Beberapa game open world diketahui selain memiliki karakter yang menarik serta cerita yang apik mereka juga memiliki NPC yang dianggap paling realistis. Game bertema open world memang sedang jadi primadona saat ini. Banyak judul game populer yang menghadirkan konsep open world, di mana para pemain bebas melakukan apapun. Yang menarik adalah beberapa game open world bukan hanya fokus pada cerita atau elemen worldbuilding di dalamnya. Mereka juga menghadirkan NPC yang memiliki pergerak dinamis, bahkan dianggap realistis. Apa saja gamenya?

7Gothic

Game open world dengan NPC yang dianggap paling realistis yang pertama adalah Gothic. Dikembangkan oleh studio game Piranha Bytes, Gothic merupakan game untuk platform Nintendo Switch serta PC yang rilis pada 2001 yang bisa dibilang underrated. Game ini berfokus pada cerita dari seorang tahanan yang memang sengaja dibuang ke sebuah tambang mineral.

Dia harus belajar untuk bertahan hidup di sana atau dia tidak akan bisa bertahan lama. Perkembangan dalam game Gothic dianggap sebagai salah satu yang unik, di mana para pemain harus menggunakan skill points untuk bisa berbicara kepada karakter di dunia game tersebut. Mereka bisa membantu karakternya untuk meningkatkan berbagai kemampuan dari sang karakter, layaknya dalam berbagai game RPG.

Yang menarik kemudian adalah para NPC di dunia game Gothic memiliki jadwal mereka sendiri. Hal tersebut membuat dunianya terasa lebih hidup dan menarik. Para NPC tersebut memiliki pekerjaan yang harus mereka lakukan, memasak makanan untuk mereka bertahan hidup, melakukan berbagai kegiatan, dan kemudian tidur pada malam hari. AI dari para NPC di game open world ini dianggap sebagai salah satu yang paling realistis.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.