Penggemar Star Wars mungkin akan terkejut mendengar bahwa sutradara terkenal Guillermo Del Toro hampir saja menjadi sutradara film Star Wars, yang bakal menceritakan karakter Jabba the Hutt. Kabar ini dikonfirmasi oleh Del Toro sendiri melalui media sosialnya, namun akhirnya proyek film ini batal dibuat. Del Toro tadinya memiliki ide untuk membuat film Star Wars versinya bergaya The Godfather, namun berfokus pada perjalanan Jabba the Hutt dalam meraih kekuasaan dengan metode yang tidak konvensional.

Pada tahun 2015, Del Toro juga pernah mengungkap rincian tentang ide tersebut dalam sebuah wawancara dengan Yahoo!. Walaupun terdengar seperti ide impian, ide ini nyaris menjadi kenyataan. Proyek tersebut bahkan telah mencapai tahap di mana seorang penulis naskah sudah ditunjuk. David S. Goyer pernah mengungkapkan bahwa dirinya adalah penulis naskah yang hampir mewujudkan visi Guillermo Del Toro untuk Star Wars. Ceritanya dia anggap menarik,  sebab cerita tentang bagaimana Jabba menjadi penjahat yang sangat berkuasa belum pernah diceritakan dalam Star Wars.

Film tersebut juga akan memberi Guillermo Del Toro kesempatan untuk membawa penonton ke sudut-sudut galaksi Star Wars yang belum pernah dilihat di layar lebar sebelumnya. Dan mengingat bahwa Jabba sudah ada sejak Star Wars: Episode I – The Phantom Menace, cerita ini juga akan membawa penonton kembali ke periode waktu yang menarik untuk disimak. Meski idenya menarik, Disney dan Lucasfilm memutuskan untuk bergerak ke arah yang berbeda. Pada akhirnya Disney dan Lucasfilm memilih untuk membuat dua spinoff yaitu Rogue One dan Solo.

Guillermo Del Toro adalah sutradara berbakat Hollywood yang sudah banyak mendapat pencapaian. Tahun lalu menjadi tahun istimewa baginya ketika film Pinocchio versinya dirilis, yang pada akhirnya membawanya meraih Academy Award untuk kategori Best Animated Feature. Saat ini, Del Toro juga tengah disibukkan untuk membuat beberapa film seperti Scary Stories to Tell in the Dark 2, Frankenstein, dan The Buried Giant. Apakah di masa depan, Del Toro bakal mendapat kesempatan kembali menyutradarai film Star Wars? Kita tunggu aja ya Geeks!

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/