Para penggemar film Transformers, pastinya seneng banget dengan pencapaian yang udah film ini dapetin di awal kemunculannya. Tapi, sebelumnya masih belum jelas bagaimana film Bumblebee yang tahun kemarin dirilis bisa terhubung dengan film Transformers garapan Michael Bay. Saat para penggemar mulai berspekulasi tentang hal ini, sepertinya Hasbro, salah satu perusahaan mainan yang menciptakan Transformers, punya jawabannya.

Menurut salah satu situs penggemar Transformer, TFW2005, Hasbro ngumumin dalam acara New York Toy Fair kalau Bumblebee adalah sebuah universe baru dari franchise ini. Bumblebee sendiri bisa jadi sebuah acuan baru buat film Transformers mendatang. Meskipun secara komersial filmnya gak sepopuler dan meledak seperti film Transformers awal, Bumblebee tetap mendapatkan pemasukan yang luar biasa dan mendapatkan tanggapan positif baik dari kritik ataupun penonton.

Pada awal kemunculannya, film Transformers garapan Michael Bay memang sukses buat ngedapetin banyak penonton. Bukan berarti Michael Bay tidak bisa menanggapi dengan benar sebuah sekuel. Hanya saja banyak banget penonton atau kritik yang gak paham dengan apa yang coba dia interpretasikan. Sang sutradara sepertinya lebih suka buat “meledakan” para penonton dengan berbagai adegan aksi dibandingkan dengan jalan cerita atau materi aslinya yang disukai sama para fans.

Lorenzo Bonaventura, produser film Bumblebee, pernah mengatakan kalau dirinya punya rencana buat film Bumblebee. Tapi, kita juga masih belum tahu film seperti apa yang akan dibuat untuk sekuel Bumblebee. Mudah-mudahan saja Hasbro masih akan terus melanjutkan jalan cerita yang sesuai dengan semangat dari film Transformers dibandingkan dengan film-film mereka sebelumnya.