Menyambut perilisan Avengers: Endgame, Greenscene merilis serial artikel bertajuk Avengers: What If, yang merupakan bagian dari rubrik  Extended. Rubrik Extended adalah rubrik tematik yang membahas sisi lain dari suatu Film/Serial TV/Komik.

Nama Doctor Stephen Strange selama ini dikenal sebagai sosok yang jenius dan ahli di bidang sihir. Wajar kalau Strange disebut sebagai Sorcerer Supreme alias penyihir agung karena kejeniusannya untuk mempelajari berbagai ilmu sihir. Strange juga bisa mempelajari berbagai ilmu sihir dalam waktu singkat, berbeda dengan murid-murid the Ancient One pada umumnya.

Dalam ceritanya, kita mengetahui kalau Strange harus berhadapan dengan Kaecilius, salah satu murid the Ancient One yang lebih memilih menjadi pengikut Dormamu dibanding menjadi penjaga Bumi.

Dalam filmnya juga, Strange menolak untuk ikut ajakan dari Kaecilius karena, dia masih menggunakan akal sehatnya untuk berpikir mana yang benar. Namun, bagaimana jika sebaliknya? Bagaimana jika Strange terpengaruh dengan ajakan Kaecilius dan menjadi salah satu pengikut Dormmamu?

Seluruh Sanctum Hancur

Di film Doctor Strange pertama, kita melihat  kalau di dunia ini ada tiga Sanctum yang melindungi dunia dari berbagai serangan sihir. Sanctum pertama ada di Hong Kong, kedua ada di New York, dan yang ketiga ada di London. Saat Strange pertama kali mengetahui jika the Ancient One memiliki sosok seorang murid yang berubah menjadi jahat, yaitu Kaecilius, Strange melihat kalau Sanctum London sudah diserang.

Beruntung, Sanctum New York berhasil diselamatkan oleh Strange yang datang tepat waktu, sebelum akhirnya mereka pergi ke Sanctum di Hong Kong. Di Sanctum New York inilah, Strange dan Kaecilius pertama kali bertemu secara langsung dan bahkan disini juga Kaecilius menawarkan Strange untuk bergabung dengan ajaran Dormamu. Jika Strange menjadi jahat, Sanctum New York juga akan hancur seperti Sanctum London. Begitu juga Sanctum di Hong Kong, dimana Sanctum tersebut merupakan Sanctum terakhir yang menjadi pilar penjaga Bumi di antara semua realitas.

The Ancient One Mati Di tangan Strange

Dalam adegan kejar-kejaran di luar Sanctum New York, Ancient One yang mengetahui kalau Strange dan Mordo sedang mengejar Kaecilius dan pengikutnya mencoba untuk mencegat mereka. Ancient One kemudian membuat sebuah arena bertarung, tempat yang aman bagi mereka untuk bertarung sehingga tidak melukai orang-orang disekitarnya.

Dalam adegan tersebut, Ancient One dan Kaecilius saling bertarung. Meskipun Ancient One mampu untuk menangkis berbagai serangan Kacilius, di akhir-akhir dia sempat lengah dengan membiarkan tubuhnya tertusuk oleh Kaecilius. Cerita itu mungkin akan berbeda bila Strange menjadi jahat dan pengikut Kaecilius. Dengan kekuatan yang dimiliki, bukan Kaecilius yang akan membunuh Ancient One melainkan Strange dengan kekuatan yang sudah dia pelajari dan Ancient One akan mati sia-sia.

Bumi Akan Takluk

Dalam film Doctor Strange, kita melihat bagaimana dahsyatnya kekuatan Dormamu yang menutupi kota Hong Kong. Strange harus masuk ke dalam “tubuhnya” untuk bisa berbicara langsung dengan Dormamu. Jika Strange mengikuti jejak Kaecilius menjadi pengikut Dormamu, tentunya Strange tidak akan melakukan hal itu dan memberi penawaran berulang-ulang sampai Dormamu bosan.

Namun hal sebaliknya justru akan terjadi, Strange dan Kaecilius akan bertahan sekuat tenaga agar tidak ada satu pun yang berhasil mengganggu mereka. Ada sosok Baron Mordo dan Wong, namun bagaimana pun sihir keduanya tidak mampu untuk melawan kekuatan pengikut Dormammu. Artinya, tidak ada yang bisa mencegah Dormamu untuk mengeluarkan semua kekuatannya sehingga Bumi akan diselumuti kegelapan.

Avengers vs Dormammu

Ancaman Dormammu sangat nyata, apalagi dengan kehadiran Kaelicius dan Doctor Strange di pihaknya tentu membuat Bumi dalam keadaan genting. Hal ini dipastikan akan menarik perhatian Avengers dan merubah susunan kisah MCU. Jika ancaman utama mereka seharusnya adalah Thanos, maka dengan kemenangan Dormammu dkk melawan Ancient One, para Avengers harus melawan Dormammu dkk. terlebih dahulu.

Hal ini juga turut merubah peran beberapa karakter. Seperti Baron Mordo ( jika ia masih hidup ), yang tentunya akan menyimpan dendam mendalam pada Strange yang telah membunuh Ancient One. Dalam cerita ini Baron Mordo kemungkinan besar akan membantu Avengers untuk mengalahkan Dormammu dan Strange meskipun kekuatan sihirnya tidak sedahsyat Doctor Strange.

Hanya saja akan sangat sulit memprediksi bagaimana pertarungan antara Avengers melawan Dormammu. Karena selama ini, yang para Avengers lawan adalah musuh dengan kekuatan fisik, bukan sihir. Masih ada harapan di tangan Thor, namun dengan keberadaan time stone di pihak Dormammu, maka pertarungan ini akan jadi sangat sulit dan panjang.

Kehadiran Thanos

Jika semua hal diatas terjadi, maka Dormammu akan jadi pemilik time stone yang akan sulit untuk di kalahkan. Ia hanya tinggal memutar balik waktu jika ancaman para Avengers berhasil mengusik keberadaannya. Dormammu juga dipastikan akan menjaga Doctor Strange sebagai aset berharga bagi dirinya. Namun ancaman nyata yang lebih dahsyat akan datang, yaitu Thanos bersama para Black Order. Apa pun yang terjadi di Bumi, Thanos akan tetap datang untuk mengambil time stone.

Di titik ini, pertarungan dahsyat akan terjadi, Dormammu vs Thanos vs Avengers akan terjadi. Sayangnya Avengers akan sangat kesulitan untuk membendung peperangan antara dua ancaman terbesar di semesta ini. Jika mengacu pada Avengers: Infinity War, peran Strange yang melihat 14 juta kali kemungkinan menang melawan Thanos membuat ceritanya berlanjut ke Avengers: Endgame. Tapi tanpa Strange, para Avengers akan benar-benar kehilangan ide dan kesempatan untuk melawan Thanos dan Dormammu. Avengers hanya diibaratkan sebagai lalat kecil di banding 2 pihak lain yang saling berperang. Maka akankah momen itu akan jadi kehancuran semesta kita?

Baca artikel lain seputar Avengers: What If, klik DISINI.