Film bertema perang menjadi salah satu genre yang cukup banyak diminati para pecinta film dan sebagian banyak dipuji karena dianggap akurat menurut sejarah. Meskipun banyak film perang mengambil berbagai elemen dalam ceritanya dari dunia nyata, namun tidak sedikit juga film perang yang justru dianggap paling akurat. Sebagian ahli militer dan sejarawan bahkan memuji beberapa film tersebut karena mampu menggambarkan realita yang terjadi pada saat itu. Berikut adalah film perang paling akurat menurut sejarah.

11Das Boot

Film perang paling akurat menurut sejarah yang pertama adalah Das Boot. Film ini rilis pada 1981 dan merupakan hasil dari sutradara Wolfgang Petersen. Das Boot merupakan film Jerman Barat yang mengadaptasi novel karya Lothar-Günther Buchheim yang rilis pada 1973 dengan judul yang sama. Ceritanya sendiri berfokus pada pengalaman Bucheim yang menjadi salah satu kru kapal selam Jerman, U-96.

Situs War History Online pernah memberikan pernyataan mengenai keakuratan film Das Boot dengan situasi yang terjadi sebenarnya pada saat itu. Menurut penjelasannya, pihak tim produksi sengaja membangun sebuah kapal selam untuk menghadirkan simulasi serangan bawah laut. Roket-roket dan juga pesawat pengembom yang muncul di filmnya merupakan pesawat dan roket asli.

Meskipun begitu, filmnya juga tetap menghadirkan sisi kreativitas di mana salah satunya adalah bagaimana kapal-kapal Inggris merupakan model. Situs War History Online juga menyatakan bahwa para aktor yang berperan di film Das Boot sengaja dilatih untuk menjadi kru kapal selam. Mereka belajar banyak hal mengenai kapal selam, termasuk melakukan manuver di sudut sempit.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.