Salah satu karya awal dari Eiichiro Oda, Monsters, akan diadaptasi oleh platform streaming Netflix sebagai sebuah edisi spesial. Banyak dari Geeks yang mungkin lebih mengenal Eiichiro Oda sebagai pengarang dari cerita Monkey D Luffy dan kru Topi Jerami dalam series One Piece. Namun, One Piece bukanlah satu-satunya karya yang pernah Oda Sensei hasilkan. Di tahun 1994, beberapa tahun sebelum series One Piece rilis, Oda Sensei pernah menghadirkan sebuah manga one-shot berjudul Monsters.

Menurut informasinya, Netflix berencana untuk mengadaptasi manga one-shot tersebut pada bulan depan. Adaptasi tersebut akan jadi sebuah episode spesial yang mereka hadirkan. Dan untuk memulai proses promosi, poster dan juga visual karakter yang akan muncul pun mulai diperkenalkan. Sayangnya, untuk saat ini, belum ada informasi mengenai tanggal pasti kapan episode spesial ini akan rilis.

Yang menarik adalah Netflix memberikan perubahan bagi judul adaptasi ini karya Eiichiro Oda ini. Judul untuk adaptasi edisi spesial ini adalah MONSTERS: 103 Mercies Dragon Damnation. Sinopsis resmi untuk edisi spesial ini adalah: “MONSTERS membawa kita kembali ke cerita tentang samurai Ryuma. Bertahun-tahun sebelumnya, sebuah tanduk naga dengan kekuatan sihir berhasil dicuri, dan sang samurai harus terlibat kekacauan yang diakibatkan oleh tanduk naga tersebut, dan juga kemunculan sang naga yang ada di kota…”

eiichiro oda netflix

Dalam versi manganya, Monsters berkisah tentang sosok samurai Ryuma yang berusaha untuk menghabisi seekor naga. Dalam ceritanya, Ryuma bertemu dengan banyak orang dan mulai menjalin aliansi dengan mereka. Yang menarik kemudian adalah Oda pernah menghadirkan referensi tentang Ryuma dan cerita sosoknya dalam cerita One Piece. Bahkan, zombie dari Ryuma sendiri muncul di arc Thriller Bark di mana dia memberikan pedang Shusui kepada Zoro.

Di sisi lain, manga one-shot ini juga memengaruhi series One Piece secara visual terutama desain karakter. Jika Geeks perhatikan, desain karakter Luffy atau Zoro memiliki kemiripan dengan karakter Ryuma. Dan yang juga menarik kemudian adalah tidak sedikit fans yang beranggapan jika Monsters adalah prekuel bagi cerita One Piece, mengingat referensi yang muncul dalam ceritanya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.