Beberapa anime populer dianggap menyajikan tema cerita atau alur cerita yang terlalu dark yang mana tidak jarang hal ini memunculkan kritik di kalangan fans. Mayoritas anime khususnya yang bergenre shonen umumnya banyak menghadirkan elemen cerita yang menarik dan penuh warna. Tidak jarang juga mereka menghadirkan nuansa komedi yang membuat animenya populer. Namun, tidak sedikit juga anime populer yang dianggap menyajikan cerita atau tema yang terlalu dark. Apa saja?

6Puella Magi Madoka Magica

Puella Magi Madoka Magica adalah anime tentang gadis penyihir yang menghadirkan tema cerita yang dianggap terlalu gelap. Ceritanya berfokus pada kehidupan seorang siswi SMA bernama Madoka Kaname dan temannya, Sayaka Miki. Suatu hari, mereka bertemu dengan makhluk misterius bernama Kyubey yang menawarkan mereka kekuatan sihir untuk menjadi penyihir gadis dan melawan makhluk mengerikan yang dikenal sebagai Witches.

Namun, mereka kemudian mengetahui bahwa menjadi seorang penyihir memiliki konsekuensi yang sangat berat dan menghancurkan. Secara sekilas anime ini nampak tidak ada bedanya seperti anime dengan genre shonen lainnya yang menghadirkan tema magis atau isekai, seperti Frieiren atau bahkan Sailor Moon. Namun, hal tersebut pada kenyataanya tidak sepenuhnya benar.

Seiring berjalannya cerita para penonton justru menggali tema-tema psikologis yang kompleks. Selain itu, animenya juga menggali tema-tema seperti pengorbanan dan harapan. Kyubey sendiri sebenarnya adalah sosok yang bisa dibilang sangat jahat karena menipu para gadis tersebut untuk mau mengorbankan diri mereka demi menghabisi musuh yang kuat.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.