Beberapa film sejarah diakui sangat akurat dari apa yang mereka hadirkan dalam ceritanya menurut pendapat para ahli di dunia nyata. Menghadirkan film period atau perang sejarah tentunya butuh upaya yang besar, salah satunya adalah riset. Hal ini untuk memastikan tidak ada pembelokan fakta yang terjadi, meskipun ada beberapa hal yang pasti berubah demi kepentingan gambar. Namun, yang menarik, beberapa film sejarah diakui sangat akurat menurut para ahli di dunia nyata. Apa saja?

8Ben-Hur

Film sejarah paling akurat menurut ahli yang pertama adalah Ben-Hur. Ben-Hur merupakan salah satu film klasik yang memiliki proses produksi panjang dan dana yang sangat besar. Padahal, film tersebut dibuat di tahun 1959. Ben-Hur merupakan film yang merupakan adaptasi dari novel karya Lew Wallace. Film versi tahun 1959 ini merupakan remake dari versi tahun 1925 yang saat itu muncul dalam versi film bisu.

Ben-Hur sendiri menghadirkan cerita tentang merupakan seorang pangeran Yahudi yang sangat kaya raya dan juga merupakan seorang pedagang. Namun, dia kemudian dijadikan budak oleh mantan rekannya yang juga merupakan seorang komandan pasukan Romawi. Dia pun kemudian kembali untuk membalas dendam atas apa yang rekannya tersebut lakukan terhadapnya.

Ben-Hur dikenal karena satu adegan yang sangat ikonik. Dalam film tersebut, terdapat satu adegan epik berdurasi kurang lebih sembilan menit yang memperlihatkan adegan balapan kereta kuda. Adegan ini benar-benar mencuri perhatian dan membuat para penonton terpukau. Menurut para ahli sejarah, adegan ini sangat akurat karena bangsa Romawi memang senang dengan hal yang berkaitan dengan olahraga dan kekerasan. Balapan kereta kuda brutal tersebut adalah salah satu hal yang sering membuat para penduduk senang. Selain para pelakunya, semua penjaga di arena tersebut juga bisa berada dalam bahaya.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.