Dalam sejarah kemunculannya di DC Comics, Bruce Wayne alias Batman memiliki beberapa anak yang pernah dia rawat bahkan ada juga anak yang merupakan darah dagingnya sendiri. Bruce Wayne merupakan sosok yang memiliki trauma besar dalam hidupnya, mengingat dia menyaksikan dengan mata kepalanya sendiri bagaimana kedua orang tuanya tewas di depan mata.

Bruce kemudian mencoba merubah rasa takut dan trauma dalam hidupnya untuk menjadi senjata membasmi kejahatan. Dia memastikan hal tersebut tidak lagi terjadi kepada anak-anak lainnya. Yang menarik adalah di sepanjang karirnya sebagai penjaga kota Gotham, ternyata Bruce Wayne memiliki anak yang dia rawat dan jaga. Bahkan, para anak-anak Batman tersebut kemudian meneruskan perjuangan ayahnya dan bahkan menjadi sidekick atau asistennya.

Dick Grayson

Dick Grayson merupakan Robin pertama sekaligus menjadi sosok pertama yang membuka jalan bagi berbagai sidekick Batman selanjutnya. Bruce sendiri mengadopsi dan merawat Dick Grayson seperti anaknya, setelah mengetahui apa yang terjadi kepada Dick. Dalam cerita komiknya, kedua ayah Dick tewas karena kecelakaan saat beraksi di atraksi sirkus. Mengetahui potensi yang dimiliki Dick, Bruce pun kemudian mengadopsinya.

Bruce Wayne kemudian menjadikan Dick Grayson sebagai Robin, yang notabene adalah sidekick pertamanya. Bruce mengajari semua hal kepada Dick, mulai dari bagaimana menghadapi kejahatan, bertarung, menggunakan senjata, dan sebagainya. Bruce selalu menganggap Dick adalah anaknya yang tidak pernah dia miliki. Bahkan, Alfred juga begitu peduli terhadap Dick. Setelah cukup lama menjadi Robin, Dick sendiri kemudian memilih jalannya dengan menjadi Nightwing.

Tim Drake

Selain Dick Grayson, sosok yang juga pernah mengisi posisi Robin adalah Tim Drake. Kemunculan Tim Drake sebagai anak adopsi Batman dan juga Robin benar-benar mengubah drastis peran sidekick tersebut. Tim bahkan jadi salah satu nama besar di DC Comics. Kemampuan Tim sebagai Robin dianggap mampu melampaui berbagai Robin lainnya. Bahkan, dalam beberapa hal dia juga mampu melampaui kemampuan Batman.

Contohnya, dia pernah mengalahkan Lady Shiva beberapa kali. Padahal, Bruce Wayne sendiri kesulitan menghadapinya. Dalam beberapa edisi di Detective Comics, Tim juga membuktikan bahwa dia lebih cerdas dalam hal teknologi. Meskipun begitu, Tim Drake memiliki keganasan dan kebrutalan yang tidak kalah dari Batman yang mana membuatnya jadi salah satu sosok anak Batman yang tidak kalah berbahaya dari sang ayah.

Jason Todd

Bagaiman Jason Todd menjadi anak Batman sangat menarik. Dia ketahuan hendak mencuri roda dari Batmobile. Meskipun begitu, Batman tetap menghargai anak tersebut. Sebelumnya, Jason Todd adalah anak yang keras kepala dan pemarah. Emosinya yang meledak-ledak sering kali membuatnya berada dalam situasi yang sulit. Bahkan, ini juga yang menjadi alasan mengapa dia tewas dalam salah satu cerita populer, A Death in the Family.

Dalam ceritanya, Jason tewas akibat dibunuh oleh Joker dan Batman tidak bisa berbuat banyak akan hal tersebut. Bahkan, rasa bersalahnya terus berlangsung cukup lama. Namun, berkas Lazarus Pit dia kemudian berhasil hidup kembali. Jason sendiri kemudian memutuskan untuk tidak lagi menggunakan nama Robin dan mulai berpetualang sendiri sebagai Red Hood.

Cassandra Cain

Cassandra Cain adalah karakter yang dianggap sebagai petarung terbaik diantara para anak-anak Batman lainnya. Hal tersebut wajar karena Cassandra Cain bukanlah sosok biasa. Dia merupakan anak dari pasangan penjahat dan pembunuh terlatih David Cain dan Lady Shiva. Kedua orang tuanya berusaha melatih sang anak untuk bisa jadi sosok pembunuh nomor satu.

Namun, Cassandra memutuskan untuk mengambil jalan hidup yang berbeda. Cassandra memiliki kekurangan di mana dia adalah seorang tunawicara atau tidak mamu berbicara. Meskipun begitu, kemampuannya dalam bertarung sangat luar biasa. Inilah yang membuatnya kemudian menjadi sosok di balik topeng Batgirl. Bruce Wayne berhasil memberikan kehidupan dan tujuan bagi Cassandra, sesuatu yang tidak pernah ada dan tidak pernah diberikan oleh kedua orang tuanya.

Barbara Gordon

Nama Barbara Gordon mungkin sudah tidak asing di telingan Geeks semua. Dia merupakan sosok pertama yang mengenakan mantel Batgirl. Barbara merupakan sosok yang sering membantu Dick Grayson dan Batman. Putri dari Jim Gordon ini memiliki hasrat besar untuk mengatasi berbagai kasus kriminal di kota Gotham. Dan dia membuktikannya, baik dengan pikiran, kecerdasan, atau pun fisiknya.

Dalam cerita The Killing Joke, Barbara harus mengalami nasib tragis di mana Joker membuatnya lumpuh. Akibatnya, Barbara sempat tidak bisa lagi menggunakan identitas Batgirl dan dia kemudian mengenakan identitas baru yaitu Oracle. Selain menjadi sumber bantuan bagi Batman, Oracle bahkan menjadi salah satu bantuan besar bagi seluruh komunitas superhero DC.

Helena Wayne

Meskipun seluruh karaketr di atas adalah anak adopsi dari Bruce Wayne, sebenarnya Bruce sendiri memiliki dua anak kandung dalam cerita komiknya. Salah satunya adalah Helena Wayne. Di salah satu realita alternatif, yaitu Earth-2, Bruce Wayne diceritakan menikah dengan Selina Kyle. Mereka kemudian memiliki seorang putri bernama Helena Wayne. Setelah dilatih oleh Bruce, Helena kemudian menjadi sosok di balik nama Huntress.

Nama tersebut dia gunakan setelah penjahat berhasil membunuh sang ibu. Dan dalam ceritanya, meskipun Helena tidak secerdas atau setangkas Batman, bagaimana metodenya dalam menumpas kejahatan ternyata jauh lebih mengerikan. Orang-orang takut terhadap Huntress, karena mereka tidak tahu apakah dia akan menghabisi mnyawa mereka. Selain sebagai Huntress, Helena juga kemudian menggunakan mantel Batwoman.

Damian Wayne

Selain Helena, Bruce Wayne juga memiliki anak kandung lainnya yaitu Damian Wayne. Damian merupakan anak dari Bruce berkat hubungan cintanya dengan Talia Al Ghul. Namun, Bruce sendiri tidak pernah tahu jika dia memiliki seorang anak sampai usianya 10 tahun. Seperti halnya Cassandra, Talia melatih Damian untuk menjadi seorang pembunuh hebat dan berbahaya.

Talia kemudian meninggalkan Damian sampai kemudian Bruce menemukan fakta sebenarnya tentang Damian. Sosok Damian Wayne dianggap sebagai “tiruan” dari Bruce Wayne. Hal ini karena semua gerak-geriknya dan metode yang dia lakukan dianggap sama dengan sang ayah. Meskipun usianya masih kecil, Damian Wayne jauh lebih cerdas dan kuat dibandingkan dengan anak-anak seusianya bahkan dua kali orang-orang seusianya.

Keluarga Bruce Wayne memang unik dibandingkan keluarga superheroes lainnya. Bruce Wayne coba untuk tidak lagi menghadirkan kengerian dan rasa takut bagi anak-anak dengan menjadi Batman. Namun, pada kenyataanya, Batman kemudian bertemu dengan anak-anak spesial yang memiliki potensi besar. Dia kemudian merawat mereka dan merubah mereka menjadi pahlawan besar.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.