Dalam cerita komik Marvel, Wolverine sudah kembali dari kematiannya. Tapi, hal tersebut justru menimbulkan sebuah kebingungan. Logan muncul kembali dengan kostum baru berwarna hitam, tanpa ingatan sebelumnya, dan juga memiliki kekuatan baru yang merupakan “oleh-oleh” yang dia bawa dari neraka. Sebuah adamantium yang mampu dipanaskan. Kekuatan baru yang dimiliki oleh Logan ini menimbulkan sebuah pertanyaan besar, darimana sumber kekuatan tersebut?

Pada awal pekan kemarin, situs yang membahas berbagai buku komik, Newsrama, mengunggah sebuah tulisan panjang tentang spekulasi dari kekuatan milik Wolverine tersebut. Menurut spekulasi mereka, kekuatan panas yang dihasilkan tersebut ada kaitannya dengan kekuatan Phoenix Force Logan. Setelah Jean Grey muda menghadapi Phoenix Force dan berpisah dari kekuatan tersebut, Phoenix Force kemudian menyatu dengan Logan. Hal itulah yang menjelaskan mengapa dia bisa kembali hidup dengan kekuatan baru tersebut.

Tapi, layaknya sebuah teori pastinya ada masalah dengan teori tersebut, biasanya adalah jalan cerita yang sebenarnya tidak ada hubungannya. Meskipun menarik, tapi penulis Return of Wolverine, Charles Soule, memberikan jawabannya di akun Twitter miliknya. Dia membantah teori tersebut dengan satu kata: “Nope (bukan).”

Bantahan ini tentunya sudah jelas, apalagi diberikan langsung jawabannya dari sang penulis. Tapi, tentu saja Soule lebih memilih untuk tidak mengungkapkan yang sebenarnya dari cerita yang sudah dia buat agar para penggemar terus membuat berbagai teori. Lalu, kekuatan apa yang dimiliki oleh Wolverine jika memang hal tersebut bukanlah energi dari Phoenix Force?

Jawaban sederhananya adalah sama seperti bagaimana Logan mendapatkan cakar adamantium miliknya, hal tersebut diberikan kepadanya oleh sebuah eksperimen. Dari apa yang sudah diketahui sejauh ini, Soteira mencuri tubuh Wolverine dari kepompong Adamantium, dan menghidupkan kembali dirinya demi sebuah tujuan yang jahat.

Tanpa ingatannya, entah memang sengaja atau memang beruntung, grup tersebut bisa saja menggunakan Wolverine sebagai sebuah senjata lagi, dan menambahkan beberapa tambahan baru agar lebih efektif.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.