Spider-Man adalah salah satu karakter Marvel terpopuler dan hal yang membuat Spider-Man menarik adalah betapa banyaknya villain yang dihadapinya, namun satu yang bisa dikatakan sebagai arch-nemesis dari Spider-Man itu sendiri tidak lain adalah Green Goblin. Identitas asli dari Green Goblin sendiri adalah Norman Osborn, ayah dari sahabat Peter Parker yaitu Harry Osborn. Dinamika yang menarik inilah yang sering disorot dalam komik Spider-Man. Selama perkembangan ceritanya, Norman Osborn sering merepotkan kehidupan Peter Parker tapi yang paling mengenang adalah saat dia menjadi orkestra event Clone Saga. Norman Osborn juga mengalami beberapa kejadian besar dalam hidupnya, mulai dari tewas terbunuh Goblin Glider, bangkit lagi, sempat menjadi director H.A.M.M.E.R (pengganti S.H.I.E.L.D.) di cerita Dark Reign, dan yang terbaru kehilangan Goblin Serum. Namun Norman tidak puas menjadi Osborn biasa saja, dia tetap ingin membangkitkan alter-ego dirinya Green Goblin, namun kesulitan karena serumnya sudah dimatikan oleh nanit yang ditanamkan oleh Spider-Man saat dia masih “bekerja” di Parker Industries.

Norman Osborn pun mencari berbagai cara bagaimana agar ada suara di dalam pikirannya lagi, mulai dari mistik dan yang terakhir, menggunakan symbiote Carnage milik Cletus Kasady. Norman Osborn pun menggunakan symbiote tersebut dan bertransformasi sebagai Red Goblin. Disamping itu, ada tiga hal berbahaya yang bisa mengancam Spider-Man ataupun kehidupannya sebagai Peter Parker dari Norman Osborn sebagai Red Goblin ini. Penasaran apa saja? Simak poin-poinnya berikut ini dibawah ini ya Geeks. (Perhatian: berikut ini akan ada spoiler)

 


Carnage Adalah Symbiote Terganas


Kita tahu bahwa symbiote (atau nama resmi mereka, Klyntar) adalah makhluk yang menggantungkan hidup pada inang atau makhluk hidup lain, di komik era 90-an, mereka bersifat parasitik, namun pada retcon komik yang lebih modern, sebenarnya mereka adalah alien yang bersifat sebagai penjaga galaksi. Diceritakan pula bahwa mereka alien yang mudah terkorupsi oleh inangnya, maka dari itu, jika symbiote mendapat inang yang tidak stabil/jahat, maka cenderung akan berpikir dan bertindak sesuai keinginan inangnya.

Kletus Casady adalah pembunuh berantai yang berada di sel penjara di sebelah sel Eddie Brock (Venom saat itu), symbiote dari Eddie saat itu terpisah sepotong atau “melahirkan” symbiote baru. Lalu bagaimana jika symbiote tersebut mendapat pembunuh berantai sebagai inangnya? Maka Carnage-lah yang didapat. Bahkan kedahsyatan Carnage mendapat event tersendiri yaitu Maximum Carnage, yang Venom pun kewalahan menghadapi Carnage sehingga berdamai sebentar dengan Spider-Man demi menangkap Carnage. Sudah jelas bukan bahwa Carnage bukan musuh yang bisa dipandang enteng?


Symbiote + Goblin Formula = Bencana!


Seperti yang kita tahu, symbiote bekerja pada level molekul, ini artinya siapapun yang memiliki symbiote bisa mengubah tampilan luarnya sesuka hati karena symbiote memiliki kemampuan itu, atau menambahkan kemampuan dari inang pertamanya, contoh yang paling terkenal adalah mampunya symbiote mengeluarkan benda seperti jaring laba-laba karena pertama kali dikenakan Peter Parker. Lalu bagaimana apabila kemampuan seperti itu dikombinasikan dengan kecerdasan yang diberikan oleh serum Goblin? Pastinya akan menjadi ancaman ganda bagi Spider-Man, karena selama ini kebanyakan musuh dari Peter sendiri hanya antara kuat secara fisik, atau sangat cerdas.


Mengetahui Identitas Peter Parker


Alasan berikut ini adalah mengapa Red Goblin sebagai musuh terbaru dari Spider-Man bisa menjadi sangat mematikan. Itu karena Red Goblin adalah Norman Osborn! Seperti yang diketahui, Norman Osborn adalah salah satu orang yang mengetahui identitas Spider-Man cukup awal dari kemunculan komiknya, tapi semua itu sebenarnya sudah sempat terhapuskan (di storyline One More Day jika masih ingat), namun pelan-pelan kekuatan dari mantra Mephisto tersebut pudar, apalagi kalau bukan tindakan Peter yang baik secara sadar atau tidak sadar membocorkan identitasnya lagi ke orang-orang terdekatnya.

Tindakan tersebut tentunya membawa dampak berantai, apalagi di cerita terbaru, salah satu orang yang diberitahu tidak sengaja membocorkan identitas rahasianya ke Norman Osborn, itu sebabnya hal ini menjadi bahaya besar bagi Peter Parker, karena kehidupan pribadinya akan terancam lagi.

Itulah tiga alasan mengapa Red Goblin bisa menjadi musuh paling membahayakan bagi Spider-Man. Lalu bagaimana menuurut kalian, pantaskan Red Goblin menjadi villain terkuat Spider-Man? Berikan pendapatmu dikolom komentar dibawah ini ya Geeks!