Ronan The Accuser | Charpedia

Nama Lengkap Ronan
Alias Ronan The Accuser
Origin Kree
Tempat Lahir Hala
Kewarganegaraan Kree Empire
Universe Earth-616
Kreator Stan Lee & Jack Kirby
Kemunculan Perdana Fantastic Four #65
(Agustus, 1967)

Origin

Ronan diciptain sama Stan Lee dan Jack Kirby dan pertama kali muncul di Fantastic Four #65 (1967). Ronan ini dilahirin sebagai salah satu anggota kerajaan aristokrasi Kree di planet Hala. Setelah Ronan nyelesaiin pendidikan formalnya, ia terdaftar di Kree Public Accuser Corps dan ngelanjutin pelatihannya dengan baik disana.

Akhirnya karena sebuah
insiden yang terjadi di perbatasan Kree, dia berhasil menghentikan armada kapal Skrull saat memasuki wilayah udara Kree. Karena aksi heroiknya itu, dia diangkat sebagai Supreme Accuser dari Kree Empire yang bertanggung jawab buat negakin hukum dan dekrit dari Supreme Intelligence.

Major Story Arcs

Versus the Fantastic Four.

Tugas Ronan ngebuatnya ketemu dengan banyak pahlawan Bumi. Pertemuan pertamanya sama pahlawan Bumi adalah dengan Fantastic Four. Ketika Fantastic Four lagi liburan di pulau T-Vu di Pasifik Selatan, mereka diserang sama Kree Sentry 459 yang di tinggalin di pulau itu selama ribuan taun lalu buat ngejaga pulau itu dari penyusup.

Nah ketika Fantastic Four sukses ngehancurin Sentry, Supreme Intelligence mengirimi mereka sebuah mimpi, dimana mereka diperintahin buat nunggu persidangan dan eksekusi mereka oleh Ronan. Tapi tiba-tiba Ronan kemudian melakukan serangan terhadap Fantastic Four. Tapi sayangnya dalam pertempuran itu Ronan harus kalah melawan Fantastic Four.

Inhumans
Ronan lagi bareng pasukan Kree pas mereka nyoba nyerang the Inhumans. Ronan terlihat
pertama kali ketika Black Bolt dan Medusa datang ke atas kapal buat ngeliat siapa aja yang nyerang the Inhumans. Black Bolt yang ngeliat Ronan langsung tancap gas buat menyerangnya, Tapi Black Bolt malah kejebak di sebuah medan statis.

Ronan kemudian ngasih tau Black Bolt yang pingsan bahwa segalanya bakal berubah dan ngebeberin kalau para Inhumans itu sebenernya adalah milik Kree yang diciptain buat jadi pelayan mereka dan bakal dikirim keseantero galaksi. Dia juga ngasih tau para Inhumans bahwa Black Bolt-lah yang bakal jadi komando kedua setelah Ronan.

Ronan kemudian ngirim para Inhumans buat ngelawan kapal Shiar dan gak lupa juga mengirim Black Bolt, Medusa dan Gorgon kesebuah tempat pemberhentian di galaksi buat ngebunuh penguasa Shi’ar. Ronan lalu ngeliat bagaimana Maximus memimpin Alpha Primitives buat nyerang Negative Zone. Nah, diakhir penyerangan itu, Ronan ditantang sama Black Bolt buat berduel buat menangin kebebasan para Inhumans. Dan Ronan pun kalah (lagi).

Annihilation

Dalam story arc Annihilation, Ronan dituduh ngelakuin pengkhianatan dan diapun mau gak mau harus ngebersihin nama baiknya. Ronan pun kemudian ngelakuin perjalanan ke planet Godthab Omega buat nemuin seorang saksi yang udah ngasih kesaksian buat ngelawannya.

Di planet ini juga Ronan ketemu sama pembunuh Gamora dan kelompok prajuritnya yang dikenal sebagai the Graces, yang salah satunya orangnya adalah Tana Nile. Ronan akhirnya dapet jawaban darinya bahwa Fiyero House lah yang merencakan
pengkhianatan terhadapnya, namun Tana Nile udah keburu meninggal sebelum
nama-nama yang terkait dengan pengkhianatan itu terungkap.

Akhirnya Ronan balik ke Hala buat mertahanin kerjaan Kree dari Annihilation Wave yang mendekat kesana. Dia bergabung dengan United Front yang dipimpin sama Nova sebagai upaya bertahan dari Annihilation Wave. Sambil bertahan, Ronan juga ngebawa Super Skrull buat melengserkan House Fiyero. Setelah menghajar Ravenous sampe pingsan dan membunuh para House Fiyero. Ronan akhirnya keluar dari tempat itu dan menjadi penguasa Kree Empire.

Powers

Ronan punya kekuatan, stamina, dan kecepatan melebihi manusia normal. Bahkan menggunakan armornya, Ronan bisa ngangkat beban lebih dari 10 ton. Sama kayak Wolverine dia juga punya healing factor yang lumayan cepet. Sebagai Supreme Accuser dia tentu aja punya taktik, keterampilan tempur yang baik, dan punya kecerdasaan diatas rata-rata.

Kemampuannya buat beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda pun tergolong baik. Ronan biasanya memakai Armor Cybernetic yang ningkatin semua kemampuan alami serta ngelindunginya. Armornya berisi pemindai, perangkat penyelubung yang juda bisa ngehasilin listrik, dan ngemungkinin penggunanya buat ngebekuin target.

Menjadi Kree Supreme Accuser, Ronan juga menggunakan Universal Weapon. Tapi yang  dipegang Ronan adalah yang paling kuat. Senjata ini ngemungkinin si penggunanya buat nembakin ledakan energi, dan nyiptain medan gaya.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/