Meskipun umumnya film superhero erat kaitannya dengan Marvel dan DC, namun ada juga film non Marvel dan DC tersukses. Film superhero saat ini mungkin sedang dalam fase penurunan akibat terlalu masif perkembangannya. Meskipun begitu, harus diakui Marvel dan DC menjadi dua “rumah superhero” yang paling banyak menghadirkan film. Namun, ada juga beberapa film non Marvel dan DC tersukses dengan pemasukan yang besar. Apa saja?

10Hellboy II: The Golden Army – 160 Juta Dollar Amerika

Film superhero non Marvel dan DC tersukses yang pertama adalah Hellboy II: The Golden Army. Ini merupakan film sekuel dari film Hellboy yang juga sama-sama disutradara oleh Guillermo del Toro. Dibintangi oleh Ron Pearlman, The Golden Army bercerita tentang bangsa lain yang bernama Elf merasa bahwa manusia perlu untuk musnah. Hal tersebut karena mereka menganggap manusia hanya menyebabkan kekacauan di bumi.

Cara yang dilakukan adalah membuat pasukan yang tidak terkalahkan yang dikenal dengan nama The Golden Army. Namun, ternyata pasukan tersebut tidak terkendali dan terpaksa bangsa Elf memecah kekuatan The Golden Army menjadi tiga bagian. Dua bagian dibawa oleh bangsa Elf, sementara satu bagian dibawa oleh manusia. Untuk kebaikan bersama, bangsa Elf dan manusia berdamai.

Namun, tidak semua bangsa Elf menyetujui keputusan tersebut. Tugas dari Red alias Hellboy sendiri adalah menghentikan upaya untuk membangkitkan Golden Army yang mengancam umat manusia. Terlepas dari kritikan mengenai filmnya, The Golden Army ini berhasil membukukan pemasukan sebesar 160,388,063 Dollar Amerika. Sebenarnya, del Toro hendak menghadirkan film ketiganya namun pihak studio menolak ide tersebut karena ongkos produksi yang terlalu mahal.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.