Quantum Realm atau dunia Quantum, diperkirakan akan menjadi faktor penting dalam cerita film Avengers: Endgame mendatang. Dunia Quantum sepertinya akan menjadi pilihan para Avengers untuk mengalahkan Thanos dan mengembalikan bumi seperti semula. Awalnya, teori tentang dunia Quantum ini berkembang di kalangan para fans. Mereka berpendapat jika Avengers dapat melakukan perjalanan waktu melalui dunia Quantum, mereka pun dapat kembali ke masa lalu dan mencegah Thanos mendapatkan keenam Infinity Stones.

Sampai sejauh ini, ada beberapa bukti tentang para Avengers yang memang akan melakukan perjalanan waktu melalui dunia Quantum. Apa saja? Simak pembahasannya di bawah ini ya Geeks!


Alat di Pergelangan Tangan Para Avengers


Alat misterius yang ada di bagian pergelangan tangan para karakter Avengers, pertama kali terlihat di lokasi shooting filmnya pada Januari 2018 silam. Gelang-gelang tersebut digunakan oleh Iron Man, Captain America, Ant-Man, dan Hulk yang ada di tengah-tengah reruntuhan kota yang kemungkinan besar adalah kota New York, dimana di kota tersebut, tragedi besar di film The Avengers pertama pernah terjadi.

Dalam gambar terlihat bahwa para pahlawan Marvel ini menggunakan gelang di belakang pergelangan tangan sebelah kiri, dan sepertinya akan ada sesuatu yang ditambahkan dalam proses editingnya. Alat yang sama juga ditemukan dalam berbagai merchandise figure yang berhubungan dengan Avengers: Endgame ini. Dan yang terakhir, di dalam trailer kedua Endgame, kita bisa melihat Natasha dan Clint saat sama-sama menggunakan gelang tersebut.

Lalu, apa fungsi dari alat itu? tentunya kita harus menunggu sampai filmnya dirilis untuk menjawab pertanyaan tersebut. Tapi, ada kemungkinan keterkaitannya dengan teori dimensi alternatif yang akan membuat mereka bisa kembali ke masa lalu. Alat tersebut mungkin bisa membantu mereka mewujudkan hal itu, dimana alatnya mungkin berfungsi sebagai sebuah GPS atau pemandu para Avengers agar mereka bisa muncul di waktu yang tepat.


Mobil Van milik Luis


Dalam post-credit scene film Ant-Man and the Wasp, Hank Pym, Janet Van Dyne, Hope Van Dyne, dan Scott Lang berada di atap parkiran sebuah gedung dengan sebuah mobil van milik Luis yang di dalam vannya terdapat terowongan dunia Quantum kecil. Scott pun berhasil masuk ke dalam dunia Quantum dalam upayanya untuk mengambil Quantum Healing Particles demi penyembuhan Ghost.

Saat Scott berhasil mendapatkannya dan siap kembali pulang, Scott harus terjebak di dalam sana karena Thanos berhasil menghilangkan Janet, Hank, dan Hope. Dalam trailer kedua Endgame, diketahui kalau Scott masih hidup dan dengan menggunakan mobil Van yang sama dia pergi ke markas Avengers. Sampai sekarang, masih belum diketahui bagaimana Soctt bisa keluar dari dunia Quantum tersebut.

Mungkin skema teori ini akan cocok dengan Avengers: Endgame, dimana Scott Lang akan bergabung dengan para Avengers lainnya dengan menyediakan akses masuk ke dunia Quantum. Hal itu akan mempermudah bagi mereka untuk bisa berubah ke level subatomic dan pergi ke masa lalu.


Gedung Milik Hank Pym


Selain mobil van milik Luis, gedung tempat tinggal Hank Pym sepertinya juga akan muncul di film Avengers: Endgame nanti. Berbeda dengan van milik Luis yang mudah untuk diketahui dan ditemukan oleh para fans, untuk menemukan gedung Hank Pym ini perlu usaha yang ekstra. Dalam trailer kedua Endgame, kita bisa melihat Scott muncul di sebuah jalanan kosong sambil melihat poster orang hilang.

Mungkin secara sekilas tidak akan terlihat, tapi kalau diperhatikan lebih detail, terlihat kalau Scott sedang membawa sesuatu yang dipercaya merupakan gedung Hank Pym. Seperti yang kita pernah lihat di film Ant-Man and The Wasp, gedung milik Hank Pym sempat dirubah ke bentuk yang lebih kecil atau portable. Dalam bocoran foto dari set lokasi sebelumnya juga terlihat kalau Scott sedang menarik sebuah properti yang kemungkinan adalah tiruan dari bentuk gedungnya. Meskipun ada perbedaan dari segi pegangan kopernya, Marvel Studios bisa dengan mudah menambahkan atau mengubah detail tersebut dengan menggunakan CGI.

Lalu, apa kegunaan gedung Hank Pym tersebut? ada beberapa alasan. Pertama adalah untuk membantu sistem kerja dari dunia Quantum. Seperti yang sudah disebutkan di atas, para Avengers sepertinya akan kembali ke pertarungan di New York. Dengan bantuan dari gelang yang mereka pakai, mereka bisa muncul dan tiba di masa yang tepat. Selain itu, kemungkinan mereka juga butuh terowongan yang besar untuk bisa masuk ke dalam bentuk subatomic. Oleh karena itu, gedung Hank Pym memiliki peran disini.


Kostum Baru


Diantara semua ciri-ciri tentang dunia Quantum atau perjalanan waktu, indikasi terbesarnya ada pada kostum terbaru mereka yang akan digunakan dalam film Endgame nanti, yang disebut sebagai “Advanced Tech Suits.” Kostum ini pertama kali terungkap dalam sebuah promotional art dari merchandise berupa figure Rocket Racoon dan Thor. Kemudian merchandise lainnya “bocor” dan memperlihatkan kostum yang sama dengan Rocket dan juga Thor.

Dan baru pada trailer kedua Endgame, akhirnya para fans bisa melihat secara langsung kostum terbaru yang akan mereka gunakan di filmnya nanti. Ada dugaan kuat kalau kostum baru yang mereka pakai tersebut adalah pakaian yang akan digunakan untuk pergi ke dunia Quantum. Dugaan tersebut didasari oleh bentuk dan desain yang sama yang digunakan oleh Hank Pym saat menjemput Janet.

Janet sendiri menjelaskan di film Ant-Man and the Wasp, kalau dunia subatomic atau dunia Quantum tersebut sangat berbahaya bagi pikiran manusia biasa. Oleh karena itu, perlu baju khusus agar mereka bisa selamat dari dunia Quantum. Kemungkinan Tony Stark dan Nebulalah yang akan membuat kostum tersebut (karena Hank Pym menghilang bersama Janet dan Hope) dan menambahkan beberapa modifikasi terbaru untuk kostumnya.

Bos Marvel Studios, Kevin Feige, pernah mengungkapkan kalau dunia Quantum masih akan memiliki peran besar di MCU. Tapi sampai sejauh mana peran tersebut, masih belum diketahui. Tapi, mungkin film Endgame akan sedikit menggali tentang dunia Quantum ini. Mari kita tunggu ya Geeks!