Berkat tangan dingin James Gunn, Guardians of the Galaxy yang notabene merupakan tim kosmik Marvel yang tidak sebeken tokoh superhero lain bisa dirubahnya menjadi salah satu bintang di MCU dengan 2 film standalone yang sudah mereka buat. Konsep film superhero yang Gunn usung pun terbilang unik, dengan perpaduan khas musik klasik dan tone yang penuh warna. Tapi taun lalu, Gunn harus menerima nasibnya setelah dipecat Disney karena masalah cuitan tweetnya dimasa lalu.

Pasca hengkangnya Gunn, Marvel Studios lalu menyatakan bahwa mereka masih tetap menggunakan naskah Gunn untuk Guardians of the Galaxy 3, tetapi mereka kesulitan untuk menemukan sutradara yang tepat untuk mengganti sosok Gunn. Beberapa pilihan favorit seperti Edgar Wright dan Taika Waititi tak kunjung terealisasi. Sementara Disney masih sibuk mencari pilihan yang tepat, Gunn malah menemukan tempat baru di DC untuk mengawasi reboot Suicide Squad. Namun, dalam twist terbaru untuk karir Gunn, kali ini dia kembali untuk menahkodai Guardians of the Galaxy 3.

Dalam laporan Deadline, Gunn telah digaet Disney untuk kembali menyutradarai Guardians of the Galaxy 3. Sebenarnya, dia telah kembali beberapa bulan lalu sebelum berita ini menguak. Kabarnya, Presiden Disney, Alan Horn sangat terkesan dengan permintaan maaf dan tindakan terpuji Gunn pasca kontroversi yang terjadi. Gunn telah menyatakan penyesalannya beberapa kali atas tweet lamanya.

Berita ini mungkin akan sangat diterima dengan baik oleh fans Marvel. Para pemeran The Guardians khususnya Dave Bautista juga dengan lantang berbicara tentang ketidak senangannya saat Gunn dipecat. Salah satu kekhawatirannya adalah resiko ketika membawa orang lain masuk, lalu mengubah style dari yang Gunn telah masukan di film ini dan rupanya Disney sangat menyadari akan hal itu.

Sedihnya, akan membutuhkan waktu yang lebih lama sebelum kita melihat trilogy terakhir GOTG Vol. 3. Pasalnya, Warner Bros mengatur Suicide Squad untuk rilis tahun 2021, dan Marvel setuju untuk menunda Guardians of the Galaxy 3 ini sampai Suicide Squad rampung. Itu berarti MCU telah masuk ke Phase 4 saat film ini hadir di Bioskop, dan itu yang menjelaskan mengapa mereka memprioritaskan Black Widow dan Eternals untuk saat ini.