub-Zero menendang musuh yang sudah lemah dan menghancurkan tubuhnya.

Below Freezing adalah ketika Sub-Zero membekukan kaki dan bagian bawah musuhnya sampai tidak bisa bergerak. Kemudian dia menghancurkan tubuh musuhnya. Skeleton Rip adalah fataliti Sub-Zero dimana dia pergi ke bagian belakang musuh dan mengambil tulang musuhnya, menyisakan daging dan kulit musuhnya saja.