Illuminati Dan Sepak Terjangnya Di Marvel Universe

Created By :
Via is reader, writer, and music playlist consultant for Greenscene.co.id, she is our little sister.

Geeks, kalian pernah mendengar Illuminati? Bukan, bukan, Illuminati ini bukan kelompok organisasi misterius yang di cap buruk oleh masyarakat, tapi Illuminati ini adalah kelompok yang dibentuk Iron Man dkk di Marvel Universe. Nah kali ini kita akan mengulas lebih dalam mengenai sejarah terbentuknya Illuminati dan sepak terjangnya. Yuk langsung kita simak dibawah ini Geeks!


Apa Itu Illuminati?


Illuminati dibentuk saat terjadinya peperangan antara bangsa Kree-Skrull. Diinisiasi oleh Iron Man yang ingin melakukan tindak pencegahan agar para alien tersebut tidak datang kembali ke Bumi, ia menyadari diperlukan sebuah langkah konkret untuk mengantisipasi hal tersebut. Maka bersama T’Challa/Black Panther, ia mengusulkan untuk mendirikan sebuah pemerintahan superhumans. Ia lalu mengundang beberapa pemikir hebat di Marvel Universe, seperti Doctor Strange, Profesor Xavier, Namor, Black Bolt, dan Reed Richards. Namun, Namor menolak, dengan alasan terlalu banyak superhero yang dulunya adalah seorang villain. Begitu pun anggota lainnya yang menolak karena memiliki alasan individu.

Tetapi akhirnya Illuminati tetap terbentuk, hanya saja T’Challa (Black Panther) tidak ikut bergabung dan setiap anggota Illuminati mewakili aspek masyarakat dari sudut pandang yang berbeda, setiap anggota juga dianggap sebagai master yang mewakili bidang keahlian mereka sendiri. Nah, setelah sejarah singkat terbentuknya Illuminati, sekarang mari kita ulas sepak terjang mereka di beberapa event besar dan penting Marvel Universe.


Skrull Empire


Illuminati melakukan perjalanannya menuju homeworld of the Skrull, yang masih terpuruk karena kekalahan mereka selama dalam perang antara Kree-Skrull di Bumi. Lalu, kelompok superhero ini membuat sebuah kesepakatan dan muncul dihadapan kelompok Skrull untuk memperingatkan kepada mereka agar tidak mencampuri urusan di Bumi. Namun, rencana Illuminati tidak berjalan dengan lancar, mereka ditangkap oleh para Skrull. Sehingga para Skrull dapat menganalisis tawanan mereka (Illuminati) dari segi fisiologi, genetika, teknologi dan mengumpulkan informasi dari tingkah laku mereka, beruntungnya Iron Man berhasil memimpin para anggota Illuminati untuk kabur.

Illuminati menyadari bahwa akan ada serangan lagi kepada mereka yang tidak bisa dihindari, sementara Skrull Empire mulai memanfaatkan data para anggota Illuminati yang telah mereka kumpulkan sebelumnya. Dengan menggunakan tiruan dari Reed Richards, skrull menyamar sehingga tidak dapat terdeteksi oleh para supehero dan menyebabkan kekacauan.


World War Hulk


Maria Hill berbicara kepada Iron Man mengenai Hulk, yang baru saja menghancurkan Las Vegas. Hill pada dasarnya memberi tahu Iron Man, walaupun Hulk dan pahlawan lainnya pernah mencoba menolongnya, pada akhirnya harus disalahkan karena Hulk mengamuk. Sebenarnya, mereka memiliki kekuatan untuk menghentikannya, tetapi memilih untuk tidak melakukannya karena persahabatan mereka dengan Hulk. Illuminati (tanpa Profesor X yang hilang) berinisiatif untuk melenyapkan Hulk mengirimkannya jauh ke luar angkasa ke sebuah planet tak berpenghuni, di mana ia bisa menjalani sisa hidupnya sendirian, seperti yang ia inginkan. Dengan alasan keamanan dunia jika sewaktu-waktu Hulk mengamuk, juga mereka menganggap Hulk menjadi penyebab kerusakan dan berbahaya jika tetap berada di Bumi. 

Namor sendiri, tidak setuju dengan rencana tersebut. Ia percaya bahwa mereka tidak memiliki hak untuk mengusir sahabat mereka dari Bumi dan menuduh mereka tidak berbuat banyak untuk menyembuhkan Banner. Empat anggota lainnya setuju dengan rencana tersebut, dan Namor memilih pergi. Namor juga mengatakan bahwa Black Panther benar, dan meramalkan bahwa Hulk akan kembali untuk membalaskan dendamnya yang mengakibatkan event World War Hulk.


Civil War


Dilatar belakangi kecelakan yang menimpa para Young Avengers dan kecurigaan masyarakat pada para superhero. Iron Man mengumpulkan anggota Illuminati untuk mengenalkan mereka tentang Superhuman Registration Act, sebuah undang-undang yang mengharuskan setiap superhero memperkenalkan identitas diri mereka yang sebenarnya. Ia merasa hal ini perlu dilakukan untuk melindungi rasa aman masyarakat dan mengantisipasi jika ada yang superhero salah langkah dan memicu bencana.

Namun Namor Doctor Strange dan Black Bolt tidak setuju. Hanya Mr. Fantastic yang setuju dengan ide dari Tony Stark, seperti yang diprediksi oleh Black Panther. Mayoritas dari mereka yang tidak setuju beralasan bisa membuat perpecahan diantara para superhero, dan benar saja, terjadi perpecahan diantara mereka dan terbagi menjadi dua kubu, satu yang pro dipimpin oleh Iron Man dan mereka yang kontra, dipimpin oleh Captain America.

Meskipun Illuminati tidak pernah bertemu atau menjalankan tugas mereka sebagai sebuah kelompok selama Civil War, tindakan mereka dalam menghadapi konflik mencerminkan reaksi mereka seperti saat pertemuan pertama. Iron Man dan Mr. Fantastic menjadi dua anggota utama yang pro-registration dan bekerja sama dengan pemerintahan Amerika Serikat dan S.H.I.E.L.D. Sedangkan, Doctor Strange tetap berusaha untuk menghindari konflik, ia menghabiskan waktu untuk berpuasa dan bermeditasi di Arctic, namun ia mengaku menyesal karena kurang melibatkan dirinya dalam konflik tersebut. Black Bolt bersama para Inhumans juga tetap menghindari konflik, tapi hubungan mereka merenggang dengan Amerika Serikat. Namor hanya terlibat untuk kepentingannya, termasuk pembalasan atas kematian sepupunya dalam tragedi Stamford, dan datang untuk membantu pasukan Captain America dalam pertempuran terakhirnya. Profesor Xavier tidak berada di Bumi selama konflik. Akhirnya, Civil War membubarkan kelompok  Illuminati, masing-masing anggotanya terpecah dan berpisah.


Infinity Gauntlet


Setelah peristiwa Civil War berakhir, terungkap apa saja yang dialami oleh Illuminati diantara formasi anggota dan pembubaran kelompok mereka. Mr. Fantastic/Reed Richards mengungkapkan bahwa ia telah berhasil mendapatkan Infinity Gauntlet dan mengumpulkan beberapa Infinity Gem, berharap bisa mengumpulkan semua Gems dengan bantuan dari Illuminati. Kemudian, Richard berhasil menemukan sisanya dan mengusulkan Infinity Gem tersebut disimpan agar tetap aman, sehingga villain seperti Thanos tidak akan memiliki dan menggunakan Infinity Gem untuk kepentingan dirinya sendiri yang bertujuan untuk menghancurkan Bumi.

Ketika Reed Richard mengetahui bahwa ia tidak dapat menggunakan Gauntlet untuk dirinya sendiri, ia menyebarkan masing-masing Infinity Stone kepada anggota Illuminati untuk disimpan dan diamankan, diantaranya kepada Reed Richard (Power Gem), Profesor X (Mind Gem), Doctor Strange (Soul Gem), Namor (Time Gem), Iron Man (Reality Gem), dan Black Bolt (Space Gem), dan masing-masing dari mereka bersumpah untuk tidak menggunakan Gem itu untuk kepentingan pribadi.


Secret War


Setelah Secret War, Profesor Xavier menemukan bahwa kekuatan kosmik yang dikenal sebagai Beyonder sebenarnya adalah inhuman hasil dari Terrigen Mist. Illuminati (minus Tony Stark) memutuskan untuk menghadapi Beyonder, namun mereka dikejutkan oleh kekuatannya yang membuat mereka menjalani fantasi dari keinginan terbesar mereka sendiri.

Lalu Beyonder pun menawarkan ‘hadiah’, seperti yang memungkinkan Black Bolt memilliki kemampuan berbicara normal, dll. Keadaan sempat gamang, tetapi mereka dapat mengatasi keinginan mereka dan meminta Beyonder untuk pergi. Kelompok Illuminati juga meyakinkan Beyonder untuk berhenti ikut campur atas urusan di Bumi, saat Namor berbicara atas nama Black Bolt sebagai King of the Inhumans. Akhirnya Beyonder menghilang dan Illuminati bisa pergi dan percaya bahwa hari itu telah diselamatkan.


Colliding Universes


Ide yang dibuat oleh Illuminati benar-benar tidak terwujud, sampai suatu hari di Wakanda, Black Panther dan rakyatnya menemukan sebuah portal yang mengarah ke alam semesta alternatif. Ia berkonflik dengan seorang wanita yang diketahui sebagai “Black Swan” seorang misterius mempunyai kekuatan super, yang ditugaskan untuk menghancurkan salah satu Bumi. Menyadari bahwa Bumi ini akan bertabrakan dengan dua alam semesta lainnya, Black Panther segera menangkap Black Swan.

Kemudian, T’challa/Black Panther kembali mengumpulkan anggota Illuminati, memperingatkan mereka tentang apa yang telah diketahuinya, dan dengan kehadiran Black Swan menyadarkannya bahwa serangan akan terjadi lagi. Mereka membuat sejumlah langkah untuk menghentikan Black Swan, salah satunya menggunakan Infinity Stone. Illuminati memasang kembali Infinity Gauntlet dan berharap hal yang dilakukan ini akan berhasil. Disisi lain, Captain America berhasil menghentikan serangan lainnya, namun saat dalam perlawanan, semua Infinity Gems hancur berantakan. Dengan situasi yang kacau, Illuminati menyadari bahwa mereka mungkin harus siap untuk menghancurkan seluruh dunia, namun Captain America menolak keras untuk mengikuti ide tersebut dan itu hanya dilakukan sebagai cara terakhir. Illuminati memahami bahwa Captain America akan melakukan apapun untuk menghentikan rencana mereka, dan Tony Stark menginstruksikan Dr. Strange untuk menghapus ingatan Captain America tentang apapun dan mengeluarkannya dari Illuminati.

Setelah mencari tahu banyak metode untuk mengatasi kekacauan ini, mereka memutuskan untuk menguji apakah mereka bisa mengevakuasi isi Bumi yang lain sebelum menghancurkannya. Mereka pergi ke alam semesta alternatif di mana mereka menemukan Galactus memakan salah satu Bumi untuk menghindari serangan. Kemudian, Illuminati bertemu dengan Terrax, anak buah Galactus, yang mereka tangkap dan dibawa kembali ke Bumi.

Setelah kembali ke Bumi, Illuminati menginterogasi Black Swan sekali lagi, dan ia mengungkapkan bahwa serangan tersebut merupakan hasil kelahiran dari “The Great Destroyer”. Sementara itu, serangan lain telah terjadi di Latveria. Lalu, Illuminati bergegas mencoba menghentikannya, tetapi Black Swan menunjukkan bahwa langit bersinar biru berlawanan dengan warna merah, warna yang biasa muncul ketika sebuah peristiwa serangan ini terjadi. Juga menunjukkan kedatangan makhluk yang disebut Mapmakers, makhluk yang ada untuk menghentikan serangan dengan menginfeksi dan memperbaiki salah satu Bumi setelah menstabilkan salah satu Bumi tersebut. Setelah menyadari Bumi lain sudah mati berkat Mapmakers ini, Illuminati menghancurkannya.

_

Itulah sejarah dan beberapa event penting yang dilalui oleh Illuminati, dari awal terbentuk hingga Illuminati dibubarkan. Mugkin akan menarik jika Marvel Studio bisa mengangkat kisah Illuminati kedalam film live-action MCU, mudah-mudahan saja ya Geeks. Kalian juga dapat menambahkan komentar atau pun ulasan kalian mengenai Illuminati di bawah ini ya Geeks.