Film bertema perang menjadi salah satu genre yang cukup banyak diminati para pecinta film dan sebagian banyak dipuji karena dianggap akurat menurut sejarah. Meskipun banyak film perang mengambil berbagai elemen dalam ceritanya dari dunia nyata, namun tidak sedikit juga film perang yang justru dianggap paling akurat. Sebagian ahli militer dan sejarawan bahkan memuji beberapa film tersebut karena mampu menggambarkan realita yang terjadi pada saat itu. Berikut adalah film perang paling akurat menurut sejarah.

10We Were Soldier

Rilis pada 2002, We Were Soldier merupakan sebuah film bertema perang Vietnam yang disutradarai oleh Randall Wallace. Filmnya diadaptasi dari buku We Were Soldiers Once… and Young yang rilis pada 1992 karya Letjen Hal Moore dan seorang reporter, Joseph L. Galloway. Filmnya sendiri menghadirkan kisah tentang pertempuran yang terjadi di wilayah la Drang, Vietnam.

Meskipun filmnya merupakan bentuk visual dan dramatisasi dari apa yang ada di bukunya, namun Moore dan Galloway sendiri menyatakan bahwa film tersebut memiliki tingkat keakuratan antara 60-80%. Menurut situs History Matters, film We Were Soldiers mengikuti apa yang memang terjadi dalam peristiwa sebenarnya.

Meskipun begitu, seperti halnya kebanyakan film perang yang mengadaptasi pertempuran atau peperangan tertentu, tentunya ada juga beberapa hal di filmnya yang sama sekali tidak akurat atau berbeda secara sejarah. Namun, para veteran dan juga ahli militer banyak memuji film ini karena mampu menghadirkan kemiripan dengan apa yang terjadi di dunia nyata, termasuk mereka yang terlibat alam pertempurannya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.