Buster Call merupakan kekuatan terbesar dari angkatan laut yang tidak bisa diaktifkan sembarangan, namun ada karakter yang bisa aktifkan serangan itu. Dalam sejarah One Piece, sudah ada beberapa peristiwa yang menghadirkan peristiwa Buster Call. Beberapa diantaranya bahkan sangat ikonik dan bersejarah. Ini merupakan serangan terbesar yang angkatan laut miliki dalam ceritanya karena, efek kehancuran yang ditimbulkan sangat luar biasa. Karena itulah, hanya ada beberapa karakter yang bisa aktifkan Buster Call. Siapa saja?

3Panglima Besar

Selain pihak angkatan laut, World Government adalah otoritas tertinggi yang berhak untuk aktifkan sebuah Buster Call. Orang pertama yang bisa memutuskan hal tersebut adalah panglima besar (Commander-In-Chief) Kong. Meskipun Sakazuki berada di puncak kekuasaan angkatan laut, masih ada pihak lain di atasnya yaitu Kong, yang merupakan panglima dari angkatan laut. Kong tidak berada di markas angkatan laut, melainkan di Mary Geoise.

Jika Kong merasa Buster Call dibutuhkan, dia dapat dengan mudah untuk memberikan komando menggerakan armada mereka bergerak ke sebuah wilayah. Sampai sejauh ini, sebenarnya belum banyak informasi yang kita ketahui mengenai sosok Kong. Dalam cerita  One Piece, Kong hanya muncul beberapa kali dan muncul dalam beberapa panel saja. Para fans pun penasaran siapa sebenarnya Kong.

Kong sendiri diyakini merupakan sosok penting di era lama, di mana dia mungkin adalah mentor dari Garp. Namun, yang jelas, sudah sejak lama Kong menjadi atasan dari Garp, Sengoku, dan Tsuru. Mereka berada di bawah kepemimpinan Garp sejak era Roger, mungkin bahkan sebelumnya yaitu era Rocks. Dengan posisinya Kong yang unik, wajar jika dia memiliki wewenang untuk mengaktifkan Buster Call.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.