Beberapa film sejarah diakui sangat akurat dari apa yang mereka hadirkan dalam ceritanya menurut pendapat para ahli di dunia nyata. Menghadirkan film period atau perang sejarah tentunya butuh upaya yang besar, salah satunya adalah riset. Hal ini untuk memastikan tidak ada pembelokan fakta yang terjadi, meskipun ada beberapa hal yang pasti berubah demi kepentingan gambar. Namun, yang menarik, beberapa film sejarah diakui sangat akurat menurut para ahli di dunia nyata. Apa saja?

7Apollo 13

Apollo 13 merupakan film fiksi ilmiah yang rilis pada tahun 1995. Filmnya sendiri merupakan dramatisasi dari misi Apollo 13 ke bulan yang sebenarnya, yang dibatalkan pada tahun 1970 akibat adanya ledakan di dalam pesawat ruang angkasa yang menghabiskan persediaan oksigen dan listrik pesawat. Karena mirip seperti kisah aslinya, bahkan banyak penonton yang menganggap bahwa film ini terasa lebih seperti dokumenter daripada sebuah film.

Semua aktor yang berperan di film tersebut, termasuk Tom Hanks, Kevin Bacon, dan Bill Paxton, juga diwajibkan menjalani pelatihan astronot yang intens, termasuk kursus fisika dan pelajaran tentang bahasa NASA. Hal ini menambahkan tingkat realisme yang besar pada film ini dan menunjukkan betapa kerasnya sutradara Ron Howard dan tim produksi untuk memastikan bahwa Apollo 13 seakurat mungkin.

Yang juga menarik adalah produksi film ini dilakukan dalam pesawat anti-gravitasi yang disebut Vomit Comet. Astronot NASA, Chris Hadfield, sempat memuji film Apollo 13 yang secara historis dan ilmiah benar-benar akurat. Selain menggunakan pesawat anti-gravitasi, Ron Howard juga menggunakan transkrip resmi dari percakapan dasar antara para astronot dan ruang kendali di bumi. Salah satu kalimat yang populer dari film ini, yang diadaptasi dari percakapan nyata, adalah “Houston, we have a problem.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.