Salah satu pencapaian terbesar dari film Bumblebee adalah mengembalikan cerita tentang kehancuran Cybertron dan pertarungan abadi antara Autobots dan Decepticons, sebelum mereka tiba di bumi. Sebagian besar film-film Transformer terdahulu, yang digarap oleh Michael Bay, melewatkan sejarah tersebut. Hal tersebut membuat para penonton bertanya-tanya tentang cerita origin dari perseteruan kedua klan tersebut.

Namun, di film Bumblebee yang disutradarai oleh Travis Knight, para penggemar tidak lagi harus mendengar narasi panjang dari Optimus Prime atau Megatron tentang konflik besar mereka di galaksi tersebut. Film ini justru diambil dari cerita tentang rumah para Transformers, memperlihatkan bahwa film War for Cybertron sepertinya berpotensi untuk dibuat. Dan itulah yang dibutuhkan oleh franchise ini untuk mengulang semuanya.

Seperti yang kita ketahui, Hasbro dan Paramount saat ini tengah berusaha untuk membangun ulang sebuah cinematic universe khusus untuk Transformers. Tentunya yang mereka butuhkan adalah sebuah ‘awal’ yang baru. Potensi ‘awal’ itu tampaknya bisa kita simak di film Bumblebee. Pertama adalah saat adegan pembuka ada sebuah adegan flashback yang memberikan detail bagaimana Optimus Prime mengirim Bumblebee sebagai seorang penjaga bagi bumi, dalam pencarian tempat berlindung bagi para Autobots, yang kalah dalam pertempuran melawan Decepticons.

Banyak juga yang bisa digali lebih dalam lagi dari Bumblebee, yang bisa digunakan untuk “memperbaiki” franchise dari Paramount sebelumnya. Kita bisa melihat versi generasi pertama dari Optimus Prime dan Bumblebee dan juga dari beberapa Decepticon.

Hal itu membuktikan bahwa Travis Knight dan Christina Hodson berusaha untuk menggambarkan sumber aslinya ke layar lebar dalam bentuk live-action. Mereka juga berusaha untuk menghindari desain yang kompleks dan rumit seperti yang diterapkan dalam film Michael Bay sebelumnya. Tentu agar para penonton bisa lebih mudah mengingat karakter favorit mereka.

Dibuatnya film yang berfokus pada perang saudara di Cybertron, juga bisa berarti menjadi sebuah pengenalan karakter yang kurang begitu disorot. Contohnya adalah Megatron, Starscream, Dinobots, Jazz, dan Ratchet. Dengan akhir cerita Bumblebee yang mengubah lini masa dari franchise tersebut hal tersebut bisa menjadi sebuah cerita prelude yang sempurna bagi mid-credit scene di film tersebut.

Origin Story Baru Untuk War for Cybertron

Bagian dari cerita War for Cybertron, sudah direvisi berkali-kali dalam beberapa dekade belakangan ini. Yang paling terbaru adalah cerita dari seri komik Transformers terbaru keluaran dari IDW Publishing. Dalam komik tersebut diceritakan bahwa Optimus dan Megatron mempunyai seorang saudara seperjuangan yang menggunakan kekuasaan militer mereka untuk mengambil alih kekuasaan. Para pasukan Cybertron menjajah bangsa mereka sendiri dan keduanya berusaha untuk menghentikan hal tersebut.

Pihak produser dari franchise ini, Lorenzo di Bonaventura, juga sudah menyebutkan bahwa dirinya sudah mengambil pelajaran dari film-film sebelumnya, apa yang membuat mereka gagal, dan akan kembali membuat dan membangun franchise yang baru berdasarkan kesalahan tersebut. Sebuah film yang berfokus kepada masa lalu Cybertron mungkin bisa menjadi pilihan bagi film selanjutnya dari franchise ini.

Pada intinya, Bumblebee mampu menawarkan sesuatu yang baru bagi universe yang penuh dengan potensi. Selama pihak studio mampu membuat para penonton terhubung secara emosional dengan para karakter robot di film tersebut, seperti Bumblebee, seharusnya tidak akan ada masalah jika mereka terus membuat film untuk franchise ini.