Dalam kisah DC Universe, terdapat sebuah kelompok superhero yang menggunakan kekuatan berasal dari cincin dan cahaya, di mana cahaya-cahaya yang berbeda warna itu memiliki arti yang berbeda dengan kekuatan emosi yang berbeda juga. Tentunya yang sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kalian nama Green Lantern Corps, yang mana sebelumnya petunjuk terlihat tanda-tanda kehadiran Green Lantern dalam Justice League pertama, dan mungkin akan muncul dalam sekuel Justice League, who knows?, namun belum diketahui kebenarannya. Geeks, selain Green Lantern, kalian harus tahu jika ada beberapa Lantern Corps lainnya dengan kekuatan cincin yang berbeda. Siapa saja sih mereka? Check this out Geeks.


Green Lantern Corps


Di sebuah alam semesta, terdapat populasi penduduk asli dari Planet Maltus yang sangat berkembang, mereka telah berevolusi menjadi makhluk abadi dengan kekuatan yang sangat besar dan cerdas. Kemudian mereka mendiami sebuah planet yang terletak di pusat alam semesta, planet Oa, dan menyebut diri mereka sebagai Oans. Namun ada salah satu bagian dari mereka, ilmuwan Krona yang dikenal sebagai pemberontak, melakukan sebuah eksperimen terlarang yang memiliki dampak mengerikan bagi seluruh alam semesta dan menyebut dirinya sendiri sebagai Guardians Of The Universe.

Guardians of the Universe ini menciptakan pasukan pemelihara perdamaian intergalaksi yang disebut dengan Green Lantern Corps. Yang mana di dalamnya untuk setiap Green Lantern dipilih oleh kekuatan Willpower mereka dan dilengkapi dengan alat yang dianggap sebagai salah satu senjata paling kuat di DC Universe, Green Power Ring. Power Ring memungkinkan pemakainya untuk mewujudkan apa yang terdapat di pikiran mereka ke dalam berbagai bentuk dan berbagai sifat lainnya yang hanya dibatasi oleh jumlah kekuatan, willpower dan imajinasi pemakainya. Mereka bertugas melakukan patroli ke semua sektor alam semesta yang mereka pilih untuk dilindungi. Di planet Oa tempat tinggal mereka, di situlah Central Power Battery berada untuk mengisi daya cincin mereka. Total ada sembilan Lantern Corps yang mewakili emosi yang berbeda dan Green Lantern bukanlah satu-satunya kekuatan penjaga perdamaian yang diciptakan oleh Guardians, dan terdapat juga eksperimen masa lalu mereka yang gagal diantaranya adalah Manhunters dan Third Army. Green Lantern Corps diciptakan oleh John Broome dan Gil Kane, yang pertama kali muncul di Showcase # 22. (1959).


Yellow Lantern Corps


Yellow Lantern dibuat oleh Anti-Monitor guna memudahkan rencananya memberi makan New Earth dan Multiverse, selanjutnya Sinetro menjadi Co-Created yang menanamkan rasa takut di alam semesta dan Guardians of the Universe, sehingga mereka terpaksa untuk mengubah hukum dalam Kitab Oa. Sebelum terbentuknya Yellow Lantern Corps, entitas Parallax adalah parasit luar angkasa yang merupakan perwujudan dari rasa takut, di mana rasa takut tersebut disimpan di dalam Central Power Battery di planet Oa. Setelah sekian lama, entitas tersebut dikenal sebagai yellow ‘impurity’, yang menjadi penyebab kelemahan Green Lantern terhadap Yellow Lantern.

Setelah Sinetro berubah menjadi jahat, ia diusir oleh Guardians of the Universe ke Qward yang terletak di Anti-Matter Universe. Ketika ia kembali, diketahui Sinetro memiliki power ring yang menggunakan energi yellow lantern dan setelah melewati beberapa pertemuan dengan Hal Jordan, ia dipenjara di dalam Central Power Battery. Di dalam sana ia bisa menggunakan kekuatan cincinnya, yang dapat mengendalikan rasa takut, berlawanan dengan will power, dan sebagai sumber untuk membangunkan Parallax dari hibernasi panjangnya. Berawal dari sini, Parallax dan Sinestro mempengaruhi atas kekalahan Hal Jordan hingga Green Lantern Corps, hanya meninggalkan satu Green Lantern terakhir, Kyle Rayner. Pada akhirnya ia membangun Sinestro Corps secara rahasia, merekrut makhluk dari semua sektor di alam semesta dengan cara yang sama seperti yang dilakukan Guardian of the Universe untuk Green Lantern Corps. Sinestro memilih Talokian Lyssa Drak untuk menjadi ilmuwan Sinestro Corps dan menjeratnya ke dalam Kitab Parallax.

Setiap anggota Sinestro Corps berada di dekat yellow power ring, bertugas mencari orang-orang yang memiliki kemampuan untuk menanamkan rasa takut yang besar. Yellow power ring ini bekerja seperti layaknya green power ring. Cincin ini dapat diisi ulang dengan Power Yellow Baterry atau melalui sumber daya yang ada di kepala Manhunter.


Black Lantern Corps


Black Lantern Corps terdiri dari berbagai makhluk yang telah terbunuh dan meninggal di seluruh alam semesta, yang jatuh ke dalam wilayah orang mati. Di sana, mereka ditugaskan oleh Lord of The Unliving, Nekron, sebagai bagian dari rencana untuk memulai perang melawan Emotional Spectrum. Saat itu, The Blackest Night Prophecy diucapkan oleh Qull of the Five Inversions, yang meramalkan pada The Blackest Night bahwa akan ada musuh-musuh dari Guardians of the Universe yang bangkit untuk melawan mereka dan menghancurkan apapun yang mereka miliki. Melihat hal itu, Abin Sur berusaha untuk menghentikan ramalan tersebut agar tidak terjadi, dan membawa iblis Atrocitus ke Bumi untuk menemukan pemakai “The Black”. Meskipun dalam kejadian itu Abin Sur meninggal, Atrocitus berhasil menemukan William Hand dan berusaha mengklaim kekuatan yang akan ia lepaskan, namun alien berwujud seram dan berwarna merah ini terlebih dahulu dikalahkan oleh Hal Jordan dan Sinestro. Hal ini memungkinkan William Hand untuk melarikan diri dan membiarkan penciptaan Black Lantern Corps di masa depan.

The Black Lantern Power Battery berisi tubuh dari Anti-Monitor. Tidak diketahui apakah Anti-Monitor masih hidup dalam baterai atau tidak, namun kekuatannya adalah sumber tenaga untuk Black Lantern Corps. The Black Lantern Power Rings yang dikirim keluar memiliki kemampuan untuk menghidupkan kembali orang mati. Orang-orang yang kembali dari kematian ini membentuk Black Lantern Corps.

Black Lantern mempertahankan kekuatan dan kemampuan yang mereka miliki sebelum kematian mereka. Cincin mereka menyediakan beberapa tingkat fungsi, bahkan ketika daya cincin mereka berada pada tingkat 0,0%. Mereka memiliki kemampuan untuk “melihat” keadaan emosional orang lain, sebagai aura yang diwarnai oleh Emotional Spectrumm. Cincin mereka diisi dengan mengeluarkan hati korbannya dan mengubah organ menjadi energi yang bisa diserap oleh cincin.


White Lantern Corps


White Lantern Corps muncul dekat dengan akhir dari Blackes Night, setelah Thaal Sinestro yang telah menyerap Entity of Life malah membiarkan entitas tersebut keluar darinya. Tidak lama setelah itu terjadi, maka Hal Jordan menyerapnya sendiri dan menyebarkan kekuatannya pada sejumlah superhero di Bumi, yang mana beberapa diantaranya adalah Black Lanterns, sehingga dapat menghidupkannya kembali (termasuk Kid Flash, Superman, Superboy, Green Arrow, Donna Troy, Ice dan Animan Man seperti Barry Allen, Hal Jordan dan Wonder Woman, semuanya menjadi bagian dari anggota Lantern yang lain sebelum Black Hand). Dengan menggabungkan semua kekuatan, mereka berhasil mengalahkan Herald of Death, Black Hand, sehingga membiarkan suku Indigo untuk mengambil haknya dan mengalahkan Nekron, Lord of the Unliving. Pada akhirnya White Lantern Corps bubar setelah kejadian tersebut karena Life Entity telah lenyap.

Pada event Day of Light: Aquaman #3, entitas mengungkapkan tujuan dan alasan lain mereka atas kebangkitan para superhero. Ini juga mengungkapkan kepada Brand bahwa Bumi telah mengalami kerusakan yang disebabkan oleh manusia selama bertahun-tahun dan mengatakan juga bahwa serangan Nekron mempeburuk situasi sampai-sampai Bumi bisa saja mati. Mereka yang dibangkitkan oleh White Lanterns, ditugaskan untuk melayani salah satu dari dua tujuan dalam rencana yang dibangun oleh Entity. Semua itu ditujukan untuk mencegah penghancuran Bumi selanjutnya dan menggunakan lebih banyak waktu yang dimiliki Brand untuk menemukan Champion atau dengan mensucikan jiwa mereka dengan mengatasi apa yang menahannya dalam kehidupan. Orang-orang yang harus menyucikan jiwa mereka adalah Ronnie Raymond, Hawkman, Hawkgirl, Martian Manhunter dan Aquaman.

White Lantern Corps dibentuk oleh Entity untuk melawan Nekron dan Black Lantern Corps dan mengakhiri The Blackest Night.


Red Lantern Corps


Red Lantern Corps ini dibentuk oleh Atrocitus, karena kemarahannya yang disebabkan oleh Guardians of the Universe, yang mana Manhunter telah berhasil membantai hampir seluruh sektor luar angkasa miliknya. Mengingat bahwa kemarahan Red Lanterns terpusat karena kehilangan, dia mungkin merasa marah terutama atas hilangnya sektornya, atau milyaran tahun hidupnya hilang karena dirinya terjebak di dalam penjara.

Red Lanterns power ring ini menggunakan darah mereka sebagai sumber utama untuk senjata mereka. Darah mereka, diisi cepat oleh cahaya merah dengan terdapat emosi kebencian, berfungsi seperti napalm tetapi pada tingkat yang jauh lebih kuat. Ini telah terbukti sangat mampu membakar sesuatu melalui konstruksi bahkan membakar Green Lanterns terkuat.

Seperti Green Lanterns, Red Power Ring mampu menciptakan konstruksi energi. Banyak yang menyadari bahwa mereka dapat melakukannya. Keadaan mental yang marah dari Red Lanterns cenderung membuat mereka berfokus pada serangan terkait darah atau fisik daripada penggunaan konstruksi energi. Red Lanterns juga mampu bertahan di ruang terbuka dan penerbangan antar bintang.


Blue Lantern Corps


Blue Lantern Corps didirikan oleh Ganthet dan Sayd, dua mantan Guardians of the Universe. Karena berani mengakui The Black Night Prophecy, maka dari itu mereka diusir dari planet Oa. Setelah pengasingan mereka, Ganthet dan Sayd menetap di planet Odym untuk menciptakan Blue Power Ring pertama, dan akhirnya Blue Lantern Corps tercipta dan dibuat untuk membawa harapan ke masa depan yang cerah, dengan kehancuran yang begitu banyak.

Blue Lantern Corps memiliki proses rekrutmen yang sangat unik. Setiap Blue Lantern dipilih oleh Blue Lantern dari sektor sebelumnya dan dibawa ke hadapan Ganthet dan Sayd di planet Odym, untuk dievaluasi. Evaluasi tersebut terdiri dari pengajaran-pengajaran Corps, yang menilai karakter, dan melatih anggota baru dalam semua hal yang menurut mereka perlu diketahui untuk menyebarkan kekuatan Blue Light of Hope. Jika, setelah tiga hari mereka dianggap layak, kandidat tersebut kemudian dilantik ke dalam Blue Lantern Corps dan memulai pencarian baru untuk Blue Lantern berikutnya.

Didukung oleh Blue Light of Hope, Blue Lanterns Corps telah ditugaskan membawa harapan ke alam semesta yang mengalami putus asa, untuk melihat bahwa harapan itu ada, melalui masa-masa kegelapan yang terbentang di masa depan. Corps dipimpin oleh Saint Walker. Namun, sampai sekarang, Blue Lantern Corps telah diberantas dan Saint Walker, telah kehilangan harapannya membuat Corps tidak berguna.


Orange Lantern Corps


Ribuan tahun yang lalu, lima pencuri merompak planet Maltus – yang dulunya adalah rumah bagi Guardians of the Universe. Di antara banyak harta yang bisa mereka curi adalah sebuah kotak dan tampaknya merupakan peta harta karun. Peta tersebut, diciptakan oleh ilmuwan Krona Maltusian, yang mengarah keluar dari sistem ke Okaara, jauh dalam Vega System. Pencuri itu sekarang berjumlah empat, setelah satu hilang dalam pelarian mereka dari Maltus ke Manhunter yang menjaga harta karun – membagi peta menjadi beberapa bagian di antara mereka dan mengikuti arah peta ke Okaara.

Sesampai di sana, mereka melakukan perjalanan ke Forest of Weeds, pada akhirnya mereka tersesat pada lokasi harta karun yang dijanjikan peta tersebut: dalam kehancuran di bawah tanah, Orange Power Battery menanti mereka. Ketiga pencuri berusaha secara bersamaan untuk mengambil kotak itu sendiri. Guardians dan skuadron Manhunters telah melacak jejak pencuri tersebut hingga ke Okaara. Sebagai pencuri, mereka berjuang untuk memiliki power battery, usaha dan keserakahan mereka membangunkan kekuatan itu. Orange Power Ring yang begitu besar sehingga membakar semua penghalang, sejumlah Guardias, dan salah satu pencuri.

Untuk menjaga cahaya orange dari sisa alam semesta dan memulihkan kotak curian (penjara Parallax), Guardian membuat kesepakatan dengan para pencuri yang tersisa. Sebagai imbalan atas kotak itu, mereka akan meninggalkan Vega System dan tidak pernah kembali dan mengganggu, selama mereka berada di sana. Tawar-menawar itu mengandung satu syarat tambahan: cahaya orange hanya akan diizinkan menjadi penjaga utama. Terganggu oleh keserakahan mereka, para pencuri berjuang sampai hanya satu yang tersisa, Larfleeze. Para Guardians berangkat dan tinggal selama ribuan tahun – bahkan sampai mengumumkan bahwa Sistem Vega berada di wilayah yurisdiksi Green Lantern Corps.

_

Geeks, yang mana nih Lantern Corps favorite kalian? jika mempunyai request yang ingin dibahas, saran atau ulasan, bisa dengan mengisi kolom komentar di bawah ini ya Geeks.

1 KOMENTAR

Comments are closed.