Karakter Gollum di trilogi Lord of the Rings adalah salah satu karakter film yang paling terkenal dalam satu dekade terakhir ini. Penampilan, segala yang dia ucapkan, dan perannya di dalam cerita LOTR membuat Gollum menjadi tokoh yang ikonik. Gollum juga memberikan dampak yang besar untuk industri perfilman itu sendiri, karena dalam pembuatan filmnya, Gollum adalah karakter pionir yang menggunakan teknologi motion-Capture. Meskipun LOTR tidak bercerita tentang Gollum, tapi tentunya dalam trilogi tersebut ada beberapa pertanyaan yang muncul untuk karakter Gollum. Berikut adalah beberapa misteri tentang Gollum yang akhirnya terjawab.


Mengapa Gollum Tidak Membunuh Sam dan Frodo Saat Mereka Tidur?


Saat Gollum pertama kali bertemu dengan Sam dan Frodo dan mengetahui kalau Frodo adalah pengguna cincin tersebut, Gollum memang selalu berusaha untuk menyerang mereka. Tapi, Frodo dan Sam tahu kalau Gollum selalu mengawasi mereka dan itulah alasan mereka berpura-pura tertidur. Saat Gollum setuju untuk mengantar para Hobbit menuju Mordor, Gollum sempat memiliki kesempatan untuk membunuh mereka, tapi Gollum baru melakukannya di film ketiga yaitu The Return of the King.

Mengapa tidak menyerang mereka dari awal? Karena Smeagol (kepribadian lain dari Gollum) berjanji untuk melindungi pemilik dari cincin tersebut. Jadi, ada perdebatan “internal” antara dua kepribadian tersebut apakah harus melanggar janji tersebut atau tidak. Pada akhirnya Gollum melakukannya dan mengatakan kepada Frodo kalau Smeagol berbohong kepadanya.


Mengapa Smeagol Berganti Nama Menjadi Gollum?


Bagi kebanyakan fans The Lord of the Rings pastinya tahu kalau Gollum dulunya dikenal sebagai Smeagol. Bahkan, Smeagol sendiri sebenarnya masih hidup di dalam otaknya dan terkadang melakukan percakapan “internal” dengan Gollum di dalam filmnya. Tapi, dalam beberapa kesempatan setelah dia “dirusak” oleh kekuatan the One Ring dan mengubahnya menjadi sosok seperti yang kita kenal sekarang, dan namanya pun berubah menjadi Gollum.

Alasan dibalik pemilihan nama tersebut cukup mengejutkan. Dia diberi nama Gollum berdasarkan suara yang dia keluarkan saat berbicara. Inti sebenarnya nama Gollum diciptakan sebagai bentuk ejekan terhadap karakternya.


Apakah Gollum Seorang Hobbit?


Jika kita melihat penampilan Gollum, pastinya akan banyak orang yang berpikir kalau Gollum adalah seorang goblin (iblis) atau makhluk gua yang tidak punya tata krama. Tapi, sebenarnya Gollum adalah seorang Hobbit yang kemudian mengecil dan bertambah tua dan begitu terobsesi dengan cincin the One. Gollum dulunya adalah salah satu bagian dari  sub-spesies Hobbit, yaitu Stoors Hobbit yang berasal dari River-folk.

Ketika Smeagol/Gollum masih menjadi Hobbit, dia tinggal di dekat Gladden Fields. Tapi, suatu hari ketika dia sedang memancing, dia menemukan cincin the One dan hal tersebut mengubah hidupnya, penampilannya, namanya, juga gaya berbicaranya sampai saat ini.


Berapa Lama Gollum Memiliki Cincin the One?


Gollum dirasuki oleh kekuatan dari cincin the One selama 478 tahun, sebelum akhirnya dia menghilangkan cincin tersebut dan ditemukan oleh Bilbo Baggins pada tahun T.A. 2941. Sebagai gambaran, seluruh cerita yang ada di dalam trilogi The Lord of the Rings sendiri hanya mencakup 77 tahun jalannya cerita.

Jadi, kurang lebih Gollum sudah dirasuki oleh kekuatan dari salah satu benda paling kuat dan paling jahat di Middle-Earth selama trilogi LOTR terjadi. Tidak heran kalau Gollum sekarang semakin menyusut ukuran tubuhnya. Dia sudah menghabiskan banyak sekali waktunya, dan juga hidupnya di Misty Mountains setelah dia lahir di dekat Gladden Fields pada T.A. 2430.


Apa Hadiah Deagol Untuk Smeagol?


Sebelum Smeagol membunuh Deagol karena cincin the One, mereka sempat berbicara tentang hadiah ulang tahun untuk Smeagol, dan Deagol mengatakan kalau dia sudah menyiapkan hadiah ulang tahun tersebut, lebih dari yang dia bisa dapatkan. Tapi, Smeagol kemudian membunuh Deagol dan hadiah tersebut tidak pernah lagi disebutkan.

Perihal tentang apa hadiah yang akan diberikan Deagol untuk Smeagol sendiri tidak pernah dibahas, baik di bukunya ataupun di filmnya. Tapi, kita bisa “menebak” berbagai kemungkinan tentang apa hadiah yang akan diberikan kepada Smeagol. Deagol sendiri menyebutkan kalau hadiahnya lebih dari yang bisa dia dapatkan. Karena Hobbit tidak terlalu banyak memiliki pemasukan (uang), sepertinya hadiah tersebut hanya berupa buku, jam, atau keju.


Apa yang Dimakan Gollum?


Gollum biasanya hanya memakan ikan mentah ataupun bayi kelinci, yang artinya untuk bisa makan dia harus berburu terlebih dahulu. Dia akan menangkap ikan di sungai dan langsung memakannya tanpa dimasak atau mencari anak kelinci yang kehilangan induknya yang ada di sekitarnya untuk dimakan.

Anehnya, pencernaan Gollum tidak cocok dengan Lembas atau roti untuk bekal perjalanan yang dibuat oleh bangsa Elf. Selain itu juga, pencernaan Gollum tidak cocok dengan semua yang berhubungan dengan makanan kaum Elf.


Gollum Punya Kepribadian Ganda?


Banyak orang-orang dari kaum psikolog menghabiskan waktu dan usahanya untuk mendiagnosa penyakit mental apa sebenarnya yang diderita oleh Gollum selama ini. Mereka sudah menyimpulkan kalau dalam diri Gollum ada disasosiasi, karena Gollum dan Smeagol berada di dalam satu pikiran. Dia selalu menggunakan kata “kita” dan “kami” saat berbicara. Jadi, sepertinya dia sendiri sadar dan tahu tentang identitasnya sebagai Gollum juga sebagai Smeagol.

Tapi, ketika merujuk kepada cincin the One, dia menggunakan kalimat yang menunjukan kepemelikan satu orang, contohnya “My Precious!” Gollum sendiri merepresentasikan sebagian diri dari Smeagol yang terobesi dengan cincin tersebut, itulah mengapa cincinnya selalu dia anggap sebagai seusuatu yang berharga baginya.


Berapa Usia Gollum?


Saat Gollum tewas, diperkirakan saat berusia 589 tahun, yang mana usia Gollum tersebut melebihi usia Hobbit (atau yang pernah menjadi Hobbit) pada umumnya. Hobbit tertua setelah Gollum adalah Bilbo Baggins yang berusia 131 tahun. Usianya bisa lebih panjang dari Hobbit pada umumnya, kemungkinan diakibatkan oleh kekuatan dari cincin tersebut yang ada di dalam tubuhnya.

Yang perlu dicatat juga adalah dia mati bukan karena alasan usianya yang sudah tua, melainkan dia ikut masuk ke dalam lahar Mount Doom untuk mengejar cincin the One yang dibuang ke dalamnya. Jadi, tidak ada patokan asli berapa usia Gollum sebenarnya.


Mengapa Gollum Menginginkan Cincin The One?


Cincin the One adalah benda yang sangat indah, penuh dengan unsur magis, mematikan, dan juga sangat kuat. Ketika seseorang sudah terpikat dengan cincin tersebut, maka dia tidak akan pernah bisa lepas dari “jeratan” cincin tersebut. Cincin tersebut benar-benar bisa merubah seseorang. Itulah mengapa Smeagol berubah menjadi Gollum yang mengerikan setelah dia dikendalikan oleh kekuatan cincin tersebut. Smeagol sendiri tidak bisa mengatur dan mengendalikan kekuatannya.

Tidak semua orang bisa menggunakan cincin the One. Jika ada seseorang yang memiliki kekuatan dari cincin tersebut, maka dia harus bisa bertanggung jawab untuk tidak memenuhi berbagai keinginan jahat dari cincin itu. Itulah alasan mengapa Frodo memutuskan untuk menghancurkannya di Mount Doom. Karena, cincin itu terlalu kuat untuk bisa dikuasai oleh seseorang.