Penayangan perdana film Breathe yang di sutradarai oleh Andy Serkis menjadi film pembuka di Edisi ke 61 dari BFI London Film Festival pada rabu malam, selain itu ada juga beberapa aktor yang terlibat dalam proyek film ini tampil di atas pangung, seperti Andrew Garfield dan Claire Foy.

Must Read : Ternyata Hubungan Jim Carrey Dan Tommy Lee Jones Saling Bermusuhan!

Film Breathe ini menceritakan kisah aktivis hak penyandang cacat yaitu Robin Cavendish (Garfield) yang menderita polio di tahun 1950-an, berjuang agar setiap orang cacat bisa mendapatkan hak yang sama dan juga kebebasan agar bisa tinggal di luar area rumah sakit karena saat itu para penyandang cacat di haruskan dinggal di bangsal rumah sakit.

Sumber Gambar : Just Jared

sebelumnya film ini sudah pernah di perkenalkan pada event Toronto Movie Festival tetapi ada beberapa cast yang tidak bisa ikut serta. Namun pada event BFI London Film Festival seluruh cast dan keseluruhan crew bisa hadir dan memberikan sambutan seperti Tom Hollander (David Blacker), Hugh Bonneville ( Teddy Hall), Serkis dan produser partner Jonathan Cavendish yang merupakan anak dari Robin Cavendish.

Selain itu beberapa cast mengungkapkan jika mereka senang bisa terlibat dalam proyek film ini, seperti Claire Foy yang antusias menghabiskan waktu untuk lebih memahami karakter Diane Cavendish, bahkan Foy berkata jika ia merasa seperti tidak membuat sebuah film. Selain itu ada juga beberapa kejadian menarik saat acara ini berlangsung seperti demonstrasi kecil yang di lakukan sekelompok pekerja di luar area London Film Festival yang meminta untuk meningkatkan upah yang lebih tinggi.

Aktor Andrew Garfield yang memerankan karakter Robin Cavendish menanggapi demonstrasi tersebut dan mengatakan “ini sesuatau yang luar biasa, saya yakin karakter yang saya perankanpun memperjuangkan sesuatu yang penting untuk kelangsungan hidup sekelompok orang, saya berharap bisa bersama mereka di luar sana sekarang ini”. Tampaknya banyak hal positif yang mereka dapat saat memproduksi film Breathe ini sampai membuat mereka bisa merasakan apa yang sedang di perjuangkan orang-orang di luar sana.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/