Beberapa anime populer dianggap menyajikan tema cerita atau alur cerita yang terlalu dark yang mana tidak jarang hal ini memunculkan kritik di kalangan fans. Mayoritas anime khususnya yang bergenre shonen umumnya banyak menghadirkan elemen cerita yang menarik dan penuh warna. Tidak jarang juga mereka menghadirkan nuansa komedi yang membuat animenya populer. Namun, tidak sedikit juga anime populer yang dianggap menyajikan cerita atau tema yang terlalu dark. Apa saja?

4Fullmetal Alchemist

Salah satu series anime klasik paling populer lainnya selain Death Note. Fullmetal Alchemist menghadirkan tema unik tentang kombinasi sihir dan juga ilmu pengetahuan dan drama. Dalam dunia Fullmetal Alchemist, kekuatan sihir merupakan hal yang lumrah digunakan dalam berbagai hal di kehidupan sehari-hari termasuk peperangan. Namun, tidak jarang kekuatan sihir juga digunakan untuk hal yang jahat.

Salah satu hal jahat yang dilakukan oleh sebagian orang dengan kekuatan sihir tersebut adalah melakukan eksperimen. Dan eksperimen paling mengerikan yang dilakukan di dunia tersebut adalah memanfaatkan manusia dalam sebuah praktik sihir yang disebut Transmutation. Father, villain utama dalam seriesnya, adalah sosok yang bertanggung jawab atas terciptanya Homunculus.

Homunculus sendiri adalah manusia yang menjadi subyek uji coba transmutasi yang Father lakukan dengan Alchemy atau ilmu sihir. Satu hal yang ikonik dari series ini adalah bagaimana ibu dari dua protagonis utama, Edward dan Alphonse Elric berubah menjadi seekor anjing akibat dari teknik sihir tersebut. Ini dianggap sebagai salah satu adegan yang paling traumatis dan paling dark di dunia anime.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.