Menghadirkan sebuah cinematic universe tentunya bukan merupakan pekerjaan yang mudah, namun para sutradara ini mampu ciptakan milik mereka sendiri. Di era modern seperti sekarang, industri film sudah semakin berkembang. Salah satu buktinya adalah bagaimana banyak rumah produksi yang menghadirkan cinematic universe seperti DC Studios atau Marvel Studios. Namun, mungkin banyak yang tidak tahu jika ada beberapa sutradara yang ternyata mampu ciptakan cinematic universe mereka sendiri. Siapa saja?

7Richard Linklater

Geeks mungkin mengenal trilogi film ‘Before’ yang cukup populer garapan Richard Linklater; Before Sunrise, Before Sunset, dan Before Midnight. Trilogi ini berjalan selama 18 tahun di mana film pertama, Before Sunrise, rilis pada 1996. Fim kedua, Before Sunset, rilis pada 2004, dan film terakhir, Before Midnight, rilis pada 2013. Ketiga film ini tidak pernah lepas dari cerita dua orang karakter yaitu Jesse dan Celine.

Di ketiga film ini Linklater menghadirkan kisah percintaan dari dua sejoli tersebut layaknya pasangan pada umumnya. Para penonton akan melihat mereka bertemu, berpisah, bertengkar, dan kemudian bertemu kembali. Ethan Hawke dan Julie Delpy benar-benar mampu menghadirkan semua chemistry yang luar biasa yang membuat para penonton ikut merasakan kisah mereka.

Yang menarik adalah selain trilogi film itu, kedua karakternya sempat muncul dalam sebuah film “selipan” dalam format animasi yang bebrjudul Waking Life. Dalam ceritanya, kedua karakter berbicara banyak tentang mimpi dan kehidupan mereka. Setting dari film ini sendiri sebenarnya berada di momen “dunia nyata” dalam film trilogi Before, di mana itu merupakan salah satu adegan mimpi yang mereka miliki.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.