Franchise film merujuk pada serangkaian film yang terkait dari segi cerita atau tema, biasanya berdasarkan properti intelektual yang sama seperti buku, komik, atau permainan video. Franchise film sering kali mencakup beberapa judul yang berbeda, yang mungkin mengikuti kisah yang sama atau menggali aspek-aspek yang berbeda dari dunia yang sama. Franchise film dapat mencakup film-film seperti sekuel, prekuel, atau spinoff, serta film-film yang berbagi alam semesta yang terhubung secara luas. Menariknya nih Geeks, ada beberapa franchise film yang sudah disiapkan tetapi tidak pernah tamat. Apa saja?

6The Golden Compass

Franchise ini diadaptasi dari novel fantasi populer karya penulis Inggris Philip Pullman yang berjudul “Northern Lights” (juga dikenal sebagai “The Golden Compass” di Amerika Utara). Ini adalah bagian pertama dari trilogi His Dark Materials yang sangat populer. The Golden Compass adalah film pertama yang dirilis, diikuti oleh film kedua yang tidak pernah diproduksi.

Film kedua sendiri tadinya akan mengadaptasi The Subtle Knife, sementara film ketiga, akan mengadataptasi The Amber Spyglass. Namun kedua film tersebut tidak pernah terwujud. The Golden Compass sendiri dibintangi oleh Nicole Kidman, Daniel Craig, Dakota Blue Richards, dan Eva Green. Nicole Kidman memerankan karakter antagonis, Marisa Coulter, sementara Dakota Blue Richards memerankan protagonis, Lyra Belacqua.

Meskipun memiliki beberapa visual yang memukau dan penampilan yang kuat dari para aktor, film ini menerima tinjauan yang bervariasi dari para kritikus. Beberapa menghargai visualnya yang menakjubkan sementara yang lain menyoroti ketidaksesuaian dalam pengembangan karakter dan penyederhanaan cerita. Alasan lain mengapa franchise film ini tidak tamat mungkin karena ceritanya yang kontroversial karena berbeda dari sumber asli.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/