Komik Infinity Wars milik Marvel sudah merubah pemahaman kita tentang dunia kosmik, dengan mengungkapkan bahwa setiap Infinity Stones, bukan hanya Soul Stone, memiliki dunianya sendiri. Hal inilah yang menjadi rahasia terbesar dari Infinity Stones, mengubah kembali cerita dari komik Marvel dengan berbagai cara yang mengejutkan.

Komik Infinity Wars sudah menunjukan bahwa Infinity Stones mirip seperti sebuah sekering listrik, dengan kekuatan yang mengalir dari satu batu ke batu yang lainnya. Infinity Wars: Sleepwalker kemudian menambahkan detail untuk konsep tersebut, dengan mengungkapkan bahwa masih-masing Infinity Stone memiliki Stone World atau dunianya sendiri. Sebenarnya ada sebuah kemungkinan untuk seseorang berpindah dari satu dunia ke dunia yang lain, dengan syarat dia harus sudah menguasai dunia yang dia tinggali.

Beberapa dunia Stone Worlds tersebut pernah diperkenalkan di komik Marvel, seperti Mindscape. Oleh karena itu, Sleepwalker, seorang makhluk penghuni Mindscape, mulai untuk berpetualang ke Soul World. Untuk melakukan tersebut, dia harus melintasi berbagai batu tersebut sebelum akhirnya dia sampai di Soul World. Dengan begitu dia mampu mencapai keseimbangan kosmik.


Mindscape: Dunia di Dalam Mind Stone


Mindscape adalah sebuah dunia atau alam psikis yang dihuni oleh pikiran dari setiap makhluk hidup yang ada di universe tersebut. Kesedihan, ketakutan, mimpi buruk, depresi, semuanya ada di dalam dunia atau alam tersebut. Sleepwalker adalah “polisi” dari Mindscape. Tugasnya adalah mengalahkan dan mencegah makhluk-makhluk tersebut mempengaruhi pemikiran manusia.

Ada sebuah jembatan yang menghubungkan antara Mindscape dan Fear Dimension atau dimensi ketakutan yang dihuni oleh Nightmare, tapi bagaimana keadaan disana masih belum diketahui banyak. Mindscape sudah muncul di universe komik Marvel sejak 1991, ketika Sleepwalkers pertama kali diperkenalkan, dan menariknya adalah dunia tempat dimana mereka berada adalah salah satu dari Stone Worlds.

Sleepwalker mengerucutkan pemikiran bahwa memang mampu untuk melakukan sebuah perjalanan dari satu Infinity Stone ke yang lainnya, dari satu Stone World ke Stone World lainnya. Dia menyadarai bahwa aksi yang dilakukan oleh Gamora merupakan apa yang dia inginkan sejak lama.


The Arena: Dunia Di Dalam Power Stone


Dunia yang berada di dalam Power Stone diketahui bernama Arena, sebuah tempat dari pertarungan tiada akhir dimana semua hal berusaha untuk menjadi pemenang. Sosok penguasa dari Arena adalah Dynamus, yang menyebut dirinya adalah perwakilan makhluk hidup dari Power kosmik. Masih belum diketahui apakah Dynamus adalah makhluk asli penghuni Arena atau salah satu kreasi Gamora.

Secara visual, dia terlihat seperti perpaduan antara Silver Surfer dan Adam Warlock, yang mana mensinyalkan bahwa dia diciptakan oleh Gamora sebagai penguasa dari dunia tersebut. Ada dua cara untuk meninggalkan Arena. Pertama, kalah dan kemudian mati dan yang kedua adalah memenangkan pertarungan dan pergi dari tempat tersebut. Sleepwalker kemudian memanipulasi Arena di sekitar Dynamus dan akhirnya mengalahkan sang penguasa Power Stone tersebut.


The Vast: Dunia Di Dalam Space Stone


Dunia di dalam Space Stone disebut Vast. Dunia tersebut merupakan alam abstrak dari kekosongan yang tiada akhir. Bahkan Sleepwalker sendiri terguncang dan kaget dengan keadaan di Vast. Di dimensi inilah Sleepwalker banyak menghabiskan waktunya. Karena, pada dasarnya tidak ada siapa-siapa di dalam dimensi tersebut.

Satu-satunya cara untuk keluar dari sana adalah dengan mencari jalan keluar, dan untuk makhluk seperti Sleepwalker yang mampu memanipulasi waktu dan ruang, dialah mungkin satu-satunya makhluk yang mampu keluar dari sana.


The Ellipsis: Dunia di Dalam Time Stone


Dimensi abstrak lain dari Stone World adalah Ellipsis. Hal tersebut yang membuat tempat atau dimensi ini sulit untuk diinterpretasikan. Bahkan bagi Sleepwalker sendiri, berada di Ellipsis menjadi sebuah hal yang tidak pernah dia bayangkan sebelumnya. Meskipun dia hanya beberapa menit di dalamnya, dia merasa bahwa dia sudah menghabiskan waktu berabad-abad untuk keluar dari sana.

Untuk keluar dari Ellipsis, kita harus menguasai kekuatannya secara penuh, mengetahui momen yang pas untuk melompat ke dunia yang lainnya.


The World Pool: Dunia di Dalam Reality Stones


World Pool mungkin adalah dimensi yang paling mengagumkan dibandingkan dengan dimensi yang lainnya yang berada di dalam Infinity Stones. Ada kemungkinan nama Pool sendiri merupakan bentuk penghormatan kepada Deadpool, dimensi ini mirip seperti sebuah buku komik. World Pool sendiri dikuasai oleh makhluk bernama Archivus.

Dia tidak terkejut dengan kedatangan dari Sleepwalker ke dimensi tersebut, dan dia juga mengetahui bahwa Sleepwalker harus pergi ke Soul World. Bahkan dia menyebutkan nama komiknya, Infinity Wars. Tapi, kemudian keadaan menjadi gila dan tidak terkendali ketika penjaga dari seluruh realitas tersebut menyeret Sleepwalker masuk ke dalam buku komik yang diberikan oleh Archivus.

Sleepwalker mengalami pengalaman yang tidak biasa ketika dia masuk ke dalam berbagai realita yang ada di dalam buku komik tersebut. Keberadaan Sleepwalker di World Pool sebenarnya bisa saja membunuhnya, seperti yang diungkapkan oleh Nexus of All Realities, “You are a creature of imagination, but this is a place of idea given form! All but the strongest are destroyed by the “Reality Force” within the Stone! (kau hanyalah seorang makhluk imajinasi, tapi ini merupakan tempat dimana sebuah ide berada! Seluruh makhluk kecuali yang terkuat akan hancur oleh “Reality Force” yang ada di dalam batu ini).”

Hanya bantuan dari Nexus tersebut Sleepwalker kemudian selamat dan berhasil bertahan hidup.