Buster Call merupakan kekuatan terbesar dari angkatan laut yang tidak bisa diaktifkan sembarangan, namun ada karakter yang bisa aktifkan serangan itu. Dalam sejarah One Piece, sudah ada beberapa peristiwa yang menghadirkan peristiwa Buster Call. Beberapa diantaranya bahkan sangat ikonik dan bersejarah. Ini merupakan serangan terbesar yang angkatan laut miliki dalam ceritanya karena, efek kehancuran yang ditimbulkan sangat luar biasa. Karena itulah, hanya ada beberapa karakter yang bisa aktifkan Buster Call. Siapa saja?

4Fleet Admiral

Karakter lainnya yang bisa aktifkan panggilan Buster Call adalah Fleet Admiral, yang saat ini jabatan tersebut dipegang oleh Akainu. Dalam cerita One Piece, Akainu sendiri menggantikan posisi perwira tinggi angkatan laut ini dari Sengoku, yang sekarang memutuskan untuk pensiun. Akainu sebelumnya merupakan salah satu dari tiga Admiral, bersama Kizaru dan Aokiji.

Sebagai pemimpin tertinggi angkatan laut, wajar jika Akainu memiliki wewenang untuk bisa menggunakan Buster Call bila keadaannya genting. Akainu sendiri sempat berpikir untuk menggunakan Buster Call setelah mendengar kabar bahwa keadaan di wilayah Wano berpotensi terjadi sebuah peperangan besar antara bajak laut topi jerami dan juga aliansi Kaido dan Big Mom.

Namun, Akainu kemudian memiliki pertimbangan sebelum akhirnya memutuskan untuk mengaktifkan serangan tersebut ke Wano. Pertama adalah armada mereka saat itu sedang berkurang, karena sebagian besar sedang pergi ke berbagai wilayah lainnya untuk menangkap para Shichibukai. Jika mereka memaksakan pergi pertahanan mereka pasti akan berkurang drastis. Kedua adalah situasi yang tidak memungkinkan untuk pergi ke sana. Tidak adanya informasi yang jelas tentang keadaan di sana, tentunya tidak memberikan keuntungan bagi angkatan laut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.