Beberapa anime populer dianggap menyajikan tema cerita atau alur cerita yang terlalu dark yang mana tidak jarang hal ini memunculkan kritik di kalangan fans. Mayoritas anime khususnya yang bergenre shonen umumnya banyak menghadirkan elemen cerita yang menarik dan penuh warna. Tidak jarang juga mereka menghadirkan nuansa komedi yang membuat animenya populer. Namun, tidak sedikit juga anime populer yang dianggap menyajikan cerita atau tema yang terlalu dark. Apa saja?

5Death Note

Geeks mungkin sudah tidak asing dengan anime satu ini, mengingat Death Note merupakan salah satu anime yang sangat populer bahkan hingga sekarang. Death Note sendiri adalah sebuah anime yang diadaptasi dari manga dengan judul yang sama yang ditulis oleh Tsugumi Ohba dan diilustrasikan oleh Takeshi Obata. Ceritanya dimulai ketika Light Yagami, seorang siswa SMA yang cerdas, menemukan buku catatan misterius yang disebut Death Note.

Light yagami kemudian menyadari itu bukanlah buku catatan biasa. Dia bisa menghabisi nyawa siapapun hanya dengan menuliskan nama mereka di dalam buku tersebut. Terinspirasi oleh keinginan untuk membersihkan dunia dari kejahatan, Light mulai menggunakan Death Note untuk membunuh penjahat dan orang-orang yang dianggapnya merusak masyarakat.

Banyak yang pada awalnya menduga jika Death Notet tidak ada bedanya dengan anime bertema sekolah lainnya. Namun, mereka kemudian menyadari bahwa ini menjadi salah satu anime thriller paling dark di era awal 2000an. Beberapa hal yang dianggap terlalu dark oleh sebagian fans adalah kegilaan dalam benak Light yang ingin menghapus dunia dari kejahatan dengan menyiksa dan menghabisi nyawa orang. Kemudian, bagaimana Light alias Kira juga dikultuskan sebagai dewa atau tuhan jadi hal lainnya yang membuat series anime ini dianggap terlalu dark.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.