Franchise film merujuk pada serangkaian film yang terkait dari segi cerita atau tema, biasanya berdasarkan properti intelektual yang sama seperti buku, komik, atau permainan video. Franchise film sering kali mencakup beberapa judul yang berbeda, yang mungkin mengikuti kisah yang sama atau menggali aspek-aspek yang berbeda dari dunia yang sama. Franchise film dapat mencakup film-film seperti sekuel, prekuel, atau spinoff, serta film-film yang berbagi alam semesta yang terhubung secara luas. Menariknya nih Geeks, ada beberapa franchise film yang sudah disiapkan tetapi tidak pernah tamat. Apa saja?

7The Chronicles of Narnia

Franchise film The Chronicles of Narnia diadaptasi dari buku karya C.S. Lewis yang terdiri dari tujuh novel. Seri buku pertamanya diterbitkan pada tahun 1950-an dan menjadi salah satu karya yang paling terkenal dan dicintai di seluruh dunia. Hingga saat ini, ada tiga film utama yang telah dirilis dalam franchise ini yaitu The Lion, the Witch and the Wardrobe (2005), Prince Caspian (2008), dan The Voyage of the Dawn Treader (2010).

Film pertama, The Lion, the Witch and the Wardrobe, mewraih kesuksesan besar di box office, meraup lebih dari $745 juta di seluruh dunia. Namun keberhasilan ini tidak sepenuhnya diikuti oleh film-film selanjutnya. Dan meskipun menerima ulasan yang beragam dari para kritikus, film-film dari franchise The Chronicles of Narnia meraih berbagai penghargaan dan nominasi, termasuk penghargaan dari Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror Films, dan Visual Effects Society.

Namun sayangnya franchise film The Chronicles of Narnia tidak pernah tamat dan tidak pernah berlanjut ke film berikutnya. Dengan tujuh buku yang pernah dibuat, itu berarti akan ada tujuh film juga yang akan dibuat. Tetapi hanya ada tiga film saja yang akhirnya dibuat dan dirilis. Karena tidak sukses, wajar jika film keempatnya tidak dibuat.

Kembali
Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/