Aktor Joaquin Phoenix akan berperan sebagai Arthur Fleck dalam proyek film terbaru garapan Todd Phillips, Joker. Meskipun filmnya bercerita tentang sosok Joker, yang notabene merupakan musuh abadi Batman, sang sutradara meyakinkan bahwa Joker versi dirinya akan memiliki arah yang berbeda dengan versi sebelumnya. Selain itu, film ini akan menjadi origin story dari Joker, sesuatu yang belum pernah dibuat sebelumnya.

Dalam wawancaranya dengan majalah Empire, Phillips menyebutkan jika film ini bukan hanya akan menampilkan Joker yang berbeda dengan versi sebelumnya, juga filmnya akan menampilkan Joker yang sangat berbeda dengan versi komiknya. Bahkan menurut Phillips, dirinya dan Phoenix mengaku mengabaikan seluruh hal yang berkaitan dengan Joker versi komik.

Kami tidak mengikuti (versi) apapun dari buku komik, yang mana orang-orang (para fans) pastinya akan  keberatan atas hal itu. Kami hanya menulis tentang darimana seseorang yang mirip seperti Joker berasal. Itulah yang menarik bagiku. Kami tidak berbicara tentang Joker, melainkan cerita tentang (bagaimana seseorang menjadi) Joker. Filmnya tentang orang tersebut.

Todd Phillips sadar betul jika para fans sudah sering marah tentang bagaimana Hollywood sering kali “gagal” untuk mengadaptasi karakter Joker untuk versi layar lebar. Sebelumnya ada Joker versi Jack Nicholson dari film Batman karya Tim Burton yang dikritik karena karakternya yang cenderung komedik, berbanding terbalik dengan tone filmnya. Kemudian Joker versi Jared Leto dalam film Suicide Squad, yang dianggap terlalu gangster dan kurang pas.

Joker versi Heath Ledger merupakan satu-satunya Joker versi live-action yang “disetujui” oleh para fans, selain Joker versi animasi yang suaranya diisi oleh Mark Hamill. Phillips juga sadar betul jika dirinya berada dalam “bahaya”, karena sumber ceritanya tidak berdasarkan buku komik. Apakah kalian setuju dengan ide Todd Phillips ini Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.