Menyambut perilisan Avengers: Endgame, Greenscene merilis serial artikel bertajuk Avengers: What If, yang merupakan bagian dari rubrikĀ  Extended. Rubrik Extended adalah rubrik tematik yang membahas sisi lain dari suatu Film/Serial TV/Komik.

Loki Laufeyson adalah anak dari penguasa Asgard, Odin, dan juga adik dari Thor. Dari sejak kecil, mereka sudah tumbuh bersama-sama, bermain bersama, dan bertarung bersama. Sejak mereka remaja, keduanya selalu memimpikan untuk menjadi penguasa Asgard untuk menggantikan ayahnya.

Namun, seperti yang diceritakan baik di komiknya ataupun di MCU Loki ternyata tidak mendapatkan apa yang dia mimpikan tersebut. Kakaknya, Thor, justru di anggap yang layak yang dipilih untuk menjadi pemimpin bangsa Asgard yang baru. Hal ini membuat Loki marah dan akhirnya berbuat kekacauan baik di Asgard maupun di dunia. Namun bagaimana jika terjadi sebaliknya? Bagaimana jika Loki menjadi raja Asgard? Mari kita runut berbagai raction chain bila hal itu terjadi.

Loki Jadi Raja Asgard

Selama ini Loki selalu digambarkan sebagai sosok jahat dan penuh unsur tipuan. Tapi sebab dari sifatnya tersebut adalah kecemburuan. Ia cemburu dengan segala yang Thor raih. Kegemilangan dalam perang dan di anggap pemimpin oleh semua orang. Loki selalu menjadi nomor dua bagi siapa pun dan Loki selalu merasa dirinya tidak pernah mendapatkan perlakuan yang sama dengan Thor.

Namun, Thor sendiri awalnya berambisi untuk menjadi raja. Ia merasa dirinya telah layak, tapi tidak dengan Odin. Odin merasa Thor harus banyak belajar hingga ia “menghukum” Thor dengan menjatuhkannya ke Bumi beserta Mjolnir yang saat itu tidak bisa ia gunakan karena dirinya “belum layak”.

Tapi bagaimana jika ada cerita alternatif dalam moment tersebut? Bagaimana jika Loki tidak memiliki sifat iri seperti yang kita kenal selama ini, juga mampu menerima keadaan apapun dengan lapang dada ( lebih bijak ). Tentunya Odin akan mempertimbangkan keputusannya untuk memilih Loki sebagai penguasa baru Asgard dibandingkan Thor sekaligus sebagai pengguna Mjolnir. Karena meskipun “anak tiri”, Odin tetap menyayangi Loki layaknya anak sendiri.

Dengan dipilihnya Loki sebagai penerus tahta Odin di Asgard, dan Thor yang “belum dewasa”, pastinya akan membuat Thor iri dengan adik tirinya tersebut. Bisa jadi Thor juga akan melakukan apapun untuk kembali mendapatkan tahta kerajaan Asgard yang seharusnya menjadi miliknya.

Namun bagaimana pun Thor tidak memiliki sifat dasar yang licik dan kejam. Maka Odin yang mengetahui jika Thor sangat berambisi untuk menjadi raja, mungkin masih akan mengirim Thor ke Bumi bersama Mjolnir. Tentu dengan alasan yang sama seperti di filmnya, agar Thor belajar tentang kerendahan hati dari manusia. Hanya saja, selama Thor di Bumi, Loki telah menjadi raja yang “sah” untuk melanjutkan takhta Odin.

Setelah itu, kita mungkin akan melihat yang selama ini kita kenal, yaitu Thor yang telah belajar kerendahan hati dari manusia dan kunjungannya ke Bumi akan tetap membuat ia menjadi bagian dari Avengers.

Menyatukan Dua Ras

Dalam film Thor yang pertama diceritakan kalau sebenarnya Loki bukanlah anak kandung dari Odin melainkan anak angkat. Hal itu terjadi saat bangsa Asgard bertarung melawan salah satu musuh abadi mereka yaitu Frost Giant. Setelah pertempurannya selesai, Odin menemukan sesosok anak kecil yang menangis ketakutan dan kehilangan orang tuanya. Melihat hal itu akhirnya, Odin mengampuni nyawa anak tersebut dan juga diangkat menjadi anak yang sekaligus menjadi adik bagi Thor.

Dengan dipilihnya Loki menjadi raja di Asgard, Loki bisa menjadi sosok pemersatu kedua ras yang saling membenci ini. Apalagi, Loki sekarang sudah memegang Mjolnir, yang artinya seluruh sifat buruk seseorang sudah tidak ada lagi dalam dirinya. Tentunya bukan hal yang mudah untuk menyatukan kedua bangsa ini, perlahan namun pasti ditambah juga pengaruh Loki sebagai pemimpin bangsa Asgard hal itu bukan menjadi sesuatu yang mustahil.

Bergabung Ke Avengers

Dengan Loki yang sudah menjadi penguasa di Asgard, tentunya cerita Battle of New York di film Avengers pertama tidak akan pernah terjadi. Karena bagaimana mungkin seorang raja yang sah mencuri Tesseract di Bumi.

Tesseract masih akan tetap berada di bawah perlindungan SHIELD, dan Asgard sendiri kemudian hanya memiliki Reality Stone yang diambil dari Dark Elves dan di titipkan pada The Collector. Namun momen Loki untuk bergabung dengan Avengers mungkin terjadi di Infinity War.

Loki sebagai raja dari Asgard tentu bertujuan untuk melindungi kerajaannya. Ancaman nyata akan ditemui setelah tahu bahwa Thanos tengah berusaha mengumpulkan keenam Infinity Stones dan menghapus setengah populasi makhluk hidup. Dengan 2 Infinity Stones yang berada di Bumi ( Space Stone/Tesseract dan Time Stones), Loki pasti akan mencegah Thanos berhasil mengumpulkan batu tersebut.

Maka disitulah momen Loki bertemu dengan para pelindung Bumi dan bahu membahu bekerjasama dengan Thor, meski tujuan Loki lebih tepatnya adalah melindungi penduduk Asgard dari kepunahan. Dengan begitu Loki mungkin masih hidup sampai saat ini.

Baca artikel lain seputar Avengers: What If, klik DISINI.