Dragon Ball merupakan series karya Akira Toriyama yang sangat berpengaruh di dunia yang mana banyak anime terinspirasi oleh series ini. Rilis pada era 1980an, Dragon Ball merupakan mahakarya yang luar biasa dari Akira Toriyama. Popularitas dari seriesnya sendiri masih bertahan hingga sekarang. Kabar mengejutkan muncul pada 8 Maret kemarin di mana Akira Toriyama meninggal dunia. Di sepanjang karirnya sebagai mangaka, series  Dragon Ball banyak memengaruhi series anime lain. Berikut anime yang terinspirasi oleh Dragon Ball.

9Yu Yu Hakusho

Bersama Naruto dan Dragon Ball Z, series animasi Yu Yu Hakusho menjadi salah satu series yang paling populer di dunia. Cerita yang menarik dan karakter yang unik membuat banyak orang tertarik dengan series ini, termasuk para villainnya. Ceritanya sendiri berfokus pada Yusuke Urameshi yang dipaksa menghadapi berbagai monster baik di dunia nyata ataupun di dunia iblis.

Yusuke sendiri merupakan seorang murid SMA yang sangat gemar berkelahi. Kehidupannya sebagai berandalan kemudian berubah ketika dia tewas akibat menyelamatkan seorang anak kecil. Yusuke pun kemudian dihadapkan pada dua pilihan, yaitu langsung pergi ke alam baka atau kembai bereinkarnasi dengan misi tertentu untuk menjadi sosok Detektif Roh. Dan akhirnya, Yusuke pun memilih untuk kembali hidup.

Salah satu alasan mengapa Yu Yu Hakusho jadi anime yang terinspirasi dari Dragon Ball adalah struktur narasi yang mereka hadirkan sangat mirip. Apalagi, ketika seriesnya mulai memasuki arc yang sangat populer yaitu Dark Tournament. Contohnya adalah bagaimana hubungan antara mentor dan muridnya dalam sebuah turnamen bela diri. Yoshihiro Togashi sendiri mengakui bahwa series yang dia produksi terinspirasi dari mahakarya Akira Toriyama tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.