Harry Potter and the Prisoner of Azkaban, Wolverine, Thor, I Am Legend, Man Of Steel dan banyak lainnyaadalah deretan berbagai film besar yang ditolak oleh Guillermo del Toro. Namun dari semua itu, ternyata ada satu penawaran yang disesali dirinya karena ia tolak, yaitu bekerjasama untuk membangun Monster/Dark Universe.

Dalam sebuah wawancara bersama TimesTalk, ia mengungkapkan hal tersebut. Ia juga mengatakan jika dirinya sangat mencintai monster-monster klasik seperti Frankenstein dan The Creature From The Black Lagoon sudah terkenal, lalu Universal menghampirinya dan menawarkan kesempatan untuk memimpin serangkaian film baru berdasarkan monster satu dekade lalu, seperti kutipan dibawah ini :

“Saya telah mengatakan tidak pada hal-hal yang sangat besar dan saya tidak pernah menyesalinya, tetapi anda tahu? Satu-satunya yang membuat saya menyesal adalah pada tahun 2007, ketika Universal dengan cara yang sangat lembut dan cantik mengatakan apakah anda ingin mengambil alih Monster Universe? Dan mereka menjanjikan saya beberapa properti. Namun saya tidak mengambilnya, saya menyesal. Jadi ini adalah pengakuan dosa, saya bertobat.”

Meskipun telah direncanakan hampir sepuluh tahun lamanya, namun Dark Universe yang dimulai dengan film The Mummy di cap mengecewakan. Peforma mengejutkan dengan pendapatan dan kritik yang negatif membuat masa depan Dark Universe dipertanyakan.

Tentunya dengan hasil seperti itu mungkin del Toro pun tidak akan tergoda untuk terlibat didalamnya saat ini. Kecuali ia ingin merombak keseluruhan Dark Universe, meskipun jika benar, tampaknya hal itu tidak akan terjadi dalam waktu dekat, mengingat ia akan berisitirahat selama 1 tahun dan bersiap memproduksi film selanjutnya berjudul Fantastic Voyage.