Dragon Ball merupakan series karya Akira Toriyama yang sangat berpengaruh di dunia yang mana banyak anime terinspirasi oleh series ini. Rilis pada era 1980an, Dragon Ball merupakan mahakarya yang luar biasa dari Akira Toriyama. Popularitas dari seriesnya sendiri masih bertahan hingga sekarang. Kabar mengejutkan muncul pada 8 Maret kemarin di mana Akira Toriyama meninggal dunia. Di sepanjang karirnya sebagai mangaka, series  Dragon Ball banyak memengaruhi series anime lain. Berikut anime yang terinspirasi oleh Dragon Ball.

10The God Of High School

Anime yang terinspirasi dari Dragon Ball yang pertama adalah The God of High School. Ini jadi salah satu bukti bagaimana pengaruh dan popularitas Dragon Ball merambah ke seluruh dunia. God of High School sendiri merupakan manhwa yang menggabungkan seni bela diri, kekuatan supernatural, dan kompetisi intens. Ceritanya berfokus pada sosok Mori Jin, seorang murid yang ahli dalam bela diri Tae Kwon Do.

Dia kemudian ikut berpartisipasi dalam sebuah turnamen untuk menemukan lawan terkuat. Dengan pertarungan yang dinamis dan plot yang penuh kejutan, manhwa ini menyediakan hiburan bagi para pembacanya. Animenya sendiri diadaptasi oleh Mappa di tahun 2020 kemarin. Salah satu hal yang membuat seriesnya menjadi penerus dari Dragon Ball adalah adanya kesamaan antara dua protagonis utama.

Mori Jin dan juga Goku sama-sama terinspirasi dari sosok Sun Wukong dalam cerita Journey to the West. Hal ini bisa dilihat dari semangat bertarung sang karakter, gaya bertarung yang agresif, serta sikap dan tingkah lakunya. Fokus cerita terhadap turnamen pertarungan antar remaja juga jadi salah satu poin kesamaan lainnya dari kedua karakter ini. Sayangnya, banyak yang kurang menyadari terkait hal ini.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.