Ini Alasan Mengapa Aquaman Bisa Bicara Dengan Ikan!

0
591

Sudah menjadi sebuah pertanyaan para fans sejak lama tentang sosok Arthur Curry alias Aquaman, bagaimana sebenarnya cara pahlawan DC tersebut berbicara kepada ikan? Dan sudah sejak lama juga DC menjelaskan tentang kekuatan Aquaman ini, dan terungkap bahwa Arthur Curry sendiri pun tidak tahu mengapa dia bisa melakukan hal tersebut.

Pertanyaan tersebut akhirnya menemukan jawabannya, di tengah-tengah bencana hebat dunia yang terjadi di universe DC, dimana seluruh planet tenggelam. Hal tersebut terjadi dalam komik Justice League/Aquaman: Drowned. Dan di komik ini juga kita mengetahui kalau Aquaman memiliki kekuatan kosmik.


Penjelasan Kekuatan Aquaman Oleh DC Sebelumnya


Ada sebuah penjelasan singkat bagi para penggemar yang kurang familiar dengan debat bagaimana Aquaman bisa berbicara kepada ikan. Ketika Geoff Johns me-reboot Aquaman sebagai bagian dari New 52, dia menghadapi sebuah lelucon, edisi pertamanya dibuka dengan Aquaman mengunjungi restoran makanan laut. Tidak hanya dia makan seperti makhluk darat, dia juga secara tegas menjelaskan ketika dia ditanya, “aku tidak berbicara kepada ikan.”

Sebenarnya dia tidak “berbicara” kepada ikan. Lebih tepatnya dia melakukan komunikasi melalui otak para makhluk laut tersebut. Dia akan mengirimkan perintahnya sehingga para makhluk laut mau mematuhi perintah tersebut.


DC Memperkenalkan “Life Force”


Dalam komik Justice League/Aquaman: Drowned Earth Special #1 dan Justice League #11, kita akan dibawa kembali ke masa saat Arthur Curry masih anak-anak. Saat itu, Arthur muda mengaku mampu untuk mendengar apa yang ikan di sekitarnya bicarakan. Dari situ kita mengetahui bahwa ibunya, ratu Atlanna, sang ratu dari Atlantis, menganggap “berkah” anaknya tersebut merupakan sesuatu yang luar biasa sehingga dia perlu mengirim kembali Arthur ke Atlantis, tanpa memberi tahu tentang kemampuannya tersebut. tapi, dalam Drowned Earth Special, akhirnya terungkap. Bahwa semuanya berdasarkan Life Force baru yang mengalir secara tak kasat mata yang ada di universe DC tersebut.

Sebagai pengandaian, Geeks tentunya tahu kalau The Flash mendapatkan kekuatannya dari Speed Force yang terkenal, sebuah energi kosmik yang mengatur seluruh gaya gesek yang ada di seluruh universe. Dan force sendiri, DC sudah menambahkan satu lagi, yang mampu menyatukan seluruh kehidupan dalam sebuah energi kosmik yang masif. Dan itulah kekuatan yang dimiliki oleh Aquaman sejak kecil. Sebuah koneksi yang akhirnya mampu meningkatkan kekuatan Aquaman mencapai level baru. Sebuah anugerah yang akhirnya harus hilang dan direbut oleh Black Manta.


Aquaman Adalah Penguasa Life Force


Seperti yang dijelaskan oleh Admiral laut Tyyde, saat mereka merobek tubuh Aquaman dan melepas kekuatannya, tujuan utama mereka sebenarnya adalah melepaskan “energi kehidupan” yang diberikan kepadanya oleh lautan. Berikut adalah penjelasan Scott Snyder, penulis komik Justice League kepada Newsrama tentang pengenalan Life Force di universe DC.

Satu dari sekian banyak hal yang aku kagumi (dari Aquaman) adalah mengapa dia memiliki kekuatan tersebut. Tidak ada di Atlantis yang mampu memiliki kekuatan seperti itu, karena dirinya adalah setengah warga Atlantis dan setengah manusia. Dan bahkan yang lebih menariknya adalah apa yang mereka wakilkan? Berbicara kepada ikan adalah satu hal tapi, ada arti yang lebih besar bagi mereka, bahkan jika itu adalah batas fisik mereka? membuat kita berpikir tentang arti tersebut.

Bagiku, ide tentang ikan yang berkomunikasi, ikan yang bersekolah, adalah mereka semua juga merupakan akar dari kehidupan yang ada di darat, dan fakta bahwa mereka berkoordinasi satu dengan yang lainnya dan mampu saling berkomunikasi, bahkan dalam bentuk visual agar sekolah mampu melindungi mereka sendiri, adalah seperti rantai keberhasilan yang menuntun kami. Jadi hal tersebut menghubungkan dia (Aquaman) dengan ide utama dari cara yang mana kita butuhkan untuk berkomunikasi dengan yang lainnya, demi bisa bertahan hidup dan berkembang.

Dan kami mengambil (konsep) tersebut kepada cerita ini bahwa semua kehidupan saling terhubung, bukan hanya dalam kehidupan manusia atau mamalia, dan bukan hanya menjadi physical ecosystem tapi, kehidupan tersebut yang berasal dari sebelumnya, semuanya terhubung oleh hal tersebut… Kekuatan Aquaman adalah apa yang sudah ada sejak dulu. Mereka (kekuatan tersebut) tidak pernah berubah. Kami tidak ingin mengembangkan hal tersebut secara radikal. Tapi kami ingin kembali dan melihat jika ada jalan untuk mengembangkan arti dibalik hal tersebut.

Bagaimana Arthur Curry mampu berbicara kepada ikan, sama seperti Barry Allen mampu berlari cepat dibandingkan cahaya. Seperti yang dibicarakan oleh Snyder, Aquaman mampu menguasai Life Force untuk berkomunikasi dengan seluruh kehidupan.


Apakah Aquaman Akan Menggabungkan kembali Life Force?


Geeks tentunya tahu betapa hebatnya Flash dengan Speed Force miliknya. Namun, apakah Geeks pernah membayangkan sekuat apa Aquaman jika dia mampu untuk kembali mendapatkan kekuatan Life Force miliknya? Jika dia berhasil mendapatkan kembali kekuatannya dari Black Manta, dia bisa menggunakan kekuatannya tersebut untuk menggali lebih dalam tentang hidupnya, mengingat dia mampu berkomunikasi dengan seluruh makhluk darat, laut, dan udara. Itu juga artinya Arthur akan terus menjadi bagian dari Justice League untuk melawan kejahatan.

BACA JUGA: Dark Twist Tentang Teori Time Travel Di Avengers 4

DC secara bagus mampu untuk membuat twist cerita di komik ini menjadi menarik karena, tentunya kita tahu bahwa Aquaman mungkin akan kembali mendapatkan kekuatannya, yang akan terhubung dengan Life Force dan menyelamatkan planet ini dalam komik Drowned. Jika hal tersebut adalah hal yang ditawarkan DC, para fans masih akan diperlihatkan bagaimana kuatnya seorang Aquaman, saat dia mengetahui kalau dirinya bukan hanya mampu untuk “berbicara” kepada ikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here