Ketika diumumkan, banyak yang tak menyangka bahwa film sci-fi ikonik, Star Trek saat ini tengah dikembangkan. Apalagi mereka juga mendengar bahwa sutradara dibalik pembuatan film ini adalah Quentin Tarantino, yang biasanya gemar menggarap sebuah film yang penuh adegan kekerasan dan kalimat-kalimat kasar di dalamnya.

Tampaknya Tarantino akan mencoba memasukan hal tersebut kedalam film Star Trek, dimana ia kemarin mengungkapkan bahwa film Star Trek yang akan ia kerjakan sepertinya akan menjadi film Star Trek pertama yang diberi R-Rated karena berisi banyak kata-kata kasar. Tapi tambahnya, hal itu masih harus ia pertimbangkan.

Tarantino kini masih sibuk mengerjakan proyek film Once Upon a Time in Hollywood yang akan diputar di bioskop pada Juli depan, jadi ia masih belum punya banyak waktu untuk segera memulai film ini. Dulu, Tarantino pernah menyebut bahwa ia akan segera pensiun setelah ia menyelesaikan kesepuluh film yang ia buat. Tetapi sepertinya hal itu tak akan terjadi dalam waktu dekat.

Ada sebuah laporan yang menyebut bahwa film ini akan menjadi film standalone yang tak terhubung dengan kontinuitas film-film sebelumnya, tetapi Zachary Quinton yang memerankan Spock mengatakan bahwa para pemain lama yang bermain di Star Trek versi Abrams akan kembali.