Film adaptasi dari video game adalah film yang selalu menjadi mimpi buruk bagi Hollywood. Tidak banyak film-film adaptasi game yang sukses di jajaran box office. Meskipun begitu Hollywood seolah tidak kapok untuk terus membuat film adaptasi video game. Beberapa proyek film adaptasi game ada yang ditunda bahkan sampai dibatalkan, meskipun ada juga yang terus maju dan berkembang sampai sekarang, seperti film adaptasi Just Cause.

Dalam laporan dari Deadline, franchise Just Cause berharap mereka bisa sukses di layar lebar. Untuk itu mereka menyewa jasa penulis dari franchise John Wick, Derek Kolstad, untuk menulis film ini. Dalam laporan ini juga disebutkan jika Constantin Film adalah rumah produksi yang akan menggarap film ini setelah mereka melakukan persetujuan dengan Avalanche Studios dan Square Enix.

Pihak Constantin Film sendiri berharap banyak jika proyek film ini bisa berjalan dengan cepat. Mereka menargetkan pada 2020 proses produksinya bisa segera dimulai. Untuk itu mereka akan segera melakukan proses casting dan mencari orang yang akan mengarahkan filmnya. Dengan hasil karyanya di franchise John Wick, tentunya pemilihan Kolstad dirasa tepat. Dia bisa membangun cerita dari awal dan terus berkembang. Hal ini tentunya selaras dengan proyek Just Cause.

Kabar dipilihnya Derek Kolstad ini sebenarnya muncul setelah dirinya juga dipilih untuk menulis film adaptasi game lainnya, Saints Row, yang akan disutradarai oleh F. Gary Gray. Namun, jika dilihat dari jadwalnya sepertinya Kolstad akan lebih dahulu menggarap film Just Cause sebelum menulis untuk film Saints Row.