Karakter villain merupakan “pelengkap” dalam setiap cerita sebuah film, tidak terkecuali dalam cerita superhero. Terkadang, karakter villain menjadi karakter yang lebih populer daripada sang protagonis. Di MCU sendiri, mungkin sudah banyak villain yang muncul. Red Skull, Loki, Mandarin, dan sebagainya. Tapi, tentu saja yang banyak menyita perhatian adalah sosok Thanos yang menjadi villain utama dalam Infinity Saga.

Setelah di film Avengers: Infinity War Thanos berhasil membuat setengah penduduk bumi menghilang, di Endgame para Avengers berhasil membalaskan dendam dan mengembalikan keadaan seperti semula. Lalu, siapa yang bisa menggantikan Thanos sebagai musuh besar para pahlawan Marvel? Nama Norman Osborn mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat.

Banyak orang yang berpikir jika karakter Norman Osborn sudah terlalu sering dimunculkan dalam cerita, khususnya dalam cerita layar lebar film Spider-Man. Tom Holland dan pihak produser, Amy Pascal, pun menyebutkan jika mereka butuh karakter villain baru yang belum dimunculkan sebelumnya. Tapi, sebenarnya selama ini Norman Osborn yang ditampilkan di film rasanya belum tampil maksimal. Karena, dalam cerita komiknya Osborn merupakan karakter villain yang berpengaruh.

Sudah Ada Petunjuk Tentang Norman Osborn di MCU

Disadari atau tidak, MCU sepertinya sudah memberikan petunjuk tentang keberadaan Norman Osborn. Film Spider-Man: Homecoming dan Ant-Man & the Wasp memperlihatkan bahwa ada seorang pebisnis yang cukup gila yang ingin membeli sebanyak mungkin teknologi terkini dan paling mutakhir. Di film Homecoming, para anak buah Vulture “menggali” beberapa sisa pertempuran Battle of New York untuk dijual kepada pihak industrialis.

 Di film Ant-Man & the Wasp, Sonny Burch sempat menyebutkan jika dirinya bekerja untuk seseorang dan berani membayar 1 miliar Dollar Amerika untuk teknologi PymTech. Siapapun orang di belakang Sonny, dia adalah seorang yang sangat kaya dan tertarik dengan teknologi. Para fans sempat menunjukan adanya gap dalam cerita di MCU. Pertama adalah keputusan Marvel untuk tidak menceritakan origin story dari Peter Parker menjadi Spider-Man.

Semuanya beranggapan jika mereka sudah mengetahui cerita masa lalu Spider-Man. Tapi, sebenarnya ada beberapa perubahan yang dilakukan oleh Marvel. Dalam cerita Ultimate Comics, laba-laba genetik yang menggigit Peter merupakan hasil rekayasa OsCorp. Ada satu laba-laba lagi yang sama dan kemudian mengigit Miles Morales. Intinya, baik Miles Morales maupun Peter sama-sama tergigit saat mereka pergi dalam sebuah field trip ke OsCorp.

Kemudian adalah pertanyaan tentang siapa yang membeli Stark Tower. Dalam film Homecoming, Tony Stark diceritakan pindah dari Avengers Tower dan menjualnya kepada seseorang. Banyak yang berasumsi jika orang yang membelinya adalah kelompok Fantastic Four. Tapi, ada sebuah teori yang populer yaitu jika orang yang membelinya adalah Norman Osborn. Avengers Tower tersebut kemudian akan diubah menjadi markas OsCorp.

Norman Osborn Bukan Hanya Sekedar Villain Spider-Man

Setelah selama ini, mengapa harus kembali menghadirkan sosok Norman Osborn? Jawabannya mudah, yaitu sama seperti Spider-Man, Osborn juga “dimodifikasi” ulang oleh Marvel dan kemudian memperkenalkannya kepada universe yang lebih luas lagi. Hal ini bisa dilihat dalam cerita komik, dimana Osborn sudah lama bertransformasi.

Pada 2006, Osborn berusaha untuk mengambil alih dan mengubah seluruh tatanan dari program Thunderbolt dari pemerintah Amerika. Program ini bertujuan untuk merehabilitasi para super-villain menjadi seorang pahlawan. Osborn terbukti merupakan seorang pemimpin yang efektif, tapi sayangnya dia memiliki sisi psikopat yang bisa membuatnya berubah menjadi sosok mengerikan. Buktinya adalah dia membunuh siapapun yang berani mengungkapkan atau yang mendekati rahasia terbesarnya.

Dalam event Secret Invasion, peran Thunderbolts dan juga Norman Osborn untuk membantu S.H.I.E.L.D. dan Avengers mengusir Skrull terbukti sangat krusial. Osborn mengetahui jika Nick Fury memiliki senjata yang bisa membunuh ratu Skrull hanya dengan sekali serang. Dia pun berusaha untuk mendapatkannya. Osborn juga adalah orang yang membunuh ratu Skrull tersebut hanya dengan sekali serangan.

Dalam event Dark Reign, Norman Osborn merupakan top villain ddari cerita tersebut. Dia mengambil alih posisi pemimpin S.H.I.E.L.D. dan mengubahnya menjadi kelompok (senjata) miliknya yang bernama H.A.M.M.E.R. Itu merupakan Avengers versi Osborn, yang berisi para villain dengan menggunakan topeng para pahlawan terkenal. Rasanya bukan tidak mungkin jika  Marvel Studios mengadaptasi event Dark Reign tersebut.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2