Marvel Studios masih menyimpan rapat-rapat rencana mereka buat kelanjutan dari Guardians of the Galaxy di MCU. Tapi, Avengers: Endgame bisa jadi solusi. Selain bisa jadi solusi buat ngebawa kembali para Guardians, film Endgame juga bisa nyatuin para pahlawan kosmik dan jadi anggota Guardians of the Galaxy yang baru dengan nama Dark Guardians.


Siapa Dark Guardians?


Buat Geeks yang selalu punya mimpi buat ngeliat para pahlawan kosmik bersatu buat melindungi universe Marvel, kalian bisa kenalan sama Dark Guardians, yang baru-baru ini dikenalin sama Marvel di komik terbaru Guardians of the Galaxy. Dark Guardians diisi para karakter kosmik Marvel, seperti Gladiator, Wraith, Cosmic Ghost Rider, dan Nebula. Tim ini dikumpulkan untuk sebuah misi yang diberikan langsung oleh Starfox, adik dan musuh abadi Thanos.

Satu hal yang jadi “keunggulan” Dark Guardians, mereka adalah pasukan yang ngelindungin galaksi tanpa mencampurkan emosi dalam setiap tugasnya. Itulah hal yang gak dimiliki sama GOTG yang lama. Tapi, karena hal itu juga, terkadang misi yang di emban oleh Dark Guardians terasa lebih mirip seperti misi anti hero. 

Jika menilik di cerita komik, Thanos udah dibunuh oleh anaknya, Gamora. Nyatanya, kematian bukan hal yang bisa menghentikan langkah Thanos. Dia punya rencana buat balas dendam dengan nyari tubuh baru. Artinya Thanos bakalan kembali masuk ke cerita.

Oleh karena itu, target para Dark Guardians ini cuma satu yaitu mencegah Thanos untuk mati. Lalu, gimana caranya? Para Dark Guardians punya rencana buat ngebunuh Gamora agar tujuan mereka terlaksana. Dan cerita ini mungkin bisa di adaptasi ke film Avengers: Endgame, sekaligus jadi fondasi buat cerita film Guardians of the Galaxy 3.


Bagaimana Dark Guardians Versi MCU?


Anggap aja Marvel Studios mau untuk mengadaptasi fondasi cerita Dark Guardians di Endgame, tentunya dengan berbagai penyesuaian. Karena di cerita komik, Gamora awalnya berpihak kepada Thanos, bahkan membantunya untuk mengumpulkan Infinity Stones. Meski akhirnya dia dikendaliin oleh kekuatan itu, ngebunuh Thanos dan kemudian tersadar kalau banyak planet yang hancur akibat ulahnya.

Lalu penyesuaian apa yang bisa di terapkan agar Dark Guardians bisa hadir di MCU? Dalam salah satu teori Avengers 4 ini menyebutkan kalau para karakter yang terkena Decimation Thanos sebenarnya gak mati tapi, terjebak di Soul World. Entah apakah hal ini juga berlaku kepada Gamora. Namun jika melihat kembali film Infinity War, saat Thanos mendapatkan Soul Stone. Thanos masuk ke dunia Soul World dan ada Gamora kecil di dalamnya.

Artinya masih ada harapan bahwa Gamora bisa “kembali hidup” di MCU. Nah setelah kembalinya Gamora yang merupakan aspek paling penting di skenario ini, tinggal bagaimana caranya membuat Gamora menjadi sosok sentral untuk mengalahkan Thanos. Yang ternyata di kemudian hari, kematian Thanos bisa berakibat lebih fatal. Hingga sampai akhirnya Dark Guardians terbentuk untuk membatalkan kematian Thanos.


Dark Guardians Vs Guardians Asli


Kemunculan Dark Guardians di MCU juga bisa jadi jalan buat kembali menyatukan para Guardians yang asli di film ketiganya. Siapa yang bakalan diam waktu kekasihnya terancam. Hal inilah yang berlaku buat Peter Quill alias Star-Lord yang mungkin akan langsung melindungi Gamora habis-habisan waktu dia tahu nyawa Gamora dalam bahaya.

Begitu pula dengan para anggota GOTG lainnya, Drax yang awalnya gabung ke GOTG demi balas dendam ke Thanos, tentunya butuh alasan baru buat melanjutkan hidupnya. Rocket juga pastinya bakalan butuh alasan lainnya buat ngelindungin para anggota GOTG.  Nebula? Jika dirinya berada di pihak GOTG, tentu lebih memilih melindungi kakaknya di banding membunuhnya.

Kalau memang Marvel Studios mau mengadaptasi cerita ini, mereka juga punya kesempatan buat ngenalin berbagai villain kosmik, antihero, atau mungkin pahlawan lainnya di MCU. Udah dari lama para fans atau penonton Marvel ingin ngeliat Nova Corps muncul di MCU dan Dark Guardians juga bisa jadi jalan masuk buat kemunculan Nova. Pokonya, dengan cerita Dark Guardians ini, Marvel bisa mulai cerita baru dari Guardians of the Galaxy dengan fresh!

Mungkin teori ini masih terlalu jauh dari kenyataan. Tapi, gak salah kan kalau kita ngarepin cerita Dark Guardians udah dipersiapin sama James Gunn di naskah GOTG Vol 3?