Meski mengalami penurunan jumlah penonton, harus diakui bahwa film superhero masih mendominasi Hollywood. Kita bisa melihat studio besar yang berlomba-lomba membuat film bertemakan superhero, seperti Warner Bros dengan DCU, Disney dengan MCU, hingga Sony dengan SSU. Karena menghasilkan pundi-pundi uang yang masif, wajar jika mereka terus membuat film-film tersebut. Meskipun menghasilkan uang yang sangat banyak, tetapi ada beberapa sutradara yang menolak untuk menyutradarai film superhero, dalam kasus ini adalah film DC. Siapa saja sutradara yang menolak menyutradarai film DC? Simak berikut ini!

Quentin Tarantino

Geeks masih ingat dengan film Green Lantern yang rilis pada tahun 2011? Film yang dibintangi oleh Ryan Reynolds itu dianggap gagal, baik oleh kritikus maupun penonton biasa. Karena gagal total, Warner Bros kemudian membatalkan dua lagi sekuelnya yang sudah mereka siapkan. Nah sebelum Martin Campbell didapuk sebagai sutradara, ternyata ada nama besar yang hampir menjadi sutradara film ini. Dia adalah Quentin Tarantino yang sebelumnya sukses menggarap film Kill Bill yang ikonik. Kabarnya Warner Bros pernah menawari Tarantino sebagai sutradara film Green Lantern, tetapi Tarantino menolak tawaran itu karena naskahnya dianggap tidak menarik. Padahal, dia adalah sutradara yang gemar membaca komik superhero.

Michelle MacLaren

Pada tahun 2017, Warner Bros dengan DC Studios menggarap film Wonder Woman yang dibintangi oleh Gal Gadot. Film tersebut sukses besar, dan mendapat ulasan yang positif. Kesuksesan film itu tidak lepas dari tangan dingin Patty Jenkins, yang didapuk sebagai sutradara, dengan naskah garapan Allan Heinberg. Sebelum Jenkins terpilih sebagai sutradara, ternyata Michelle MacLaren sudah lebih dulu ditawari untuk menggarap film Wonder Woman. MacLaren pun setuju, dan sempat ikut dalam pengembangan filmnya. Tetapi MacLaren memutuskan hengkang dan menolak melanjutkan pembuatan filmnya karena adanya perbedaan kreativitas.

Wes Craven

Geeks masih ingat dengan 4 film Superman yang dibintangi oleh Christopher Reeve? Film-film tersebut rilis di antara tahun 70-an hingga 80-an. Namun film terakhirnya yaitu Superman IV: The Quest for Peace gagal total, baik dari segi pendapatan maupun kualitas. Film tersebut disutradarai oleh Sidney J. Furie. Tetapi nih Geeks, sebelum Sidney didapuk sebagai sutradara, sebenarnya ada nama lain yang diincar untuk menyutradarai film tersebut yaitu Wes Craven. Tetapi ditengah pengembangan filmnya, Craven memilih hengkang karena visinya tidak sejalan dengan produser maupun sang aktor utama yaitu Reeve. Sehingga ia pun akhirnya menolak untuk melanjutkan pembuatan filmnya dan hengkang.

Guillermo del Toro

Rasanya semua orang tahu dengan sutradara satu ini. Del Toro adalah sutradara yang sukses menggarap film besar seperti Hellboy, Pan’s Labyrinth, The Shape of Water, dan masih banyak lagi. Nah menariknya, Guillermo Del Toro pernah masuk radar Warner Bros untuk menyutradarai film Man of Steel yang rilis tahun 2013 lalu. Del Toro pernah diajak oleh David S. Goyer (yang ketika itu menjadi produser Man of Steel) untuk menyutradarai Man of Steel. Tetapi sayangnya, Del Toro menolak tawaran untuk menyutradarai Man of Steel karena dia harus lebih dulu menggarap film adaptasi At the Mountain of Madness. Dan setelah dia menolak tawaran menyutradarai Man of Steel, film At the Mountain of Madness juga dibatalkan.

Steven Spielberg

Sebelum dipilihnya Richard Donner sebagai sutradara film DC Superman (1978), produser Alexander Salkind mengincar sutradara beken lainnya yaitu Steven Spielberg. Meski ketika itu karier Steven Spielberg masih belum banyak, tetapi dia sudah cukup terkenal. Namun ketika Salkind menawarkan pekerjaan itu, Spielberg menolak tawaran itu karena dia harus menggarap film Close Encounters of the Third Kind. Nah sebelum mengincar Spielberg, Salkind terlebih dahulu melihat kesuksesan film Jaws yang Spielberg sutradarai. Dan setelah film Jaws sukses besar, Salkind mengincar Spielberg, meski akhirnya Spielberg menolak tawaran itu.

Itulah dia Geeks beberapa sutradara yang menolak untuk menyutradarai film DC. Padahal jika mereka bersedia menyutradarai film DC, kemungkinan popularitas mereka akan semakin meningkat. Di antara para sutradara tersebut, mana yang menjadi favorit kalian Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/