Portgas D. Ace dikenal sebagai salah satu anggota dari kru bajak laut Whitebeard. Kru bajak laut Whitebeard memang terdiri dari berbagai divisi, dan Ace sendiri merupakan pemimpin dari divisi dua. Meskipun sempat menaruh dendam kepada Whitebeard, Ace pada akhirnya menjadi salah satu kru yang paling setia kepada sosok Whitebeard.

Tapi, jauh sebelum Ace bertemu dengan Whitebeard dan kelompoknya, Ace merupakan kru di kelompok bajak laut Spade. Sayangnya, sejauh ini sangat sedikit sekali informasi yang didapatkan tentang kelompok bajak laut Spade. Berikut adalah beberapa trivia tentang bajak laut Spade berdasarkan novel One Piece: Ace’s Story Vol. 1.

Cerita Origin

Bajak laut Spade terbentuk ketika Ace dan Masked Deuce berhasil kabur dari kapal bajak laut tempat mereka bergabung, the Striker. Sejak dari sana, tindakan Ace mulai menarik perhatian banyak orang. Satu persatu mereka kemudian mulai bergabung dengan Ace. Sebagian besar kru bajak laut Spade memang belum pernah ditampilkan dalam cerita utama One Piece. Beberapa diantaranya adalah Mihar, Skull, Ganryu, Finamore, Saber, Aggie 68, Ducky Bree dan masih banyak lainnya.

Eskipun berbagai karakter ini memiliki latar belakang yang berbeda-beda, mereka memiliki satu kesamaan yaitu mereka sama-sama menganggap Ace sebagai sosok yang luar biasa. Sama seperti Ace memandang Whitebearad sebagai pemimpin yang kuat. Skull merupakan salah satu contoh orang yang bergabung karena kekagumannya terhadap Ace.

Skull juga merupakan karakter orisinal – tidak pernah muncul selain di novel ini – dan seseorang yang sangat setia kepada Ace. Dia menyelamatkan nyawa Ace dan Masked Deuce dari serangan pemburu bayaran yang mencoba untuk menyerang kapal mereka. Mihar juga menjadi contoh lainnya, seseorang yang mengagumi Ace dan juga Deuce. Deuce, Mihar, dan Skull merupakan orang yang berada dibalik layar dari berbagai skema yang dilontarkan oleh Ace.

Mereka akan memberikan feedback kepada Ace terkait dengan rencana yang dia buat, baik rencana untuk melawan bajak laut lainnya, pemburu bayaran, dan juga angkatan laut. Mereka pun sempat mengalami beberapa petualangan, bertarung bersama menghadapi angkatan laut dan pemburu bayaran, sebelum kemudian dia tiba di Wano dan bertemu dengan Tama. Tama sendiri kemudian tumbuh dengan mengidolakan sosok Ace.

Apa Yang Terjadi Kepada Bajak Laut Spade?

Sebagian besar kru Bajak Laut Spade masih hidup. Ketika Whitebeard menyatukan kru mereka dengan armada perang Whitebeard, banyak dari mereka mendapatkan peran baru di kapal Whitebeard. Masih belum diketahui bagaimana nasib mereka setelah Whitebeard tewas dalam persitiwa Marineford. Tapi, besar kemungkinan mereka selamat.

Sama seperti kru Whitebeard yang lain, untuk saat ini mungkin mereka memutuskan untuk pensiun dan menyebar ke berbagai wilayah untuk beristirahat. Bisa jadi mereka menunggu seseorang yang tepat – seperti Luffy – untuk kembali bertarung dan kembali dari masa pensiunnya. Sisa kru bajak laut Spade bisa menjadi tambahan tenaga di perang puncak nanti, ketika Luffy akan menghadapi pertarungan terakhirnya.

Untuk saat ini, kru Bajak Laut Spade yang dibentuk oleh Ace dan Masked Deuce hanya tinggal kenangan dari masa lalu. Tapi, mereka mungkin masih memiliki peran penting di cerita masa depan One Piece. Bisa jadi juga mereka akan bergabung dalam perang besar di Wano ini. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Eiichiro Oda akan menghadirkan kru Bajak Laut Spade ke dalam timeline utama One Piece.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.