Dragon Ball merupakan series karya Akira Toriyama yang sangat berpengaruh di dunia yang mana banyak anime terinspirasi oleh series ini. Rilis pada era 1980an, Dragon Ball merupakan mahakarya yang luar biasa dari Akira Toriyama. Popularitas dari seriesnya sendiri masih bertahan hingga sekarang. Kabar mengejutkan muncul pada 8 Maret kemarin di mana Akira Toriyama meninggal dunia. Di sepanjang karirnya sebagai mangaka, series  Dragon Ball banyak memengaruhi series anime lain. Berikut anime yang terinspirasi oleh Dragon Ball.

8Gintama

Banyak Geeks yang mungkin tidak menduga jika anime komedi yang terkenal sangat kocak ini terinspirasi dari series Dragon Ball. Gintama merupakan sebuah anime komedi yang banyak dikenal orang sebagai series yang sering menghadirkan referensi atau menghadirkan parodi dari series anime lainnya. Gintama sendiri berfokus pada cerita di mana bumi harus mengalami invasi alien.

Gintoki Sakata dan teman-temannya berusaha untuk bisa menghancurkan dan membebaskan bumi dari para alien tersebut. Sering kali Gintama menghadirkan referensi dari series lain yang biasanya berupa karakter. Misalnya saat Gintoki muncul dengan penampilan yang sangat mirip seperti Luffy atau bahkan Goku. Mereka tidak pernah ragu untuk menghadirkan komedi-komedi tersebut yang tidak jarang membuat para fans tertawa terbahak-bahak.

Elemen dari anime Gintama yang terinspirasi dari Dragon Ball adalah bagaimana seriesnya menghadirkan arc yang banyak menghadirkan komedi epik. Chemistry yang terbangun antara para penonton dan juga karakternya membuat alur cerita serius yang mereka hadirkan bisa jadi jauh lebih bermakna dan membekas. Dalam hal ini, para penonton akan ikut terbawa dalam cerita yang mana struktur cerita ini dilakukan terlebih dahulu oleh Dragon Ball.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.